6 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Berani Coba? - iSeller Blog

6 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Berani Coba?

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Melakukan riset sebelum memulai sebuah bisnis rasanya jadi hal wajib untuk semua orang, sehingga bisa mendapat gambaran kondisi industri saat ini. Kemampuan melihat peluang memang tidak dimiliki semua orang, tapi untuk bisa mengidentifikasi usaha yang jarang tapi dibutuhkan bahkan memerlukan lebih dari sekedar bakat.

Kenapa demikian?

Sebab untuk melihatnya kamu perlu perspektif dari beragam sisi, sehingga bisa mengetahui celah bisnis dari sebuah industri atau ekosistem ekonomi. Beberapa ide usaha di bawah ini bisa kamu jadikan referensi, karena jumlahnya tidak terlalu banyak namun memiliki prospek pasar yang menjanjikan.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Daftar Menu Digital Kekinian yang Fungsional

1. Marketing untuk UMKM

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Di era serba digital ini sebenarnya banyak bisnis UMKM yang memerlukan dukungan penuh dari tenaga marketing yang handal. Jika kamu punya kemampuan ini, kamu bisa menyediakan jasa marketing untuk membantu UMKM berkembang.

Memang tarifnya tidak akan bisa terlalu besar. Tapi coba lihat prospek jangka panjangnya. Ketika bisnis UMKM ini berkembang, bisa jadi kamu mendapatkan kontrak lebih besar untuk jangka waktu yang lama. Akan jadi sumber penghasilan yang menjanjikan bukan?

2. Kafe dengan Konsep yang Unik

Kafe mungkin jadi ide bisnis yang sangat biasa di era kekinian. Tapi jangan salah, niche untuk kafe dengan konsep yang unik masih terbuka lebar. Beberapa selebriti tanah air berhasil menyasar pasar ini, dan memiliki pelanggan loyal yang rutin menghabiskan uang untuk nongkrong di kafe tersebut.

Kafe bertema anime, kafe dengan tema industrial, kafe dengan tema maid ala Jepang, atau kafe-kafe lain dengan tema yang unik bisa jadi ide. Akan diperlukan riset mendalam soal ini, tapi ketika kamu berhasil menemukan segmen pasar atau hobi tertentu yang bernilai tinggi, kamu bisa memaksimalkannya.

Kafe dengan tema olahraga bersepeda misalnya? Akan jadi ide menarik ketika bisa dieksekusi dan disandingkan dengan penjualan suku cadang sepeda dan layanan servisnya.

3. Pet Hotel

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Hewan peliharaan selalu punya arti penting untuk pemiliknya. Tapi, tidak semua kondisi memungkinkan si pemilik membawa hewan peliharaannya. Di sini kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut, dan menyediakan bisnis pet hotel untuk merawat dan menjaga hewan peliharaan yang disayangi.

Tentu saja fasilitas lengkap wajib diberikan, mulai dari staf yang paham benar cara merawat berbagai hewan, ragam makanan hewan yang bisa disesuaikan dengan hewan milik klien, hingga area pemeliharaan yang memadai.

Berikan jaminan, dan berikan laporan bertahap dengan video, foto, atau mungkin saja video call.

4. Bisnis Seputar Hobi

Memang segmen bisnis ini bisa berarti sangat luas. Tapi ketika kamu punya kekuatan komunitas, kamu bisa mengeksekusi bisnis seputar hobi yang diminati bersama. Bisa hobi bersepeda, panjat tebing, mini 4WD, game, perlengkapan PC, dan sebagainya.

Bisnis dengan basis komunitas seperti ini akan memberikan jaminan pasar yang baik, karena apa yang mereka butuhkan bisa kamu sediakan dengan cepat. Memang, perlu waktu untuk membangun relasi yang baik dengan setiap anggota komunitas. Tapi setelah semua terbentuk, dengan sendirinya pasar akan tersedia dan kamu siap menyuplai produk yang diperlukan oleh pasar ini.

5. Restoran dan F&B

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Mungkin jika berbicara bisnis, dua hal ini tidak akan lepas dari setiap daftar yang ada. Dengan konsep yang menggunakan skema klasik, kamu bisa berkreasi dengan menu yang ditawarkan pada bisnis restoran atau F&B milikmu.

Eksplorasi makanan luar negeri masih akan jadi salah satu opsi yang menarik. Tapi jangan salah sangka, kekayaan kuliner nusantara juga bisa jadi peluang komoditas yang sangat menarik untuk ditawarkan. Apalagi kalau kamu bisa menghadirkan rasa otentik dari masakan tradisional nusantara, dijamin banyak orang yang datang dan membeli produkmu baik secara langsung atau secara online.

6. Produksi Pakaian Cosplay

Jangan salah sangka jika pasar cosplay nilainya kecil. Untuk pakaian dan kostum yang digunakan ini memiliki nilai yang besar jika dibuat dengan presisi. Terlebih jika ukuran dan bentuknya benar-benar proporsional dengan pemesan atau pemakainya, harganya bisa lebih tinggi.

Kamu bisa mulai melirik segmen ini sebagai potensi bisnis, karena belakangan semakin banyak event yang melibatkan cosplay di dalam acaranya. Pelanggan lain bisa datang dari para konten kreator, yang perlu menggunakan kostum saat melakukan streaming.

Sistemnya bisa dibuat berdasarkan pesanan, atau persewaan kostum. Selama kamu punya sistem pengelola pesanan yang baik, hal ini sebenarnya tidak akan jadi masalah besar.

Baca Juga: 5 Ide dan Peluang Bisnis Kuliner, Jangan Lupa Baca Tipsnya!

Tentu saja sederet usaha yang jarang tapi dibutuhkan di atas hanya berupa gambaran saja, dan inspirasi yang mungkin bisa kamu gunakan dengan value dan konsep bisnis unikmu sendiri. Tapi setidaknya dengan ide di atas, kamu bisa membuka mata pada kesempatan dan peluang bisnis yang ada.

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan di atas juga harus tetap didukung dengan sistem pengelolaan bisnis yang mumpuni. Seperti misalnya POS System dari iSeller, yang dapat mendukung transaksi cepat dan pembukuan yang baik pada penjualan. Integrasi di setiap platform bisa terjadi dengan lebih mudah, sehingga menghasilkan bisnis yang tercatat dan dapat dikelola dengan baik. Segera ajukan COBA GRATIS sekarang, dan rasakan manfaat dari iSeller untuk bisnis kamu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading