6 Fungsi Sistem dan Mesin Kasir Modern dari iSeller - iSeller Blog

6 Fungsi Sistem dan Mesin Kasir Modern dari iSeller

meisn kasir modern

Penerapan berbagai strategi bisnis dapat dijalankan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu effort yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan sistem dan mesin kasir modern. Tidak hanya dapat membantu menghitung total belanja pelanggan, banyak fitur yang disediakan oleh mesin kasir seperti ini.

Mesin kasir modern, atau biasa dikenal dengan istilah point of sales system (POS System) yang ditawarkan oleh iSeller akan membantu kamu dalam mengelola penjualan, baik secara online maupun offline. Penjelasan tentang fungsi, cara kerja, dan kelebihan dari produk iSeller ini, dapat kamu peroleh di bawah ini.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Kenapa Talent Mapping Penting untuk Bisnis

Mengenal Fungsi dari POS System iSeller

meisn kasir modern

POS System atau mesin kasir modern yang menjadi salah satu produk andalan iSeller sendiri punya setidaknya beberapa fungsi mendasar yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan proses bisnis.

1. Memudahkan Proses Pemesanan

Keberadaan mesin kasir kekinian ini dapat membantu proses pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Pesanan dari pelanggan bisa masuk  ke perangkat yang kamu gunakan di outlet, dan pesanan bisa langsung diproses dengan cepat.

Dengan begini pelanggan bisa langsung mengajukan pesanan yang diinginkannya, dan menyelesaikan proses transaksi dalam waktu singkat.

2. Transaksi yang Terstruktur

Setiap proses transaksi yang dilakukan, mulai dari pembukuan, penyusunan laporan, manajemen inventaris, hingga pemantauan stok yang dimiliki dapat dilakukan melalui aplikasi iSeller. Cukup dengan mengakses dashboard yang tersedia, semua keperluan ini bisa diselesaikan.

Bukankah ini fungsi yang sangat membantu?

3. Cetak Struk Otomatis

Mesin kasir modern ini bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat keras lain yang dibutuhkan bisnis. Misalnya saja pada perangkat scanner, kemudian printer, atau mesin EDC. Kamu bisa mencetak struk secara otomatis pada setiap transaksi yang dilakukan pelanggan.

iSeller bahkan memiliki fitur eReceipt, jadi kamu bisa mengirimkan struk digital pada pelanggan lewat aplikasi chatting.

4. Pengelolaan Inventaris

POS System juga dapat berfungsi untuk mengelola inventaris yang kamu punya. Setiap transaksi penjualan akan mengurangi total stok barang, dan secara otomatis akan diperbarui pada sistem yang ada. Inventaris yang akurat bisa didapatkan, tanpa harus banyak mengeluarkan effort lebih.

5. Analisa Bisnis

Siapa bilang mesin kasir modern hanya terbatas pada urusan jual beli saja? Dengan produk dari iSeller, kamu juga bisa mendapatkan rincian laporan penjualan secara real-time yang mudah diakses dan terus diperbarui secara otomatis. Dengan data ini, kamu kamu bisa mengambil keputusan strategis dengan tepat.

6. Membantu Pengelolaan Karyawan

Fungsi lain dari POS System iSeller adalah untuk membantu pengelolaan karyawan. Mulai dari mengatur jadwal karyawan, presensi, komisi, jadwal shift, hingga perhitungan jumlah penjualan ketika setiap shift berakhir, semua bisa dilihat pada catatan yang tersedia.

Selanjutnya, Terkait Cara Kerja dari Sistem Ini

meisn kasir modern

Sebenarnya jika berbicara mengenai cara kerja dari sistem yang disediakan iSeller akan cukup panjang, sebab banyak sekali fitur yang tersedia dan membawa tahapan yang berbeda. Namun salah satu fitur yang mungkin paling banyak digunakan adalah terkait pembayaran.

Cara kerja untuk pembayaran praktis di POS System iSeller kira-kira adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Settings, kemudian klik bagian General
  • Di sana kamu bisa klik menu Checkout, dan mengklik tombol Enable QuickPay yang tersedia
  • Pilih tipe pembayaran praktis yang diasosiasikan dengan QuickPay, biasanya opsi pembayaran yang dipilih adalah yang paling sering digunakan oleh pelanggan
  • Pilih tipe pembayaran yang ingin kamu terapkan. Opsinya beragam, mulai dari iSeller Pay QRIS, Yukk, Cash, GO-PAY, DANA, ShopeePay, hingga Mandiri QRIS
  • Setelah dipilih, lanjutkan dengan klik ikon centang untuk menyimpan pengaturan tersebut. Sistem pembayaran praktis sudah dapat kamu terapkan pada POS System iSeller

Setelah pengaturan dilakukan, pelanggan dapat segera menggunakan fitur dan kemudahan yang sudah kamu terapkan ini.

  • Setelah pelanggan memilih pesanan, kamu bisa klik bayar dengan tipe pembayaran yang telah diatur sebelumnya
  • Misalnya tipe pembayaran yang dipilih adalah QRIS, maka QRIS akan muncul untuk dipindai oleh pelanggan
  • Setelah dipindai, payment akan terselesaikan
  • Dalam skenario pelanggan ingin menggunakan pembayaran yang berbeda, kamu bisa tetap memprosesnya tanpa mengubah pengaturan dan menonaktifkan QuickPay
  • Klik ikon titik tiga di sisi kanan bawah, dan pembayaran akan diarahkan dengan metode checkout seperti biasa dengan proses pembayaran lain

Cukup mudah dipahami bukan?

Untuk detail lain mengenai cara kerja sistem mesin kasir modern dari iSeller, kamu bisa langsung klik tautan ini. Di sana akan terlihat penjelasan mengenai iSeller POS App, sehingga kamu bisa paham lebih jauh mengenai cara kerjanya.

Berikut Sederet Kelebihan POS System dari iSeller

meisn kasir modern

Masih perlu alasan kenapa iSeller menjadi opsi solid yang bisa kamu ambil? Mungkin sederet kelebihan dari mesin kasir modern dan sistem dari iSeller ini bisa meyakinkanmu untuk memilih produk yang kami tawarkan.

  • Aplikasi berbasis cloud dengan konsep modern
  • Pengalaman pengguna terbaik di kelasnya
  • Integrasi perangkat keras komprehensif
  • Integrasi dengan berbagai platform penjualan dan outlet
  • Metode pembayaran yang beragam, sehingga memudahkan pelanggan
  • Proses checkout yang cepat dan mudah
  • Kategorisasi cepat dengan koleksi
  • Tampilan produk yang mudah dikustomisasi
  • Shift kerja yang fleksibel
  • Kustomisasi struk belanja
  • Pengelolaan bisnis mudah dengan gadget yang kamu punya, dengan iSeller Admin Apps

Baca Juga: 7 Opsi Bantuan UMKM untuk Pendanaan, Cermati Detailnya! 

Itu tadi sekilas penjelasan tentang sistem dan mesin kasir modern yang ditawarkan oleh iSeller sebagai salah satu produk andalannya. Kamu bisa ajukan COBA GRATIS sekarang juga, dan menikmati semua fitur yang ditawarkannya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading