Apa Saja Keuntungan yang Bisa Didapatkan Jika Bisnis Menggunakan QR Code? - iSeller Blog

Apa Saja Keuntungan yang Bisa Didapatkan Jika Bisnis Menggunakan QR Code?

qr code

Sebagai pebisnis, kamu pasti sudah familiar dengan QR Code. Perlu dipahami, QR Code ini mirip dengan barcode yang digunakan oleh para retailer untuk mengetahui persediaan dan harga produk. Perbedaan utama antara keduanya yaitu jumlah data yang mereka dapat disimpan atau dibagi.

Barcode adalah kode satu dimensi yang hanya dapat menyimpan 20 digit angka saja, sedangkan QR Code adalah kode matriks dua dimensi yang bisa menyimpan informasi ribuan karakter alfanumerik. Kemampuannya dalam menyimpan lebih banyak informasi dan mudah untuk digunakan membuat QR Code lebih praktis untuk bisnis skala kecil. 

Kira-kira, keuntungan seperti apa yang bisa didapatkan jika bisnismu menggunakan QR Code?

Sejarah Singkat QR Code yang Menarik untuk Diketahui

qr code
Sumber: Freepik

Sejarah QR Code dimulai pada tahun 1994, di mana pada saat itu Denso Wave yang merupakan anak perusahaan dari Toyota menciptakan QR agar bisa melacak proses pergerakan barang di pabrik. Pasalnya, barcode biasa tidak bisa menyimpan data dalam bentuk kanji, kana, dan alfanumerik.

Meskipun sudah ditemukan di tahun 90-an, tapi ternyata penggunaan QR baru meluas di era smartphone, di mana awalnya smartphone hanya bisa membaca QR melalui aplikasi khusus saja. Lalu seiring dengan berjalannya waktu, kebanyakan smartphone sudah memiliki pembaca QR yang tertanam di dalamnya.

Melihat kepopuleran penggunaan QR di dunia, lantas di tahun 2020 lalu Denso Wave meningkatkan fitur QR Code-nya, termasuk di antaranya adalah fitur pelacakan, perlindungan brand, hingga fitur untuk mencegah pemalsuan.

Bagaimana Cara Kerja QR Code?

Cara kerja QR Code sebetulnya tidak jauh berbeda dengan barcode. Pola pada QR akan menyimpan data dalam bentuk kode binary, yang kemudian akan secara otomatis diterjemahkan saat pengguna melakukan scan kode. Semua proses itu bisa terjadi hanya dalam hitungan detik saja.

QR mampu menyimpan lebih banyak data jika dibandingkan dengan barcode, karena mempunyai banyak komponen kompleks yang saling melengkapi. Lantas, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika bisnis menggunakan QR Code?

Baca juga: Buat Proses Transaksi Jadi Semakin Efisien dengan iSeller POS v2.5

Keuntungan Menggunakan QR Code bagi Transaksi Bisnis yang Efektif

qr code
Sumber: iSeller

Tersedianya sistem pembayaran dengan QR Code akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi dengan praktis, cepat, namun tetap aman. Apalagi saat ini kebanyakan orang sudah terbiasa untuk melakukan belanja secara non tunai menggunakan aplikasi dompet digital, seperti OVO, GoPay, LinkAja, ShopeePay, bahkan QRIS dari bank digital.

Selain itu, penggunaan QR Code juga bisa menghemat biaya. Biaya penggunaan QR Code memang ditanggung merchant, namun hanya sebesar 0,7% saja. Ini jauh hemat biaya karena tidak ada biaya lain seperti biaya administrasi atau biaya kartu kredit. Dengan biaya transaksi yang hemat ini, kamu akan jadi lebih leluasa dalam menyesuaikan harga produk, layanan bisnis, maupun jasa, dan tetap bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

QR Code juga memiliki sistem keamanan yang sangat canggih, dengan tingkat integrasi yang tinggi, dan kecepatan akses. Tak heran, banyak konsumen yang lebih senang melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Jika kamu menyediakan metode pembayaran ini di gerai bisnis, sudah tentu akan meningkatkan citra bisnis yang kekinian dan mengikuti perkembangan teknologi. Di saat yang sama, kamu juga bisa menarik lebih banyak konsumen untuk berbelanja di gerai bisnis kamu.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh dari penggunaan sistem pembayaran ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan bisnis dan pembukuan.
  • Dapat memperluas pasar.
  • Kemudahan dalam pengelolaan database konsumen.
  • Dapat mengurangi risiko pencurian dan kehilangan uang tunai, karena transaksi berlangsung secara digital dan kasir tidak perlu menerima uang tunai dari konsumen.

Semua keuntungan di atas bisa kamu dapatkan kalau menggunakan QR Code sebagai salah metode pembayaran pada bisnis kamu. Dengan catatan, kamu menggunakan aplikasi kasir yang terintegrasi dengan QRIS, seperti iSeller Pay.

Baca juga: Kenapa Bisnis Perlu Memahami Perilaku Konsumen?

Terapkan Sistem Pembayaran QR Code, Pakai iSeller Pay!

iSeller Pay adalah satu pintu untuk semua pembayaran, yang bisa menerima semua tipe pembayaran digital secara offline maupun online. Dijamin, sistem iSeller akan membantumu dalam meningkatkan omset penjualan!

Sebagai solusi pembayaran terlengkap, iSeller Pay sangat cocok untuk segala jenis usaha. Kamu bisa menikmati banyak keunggulan iSeller Pay dengan semua kemudahan dan fasilitasnya:

  • Konfigurasi yang sangat sederhana, karena tidak perlu mengurus satu per satu metode pembayaran yang diinginkan. Cukup aktifkan iSeller Pay saja, kamu bisa menggunakan berbagai pembayaran digital.
  • Mendukung berbagai macam pembayaran digital, termasuk kartu debit, kredit, e-wallet termasuk GoPay, OVO, DANA dan masih banyak lagi.
  • Settlement terkonsolidasi, sehingga kamu bisa menerima semua pembayaran dalam satu sistem terpadu.
  • iSeller memiliki sistem pembayaran terpadu. Tidak perlu lagi pakai banyak mesin EDC dan QR Code, semua transaksi bisa dilakukan dengan on-screen payment. Sangat praktis, bukan?

Pilih iSeller untuk memudahkan segala urusan bisnis! Silakan daftar sekarang untuk mencoba fitur dan produk unggulan dari iSeller, iSeller siap membantu mengoptimalkan pengelolaan bisnis kamu setiap harinya.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading