6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Tidak Mudah Tapi Pasti Ada Jalan! - iSeller Blog

6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Tidak Mudah Tapi Pasti Ada Jalan!

cara menjadi pengusaha sukses

Siapa yang tidak ingin jadi pengusaha sukses? Tentu hal ini adalah impian semua orang yang menggeluti bisnisnya bukan? Mungkin jika dirinci, ada jutaan cara menjadi pengusaha sukses yang bisa dilakukan dan diikuti. Tapi apakah semua cara ini benar-benar efektif?

Untuk pengusaha pemula, modal biasanya akan menjadi isu yang utama. Jumlah kapital yang tidak besar harus diolah sedemikian rupa, dengan berbagai racikan strategi ciamik agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang terus mengalir.

Nah, dari sekian banyak cara menjadi pengusaha sukses yang ada, berikut tim iSeller merangkum beberapa yang kiranya bisa direalisasikan, dan memiliki prospek yang bagus.

Baca Juga: Permudah Credit Card Payment dengan iSeller Pay!

1. Minat Pribadi dan Kesempatan di Pasar

cara menjadi pengusaha sukses

Riset memang jadi hal yang utama dalam melihat peluang yang ada di pasar. Tapi jangan sampai lupa untuk kembali pada dirimu sendiri. Sebenarnya, bisnis apa yang kamu inginkan? Produk apa yang ingin kamu jual, dan menjadi salah satu bidang yang kamu sukai?

Merintis bisnis dengan dasar passion dan minat di bidang yang kamu suka bisa jadi bahan bakar utama untuk terus berjuang meletakkan dasar-dasar bisnis yang akan dikembangkan. Pastikan minat pribadi yang kamu punya bisa benar-benar align dengan kesempatan yang ada di pasar.

Jangan ragu untuk menyusun penelitian kecil-kecilan yang komprehensif, supaya kamu bisa melihat peluang yang ada.

2. Lihat Ekosistem Bisnis

dari hasil penelitian yang kamu lakukan, akan muncul sebuah ide bisnis yang kamu inginkan, dan memiliki kesempatan di pasar. Setelah itu tips selanjutnya adalah dengan melihat ekosistem bisnis yang ada.

Apakah ide bisnis yang kamu punya ini memiliki ceruk pasar yang bagus dan persaingan yang sehat?

Ingat, ketika kamu akan memulai bisnis, biasanya akan ada kompetitor yang sudah bermain di pasar yang sama. Head-to-head sulit dihindarkan, maka kamu harus menganalisis juga bisnis kompetitor yang ada. Siapa tahu kamu bisa ‘mencuri’ ilmu dari kompetitor ini dan dimodifikasi sesuai value unik yang kamu punya.

3. Ambil Keputusan dengan Bijaksana

cara menjadi pengusaha sukses

Karena modal yang kamu punya tidak banyak, praktis ruang untuk membuat kesalahan juga akan semakin sempit. Maka dari itu, kamu harus benar-benar tahu cara mengambil keputusan dengan bijaksana, sehingga kesempatan yang kamu punya bisa dioptimalkan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengambil keputusan bijaksana.

  • Tidak buru-buru dan fokus
  • Pastikan kamu mendapatkan semua fakta yang solid
  • Tetap fleksibel dan terbuka dengan kemungkinan yang akan terjadi
  • Buat daftar dampak positif dan negatif dari keputusan yang akan kamu ambil
  • Jangan ragu untuk mengubah perspektif untuk melihat suatu hal dari sudut pandang lain

4. Libatkan Diri di Setiap Aspek Bisnis

Untuk membangun tim yang solid kamu harus tahu orang per orang yang akan masuk ke dalam tim bisnismu. Masuk ke setiap aspek bisnis, dan pelajari secara mendalam setiap aspek ini. Dengan begini, kamu tahu benar apa yang diperlukan, dan orang seperti apa yang cocok menangani pos tersebut.

Memang akan terasa sangat merepotkan, tapi justru dengan melakukan tips ini, kamu bisa mengetahui secara mendasar bisnis yang akan kamu buat, karena praktis kamu tahu seluk beluk bisnis dari awal, proses, hingga tujuan akhirnya.

Pemahaman ini akan membuat pondasi bisnis semakin kuat, visi yang kamu punya semakin jelas, dan operasional bisnis yang dijalankan dapat disusun seoptimal mungkin menyesuaikan kondisi yang kamu hadapi sekarang.

5. Tim Solid untuk Bisnis

cara menjadi pengusaha sukses

Ada kecenderungan untuk mengajak teman yang kamu kenal untuk bergabung di dalam bisnis yang kamu punya. Tidak ada masalah dengan hal ini, selama orang tersebut memang memiliki apa yang kamu butuhkan untuk mendukung bisnis yang kamu buat.

Tidak sedikit yang sulit membedakan antara hubungan pertemanan dan hubungan kerja. Secara profesional, hubungan kerja adalah relasi transaksional yang idealnya saling menguntungkan. Kamu memerlukan sesuatu yang dia punya, dan dia mendapatkan sesuatu dari apa yang dia berikan.

Ketika hal ini tidak terjadi, maka kamu seharusnya bisa dengan bijak mengambil keputusan. Ingat, tim yang solid untuk bisnis tidak selalu harus berasal dari teman di lingkaranmu. Selama masing-masing orang bisa mengerti apa yang dikerjakan dan punya visi yang sama, semua akan berjalan dengan baik. Adaptasi singkat untuk menyesuaikan vibe kerja bukan hal yang sulit kok.

6. Jangan Lupa Kembangkan Dirimu Sendiri

Memulai bisnis adalah petualangan baru yang akan menghadirkan banyak tantangan. Selain menyusun rencana bisnis yang baik dan tim yang solid, jangan sampai kamu lupa untuk mengembangkan diri sendiri.

Pelajari kondisi pasar, cermati kejadian-kejadian bisnis terkini yang relevan, kembangkan ilmu dan koneksi yang kamu punya, untuk mendukung bisnis yang kamu bangun ini. Jangan lupa, cari informasi baru tentang produk atau layanan yang bisa membantumu mengoptimalkan apa yang kamu punya sekarang.

Baca Juga: 5 Fungsi Data Penjualan dan Optimasinya Bersama iSeller 

Tidak ada yang mengatakan bahwa jalan menjadi pengusaha sukses adalah jalan yang mudah. Tapi setidaknya dengan enam cara menjadi pengusaha sukses di atas, kamu bisa merintis usaha dengan lebih baik dan menghasilkan bisnis yang solid.

Tentu saja untuk membantu hal ini kamu wajib mengoptimalkan teknologi yang ada sekarang, misalnya saja dalam bentuk POS System yang disediakan iSeller. POS System ini bisa membantu melancarkan transaksi yang terjadi di dalam bisnis, sehingga semua tercatat dengan baik dan memberikan pengalaman optimal untuk pelanggan. Ajukan COBA GRATIS sekarang, dan rasakan semua manfaatnya! 

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading