Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Retail, Kamu Harus Paham! - iSeller Blog

Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Retail, Kamu Harus Paham!

pemasaran digital

Semua jenis bisnis tentu saja perlu melakukan pemasaran, termasuk bisnis retail. Pemasaran bisnis retail merujuk pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan retail untuk mempromosikan, memasarkan, serta menjual produk atau layanan pada konsumen akhir. Untuk bisa memperkuat bisnis retail, kamu perlu mengetahui strategi pemasaran digital yang efektif.

Tujuan utama dari pemasaran bisnis retail adalah untuk menarik perhatian pelanggan potensial, memengaruhi keputusan pembelian mereka, hingga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pemasaran bisnis retail memainkan peran yang sangat penting dalam membantu bisnis untuk mencapai keberhasilan dan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan menjangkau dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Bagaimana Sistem Pemasaran Bisnis Retail?

pemasaran digital
Sumber: Freepik

Sistem pemasaran bisnis retail terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja bersama untuk mencapai tujuan pemasaran. Berikut ini adalah gambaran umum mengenai sistem pemasaran bisnis retail yang perlu dipahami:

  • Sistem pemasaran dimulai dengan analisis pasar yang menyeluruh.
  • Setelah analisis pasar, tahap selanjutnya yaitu menetapkan tujuan pemasaran yang spesifik dan terukur. 
  • Setelah tujuan ditetapkan, kemudian perlu dikembangkan strategi pemasaran yang sesuai.
  • Jika strategi sudah ditetapkan, maka langkah berikutnya adalah melaksanakan aktivitas pemasaran sesuai rencana. 
  • Kemudian, sangat penting untuk terus mengukur dan mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran. 
  • Berdasarkan hasil evaluasi, sistem pemasaran juga harus bisa menyesuaikan strategi dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan.

Baca juga: Sederet Keuntungan dari Penerapan Sistem Pembayaran Cashless bagi Bisnis

Strategi Pemasaran Digital yang Efektif untuk Bisnis Retail

pemasaran digital
Sumber: Freepik

Permintaan dari konsumen terhadap produk retail terus bertambah, begitu juga para pebisnis yang memutuskan untuk bergerak di bidang bisnis retail ini. Itu artinya, jika pebisnis retail tidak mampu bersaing dengan pebisnis retail lainnya, maka bisnis retail kamu akan kehilangan pelanggan.

Untuk itu, kamu perlu menggunakan pemasaran digital untuk memasarkan produk yang kamu miliki. Dengan pemasaran digital, kamu tidak hanya bisa memasarkan produk secara luas, tapi juga bisa meningkatkan brand awareness terhadap pelanggan kamu. Tapi, untuk menghasilkan marketing yang efektif kamu perlu mengetahui strategi pemasaran digital berikut ini:

  • Buatlah strategi konten yang dahsyat. Luangkan waktu untuk mempelajari analitik dan pesaing kamu. Buatlah daftar topik yang berhubungan dengan bisnis kamu dan target audiens, lalu buat konten yang bertujuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan. Pastikan untuk melacak dampak konten tersebut dan sesuaikan dengan rencana konten berikutnya. Selain itu, perhatikan baik-baik analitik dari share dan tag, karena jenis penyebaran organik ini adalah kuncinya.
  • Lakukan pemasaran melalui email. Saat kamu merencanakan strategi pemasaran email, pertahankan baris subjek tetap pendek dan buat email interaktif dengan gif dan polling. Sertakan juga detail yang dipersonalisasi dan pastikan ramah seluler. Dan yang terakhir, pastikan kamu memiliki halaman arahan yang kuat untuk setiap klik-tayang, sehingga kamu bisa menutup penjualan.
  • Gunakan media sosial untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Jangan lupa untuk mempelajari analitik dan demografi untuk memastikan kamu berbagi konten yang tepat untuk target audiens.
  • Jika kamu tidak yakin konten apa yang akan dibagikan di blog atau media sosial, kamu bisa membagikan tentang masalah sosial apa saja yang kamu perjuangkan. Ceritakan mengapa kamu peduli pada suatu masalah dan bagaimana audiens kamu dapat terlibat. Yang terpenting, bagikan bagaimana kamu akan terus mendukung di masa depan dan dampak dari dukungan yang kamu berikan.
  • Lakukan remarketing dan retargeting.Fitur ini berfungsi dengan menampilkan iklan di situs lainnya pada orang-orang yang telah mengunjungi halaman web, mendorong mereka untuk kembali dan membeli item yang mereka lihat. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memastikan kamu tidak kehilangan potensi penjualan.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan yang Bisa Didapatkan Jika Bisnis Menggunakan QR Code?

iSeller Bisa Diandalkan untuk Pemasaran Digital Bisnis Kamu!

Jualan online di sosial media seperti Instagram, Facebook, dan TikTok akan semakin praktis dengan bantuan sistem iSeller. Kamu bisa mendapatkan pelanggan baru dan mengembangkan brand dengan integrasi media sosial iSeller.

Produk iSeller secara otomatis akan disinkronisasi ke Facebook, Instagram, dan TikTok sehingga kamu dapat dengan mudah membuat iklan dan unggahan produk yg bisa di tag. Dengan miliaran pengguna aktif, Facebook, Instagram, maupun TikTok memungkinkan kamu untuk menjual dan memasarkan produk di mana pelanggan kamu berada.

iSeller memang punya fitur unggulan yang dapat membantu kamu dalam memanfaatkan media sosial sebagai tempat berjualan yang sangat efektif. Mengingat media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok sangat populer, tak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkannya untuk berjualan.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengelola toko kamu di berbagai channel. Kamu bisa menjalankan pengalaman belanja khusus untuk Instagram, Facebook, dan TikTok di satu tempat. Mulai berjualan di sosial media dengan lebih mudah, Coba Gratis sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading