5 Alat Kasir Dasar yang Perlu Kamu Punya di Toko - iSeller Blog

5 Alat Kasir Dasar yang Perlu Kamu Punya di Toko

alat kasir

Mengurus bisnis tidak sekedar tentang strategi pemasaran atau inovasi produk, tapi juga memperkuat sistem transaksi yang kamu punya. Tak heran jika inovasi alat kasir terus dilakukan, dan hasilnya cukup banyak perangkat modern yang digunakan lengkap dengan sistem kekinian yang menawarkan berbagai fitur canggih.

Di masa sebelum model sistem cloud dan kasir modern muncul, fungsi dari alat kasir mungkin terbatas pada transaksi dengan pelanggan, menghitung kembalian, dan menyimpan uang penjualan di hari tersebut. Namun kini berkat inovasi yang ada, fungsi peralatan ini meluas.

Baca Juga: 6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Tidak Mudah Tapi Pasti Ada Jalan!

Kasir Digital

alat kasir

Pada industri kekinian penggunaan kasir digital rasanya sudah bukan hal yang baru untuk diterapkan. Menawarkan fitur yang lengkap dengan interface yang modern, membuat sistem dan perangkat yang digunakan semakin menarik.

Tidak hanya membawa banyak fitur untuk pemilik bisnis tapi juga kemudahan untuk pelanggan. Paling sederhana, adalah ketersediaan metode pembayaran yang bermacam-macam sehingga pelanggan bisa menggunakan apa yang menurutnya nyaman.

Mengenal Alat-Alat Kasir yang Ada Sekarang

alat kasir

Setidaknya di era modern, terdapat lima alat kasir yang dapat digunakan dan dihubungkan dengan sistem cloud yang kamu gunakan. Kelima perangkat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tablet, Touchscreen Monitor

Alat kasir yang pertama dan digunakan pada sistem kasir saat ini adalah tablet, baik dengan sistem operasi Android atau Apple. Perangkat ini akan kamu gunakan untuk mengakses aplikasi dan sistem kasir online, sehingga bisa digunakan di outlet yang kamu punya.

Dari segi harga, perangkat ini tidak terlalu mahal sehingga bisa digunakan untuk bisnis dengan skala kecil sekalipun. Tapi pastikan kamu memiliki perangkat yang direkomendasikan oleh sistem, karena kemungkinan ada spesifikasi minimal yang diberikan untuk bisa menggunakan sistem yang ada.

2. Credit Card Terminal

Kedua adalah credit card terminal. Seperti mungkin sudah kamu pahami, metode pembayaran menggunakan kartu kredit menjadi salah satu metode paling populer untuk beberapa waktu sekarang ini. Maka kamu harus punya perangkat ini, supaya bisa mengakomodir pelanggan.

Terlebih pasca pandemi yang membuat orang-orang terbiasa melakukan transaksi cashless. Bukan tidak mungkin jumlah pengguna kartu kredit meningkat, sehingga perlu untuk menyediakan dan menghubungkan perangkat ini dengan sistem yang kamu pakai.

3. Mesin Kasir Cash Drawer

Selanjutnya mesin kasir paling klasik, cash drawer. Mesin ini akan dipakai untuk menunjang transaksi yang dilakukan, dan untuk menyimpan uang tunai. Kompartemennya akan terpisah-pisah, jadi staf bisa memisahkan uang berdasarkan nominalnya.

Meski di era cashless seperti ini, dapat dipastikan ada saja pelanggan yang ingin membayar dengan uang tunai. Memang, kamu bisa saja menolak metode pembayaran ini, tapi ini akan memberikan sedikit kesulitan bagi pelanggan. Jadi sebaiknya tetap sediakan cash drawer untuk pembayaran tunai ya!

4. Mini Printer

Meski mungil, alat kasir ini bisa memenuhi kebutuhan urusan ‘perkasiran’ yang dimiliki setiap outlet. Fungsi utamanya jelas adalah mencetak struk belanja atau tanda terima pada pelanggan, pada transaksi yang dilakukan.

Kamu bisa saja menggunakan model eReceipt yang dikirimkan pada akun pelanggan. Tapi hal ini perlu informasi mengenai akun pelanggan, dan tidak semua orang mau berbagi akun yang dimilikinya. Jenisnya beragam, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tokomu.

5. Barcode Scanner

Terakhir adalah barcode scanner. Alat ini mirip sekali dengan alat mendeteksi suhu tubuh, namun memiliki fungsi yang sama sekali berbeda. Ketika sudah diintegrasikan dengan POS System yang kamu gunakan, maka barcode scanner bisa mengenali kode batang yang ada di setiap produk.

Staf tinggal melakukan pemindaian pada kode batang yang ada, dan produk secara langsung akan tercatat pada mesin kasir yang digunakan. Harga, spesifikasi, dan jumlahnya bisa diketahui dengan cepat, sehingga total belanja dapat diakumulasikan dengan akurat.

Lalu Adakah Penyedia POS System yang Menawarkan Semuanya?

alat kasir

Well, tentu kamu sudah tahu jawabannya. iSeller memiliki berbagai perangkat yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas bisnis di toko, sehingga transaksi yang dilakukan pelanggan benar-benar bisa maksimal.

Kamu bisa menikmati bundling produk yang menarik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan, seperti paket berikut:

  • Economic Starter Package, yang berisi tablet 8”, kemudian tablet stand, dan mini printer
  • Mobile Package, yang berisi all in one device dengan mobile POS, printer, NFC, dan digital payment di dalam perangkat mungil dan praktis
  • Full Starter Package, yang berisi tablet 8”, tablet stand, cash drawer, dan desktop printer

Tentu saja semua perangkat ini akan terhubung dan terintegrasi dengan sistem yang dimiliki iSeller, sehingga operasionalnya benar-benar akan sangat praktis. Memiliki kualitas yang bukan kaleng-kaleng, setiap perangkat telah disesuaikan sedemikian rupa dengan sistem iSeller, dan kebiasaan user di toko.

Baca Juga: 6 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Berani Coba? 

Tidak hanya menyediakan sistem POS yang handal dan solid, iSeller juga hadir dengan berbagai alat kasir yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Di luar paket di atas yang memiliki harga terjangkau, kamu juga bisa melihat berbagai produk alat penunjang aktivitas kasir lain pada tautan berikut ini. Seperti biasa, kamu juga bisa mengajukan PERCOBAAN GRATIS pada sistem iSeller sekarang juga. Maksimalkan semua fitur dan hardware-nya, dan dapatkan keuntungan maksimal bersama iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading