Sederet Keuntungan dari Penerapan Sistem Pembayaran Cashless bagi Bisnis - iSeller Blog

Sederet Keuntungan dari Penerapan Sistem Pembayaran Cashless bagi Bisnis

cashless

Hadirnya sistem pembayaran cashless telah mengubah wajah perekonomian dunia. Perputaran uang yang semakin cepat, transaksi menjadi lebih terkontrol, dan bahkan konsumen tidak perlu keluar rumah atau kantor untuk bertemu tatap muka dengan penjual. 

Dengan sistem pembayaran cashless alias nontunai, kamu tidak perlu khawatir akan adanya kehilangan uang karena semuanya telah terkendali oleh sistem. Selain itu, kamu juga tidak akan ambil pusing karena sistem mampu mendeteksi kapan uang masuk dan keluar. Cashless akan sangat memudahkan kamu supaya bisa segera mengambil keputusan dan beralih ke transaksi lain dengan konsumen.

Jenis-Jenis Metode Pembayaran Cashless

cashless
Sumber: iSeller

Seiring berjalannya waktu, metode pembayaran cashless atau nontunai hadir dalam berbagai macam. Berikut ini adalah beberapa metode pembayaran nontunai yang sangat populer di Indonesia, yuk simak!

  • Kartu Debit: Kartu ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, yang nantinya akan langsung memotong saldo yang ada di rekening. Kartu debit bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di mana saja yang menyediakan mesin EDC. Idealnya, kartu debit ini sudah menggunakan chip sehingga hanya perlu menempelkan kartu ke mesin saja. Tapi jika kartu belum dilengkapi dengan chip, maka petugas akan menggeseknya.
  • Kartu Kredit: Metode pembayaran dengan kartu kredit, artinya pihak bank akan menanggung pembayaran terlebih dahulu dan nantinya, pengguna harus membayar tagihan bulanan yang sudah dikenakan bunga sesuai ketentuan bank.
  • Uang Elektronik Prabayar: Metode pembayaran nontunai ini bisa dipakai oleh siapa saja, di mana transaksi menggunakan kartu uang elektronik hanya perlu menempelkannya pada mesin dan saldo akan secara otomatis berkurang. Cara cek saldo juga terbilang mudah, apalagi jika ponsel pintar dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC). Pengisian saldo juga bisa dilakukan dengan mudah melalui ATM maupun di kasir retail minimarket.
  • E-Wallet atau Dompet Digital: Dompet digital bisa diakses kapan saja melalui ponsel pintar, sehingga segala transaksi bisa diselesaikan dalam genggaman. Dengan dompet digital ini, setiap pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu apapun untuk melakukan pembayaran karena ponsel pribadi bisa melakukan pembayaran langsung tanpa kontak fisik.
  • QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard): Pembayaran ini dilakukan hanya dengan memindai kode yang dimiliki oleh pihak toko, dan canggihnya satu QRIS bisa digunakan untuk segala aplikasi pembayaran.
  • Virtual Account: Metode pembayaran Virtual Account  ini sangat cocok untuk transaksi online supaya konsumen tidak melakukan kesalahan pada saat transfer uang. Beberapa orang mungkin pernah salah memasukkan nominal pembayaran, lain halnya dengan adanya Virtual Account maka kesalahan itu tidak akan terjadi karena nominal yang muncul akan selalu sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

Baca juga: Keuntungan Menerapkan Sistem Down Payment dalam Bisnis

Keuntungan Sistem Pembayaran Cashless bagi Bisnis

cashless
Sumber: iSeller

Lalu, apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh pebisnis jika memanfaatkan metode pembayaran dengan cashless?

  • Hadirnya teknologi yang bernama cashless akan memudahkan kamu dalam berbisnis. Cashless muncul karena arus pergerakan manusia yang cepat. Konsumen bebas bertransaksi dan bisa membeli aneka produk hanya dengan sekali klik. Sementara dari sisi pebisnis, kamu bisa bertransaksi dengan banyak konsumen tanpa khawatir harus bertemu. 
  • Dengan metode cashless, semua transaksi aman dan terkendali sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kehilangan uang. Selain itu, cashless juga akan menjamin bisnis kamu agar terhindar dari penipuan.
  • Saat bisnis kamu ingin melakukan sebuah promosi, cashless juga bisa membantu proses itu menjadi lebih sederhana. Kamu hanya perlu masuk ke dalam sistem dan ikuti petunjuk di dalamnya. Bahkan, jika konsumen ingin melakukan refund karena transaksinya dibatalkan, dengan cashless kamu bisa melakukannya tanpa perlu menemui konsumen secara langsung. 
  • Mengingat uang yang berpindah-pindah terkadang membuat kuman muncul di sana, maka cashless bisa meminimalkan hal seperti itu. Higienis terjamin, aman, dan bisnis akan terus mengalami peningkatan. 
  • Dengan cashless, semua informasi tersedia dengan detail sehingga akan memudahkan konsumen bertransaksi terhadap bisnis kamu. Dengan adanya informasi yang detail, konsumen tidak takut untuk bertransaksi karena konsumen menjadi nyaman. Hal itu sangat penting agar konsumen berulang kali melakukan transaksi dengan bisnis kamu. 

Baca juga: 9 Strategi Content Marketing Praktis  yang Patut Kamu Coba

Itulah sederet keuntungan yang bisa didapatkan jika bisnis kamu menerapkan sistem pembayaran cashless. Ketika konsumen tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan, pastikan kamu dapat menyediakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Menerima pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan tentunya dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis kamu. Dengan iSeller, kamu bisa menerima pembayaran digital melalui berbagai metode, mulai dari e-wallet, kartu kredit/debit, dan masih banyak lagi.

iSeller menyediakan fitur-fitur unggulan yang dapat membantumu dalam menjalankan bisnis. Langsung saja klk di sini untuk mendapatkan informasi lebih!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading