4 Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan Menarik - iSeller Blog

4 Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan Menarik

produk ramah lingkungan

Menggali dan menjelajah ide bisnis seperti menelusuri samudera, yang berarti tidak akan pernah menemui ujung. Dinamika pasar yang terus terjadi dan selera pelanggan yang terus berubah memungkinkan kesempatan bisnis unik, seperti produk ramah lingkungan, untuk menemukan segmen pasarnya sendiri.

Tapi jika dipikirkan, kira-kira produk ramah lingkungan apa ya yang punya potensi bisnis dan profit yang besar untuk dilakukan? Kemudian apa pula sebenarnya alasan kenapa produk ramah lingkungan belakangan semakin relevan dan diminati pasar?

Baca Juga: Daftar Aplikasi Jualan Online Terbaik, Jangan Lewatkan iSeller!

Beberapa Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan

produk ramah lingkungan

Ide bisnis yang bisa digunakan sebenarnya cukup banyak dan beragam. Beberapa diantaranya bisa kamu lihat di bawah ini, siapa tahu ada yang kamu minati.

1. Kebun Sayur dan Buah Organik

Produk sayur dan buah organik semakin diminati karena dirasa dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terlebih ketika kamu bisa menjamin produk bebas dari penggunaan bahan kimia, maka value-nya di pasar akan semakin tinggi.

Tentu diperlukan riset mendalam untuk bisnis seperti ini, karena bukan bisnis yang keuntungannya bisa dirasakan dalam jangka pendek. Tapi jika berhasil, kamu akan menjadi pemain besar dalam industri tersebut.

2. Green Cafe

Bukan berarti berwarna hijau secara harfiah, tapi lebih kepada menyajikan menu-menu yang mayoritas berupa buah dan sayuran yang diolah menjadi berbagai santapan. Tentu saja, bisnis ini juga bisa didukung dengan penggunaan alat makan ramah lingkungan, sehingga vibe yang ditimbulkan lebih sehat.

Selain dapat menyasar pasar orang-orang yang getol dengan jenis produk makanan dan minuman organik, kamu juga bisa menyajikan nilai sustainability dengan penggunanaan peralatan yang dapat didaur ulang.

3. Rekondisi Perabotan

Rekondisi perabotan mungkin akan memerlukan banyak kreativitas dan kemampuan memahami struktur dasar dari sebuah barang. Tapi jika dilakukan dengan baik, kamu bisa menaikkan nilai barang yang sudah usang kembali menjadi berharga.

Perbaikan minor, modifikasi struktur, dan penyegaran tampilan dengan cat dan aksen, dengan orang yang tepat, kamu bisa menyulap perabotan usang menjadi bernilai tinggi dan bisa dijual atau dipasarkan untuk berbagai tujuan.

4. Jual Beli Barang Konsumsi Curah

Atau produk yang dapat di-refill tanpa harus menggunakan kemasan baru. Bisnis ini sebenarnya sudah mulai dilirik pemain dan perusahaan besar, namun kurang memiliki gaung yang besar di masyarakat. Nah, kamu bisa saja menginisiasi hal ini dengan mengajukan kerjasama dengan brand atau perusahaan besar pemilik produk barang konsumsi curah sebagai agen ‘isi ulang’ untuk produknya.

Bisa dibayangkan jika sabun cair, shampoo, deterjen cuci, dan sebagainya bisa di-refill, berapa banyak limbah yang dihemat? Prinsipnya serupa dengan penggunaan galon air mineral, tapi dalam konteks yang lebih luas.

Dari empat opsi di atas kira-kira mana yang paling menarik untuk dijalankan? Atau justru kamu punya ide bisnis produk ramah lingkungan lain yang bisa dibagikan dengan pembaca lain?

Alasan Produk Ramah Lingkungan Diminati

produk ramah lingkungan

Beberapa tahun belakangan kesadaran akan pentingnya merawat kelestarian lingkungan semakin mendarah daging. Pengurangan kantong plastik sekali pakai misalnya, penggunaan tas belanja kain, menjadi bentuk ‘kesadaran’ publik secara luas, lepas dari faktor pemicu kebiasaan ini.

Ada beberapa hal lain yang menjadi alasan kenapa produk ramah lingkungan diminati oleh pasar dan memiliki niche tersendiri di industri saat ini. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut.

  • Kesadaran akan bahaya bahan kimia, banyak produk yang dikonsumsi secara langsung, atau pada proses produksinya, menggunakan campuran bahan kimia. Hal ini disadari oleh publik menimbulkan dampak yang tidak terlalu baik untuk tubuh dan lingkungan, sehingga mereka cenderung memilih produk dengan branding-an ramah lingkungan.
  • Citra positif yang didapatkan pelanggan. Jangan salah, pencitraan tidak hanya diperlukan oleh perusahaan atau bisnis, tapi juga oleh pelanggan. Mereka memiliki citra yang harus dijaga, sehingga pembelian produk ramah lingkungan menjadi salah satu cara yang digunakan. Dengan begini, mereka bisa mengklaim telah turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan.
  • Lebih hemat. Alasan dari segi finansial ini memang jadi salah satu yang paling banyak digunakan, karena secara ideal produk ramah lingkungan dan daur ulang memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.
  • Mengurangi limbah yang dihasilkan. Hal ini juga terkait dengan kesadaran individu yang menjadi pelanggan produk ramah lingkungan. Dengan pembelian produk seperti ini, setidaknya ada sejumlah kecil limbah yang berhasil dikurangi untuk tidak dibuang dan membawa pengaruh buruk pada lingkungan secara umum.

Baca Juga: Predatory Pricing Mengintai, Siasati Pakai 3 Cara Ini! 

Tentu saja, apapun bisnis produk ramah lingkungan yang ingin kamu kembangkan harus dilakukan dengan serius dan penuh perhitungan. Aktivitas pemasaran dan pengembangan produk yang baik akan semakin sempurna, ketika mendapat dukungan dari sistem kasir online handal dari iSeller.

POS System yang ditawarkan oleh iSeller dapat dengan mudah membantu bisnis produk ramah lingkungan yang ingin kamu rintis. Terintegrasi dengan berbagai layanan lain seperti layanan pesan antar makanan, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan kontekvitas dengan platform penjualan lainnya. Kamu bisa mengajukan COBA GRATIS sekarang juga untuk memperoleh pengalaman secara langsung, sehingga kamu bisa menilai cocok atau tidaknya iSeller untuk bisnismu. Jadi tunggu apa lagi? Ajukan masa percobaan gratis sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading