Butuh Pinjaman Modal Usaha? Baca Dulu Artikel Ini! - iSeller Blog

Butuh Pinjaman Modal Usaha? Baca Dulu Artikel Ini!

pinjaman modal usaha

Untuk mengelola usaha diperlukan kemampuan finansial yang tidak sedikit. Terlebih ketika kamu mulai ingin mengembangkan atau melakukan ekspansi, modal yang besar harus disiapkan untuk menopang hal itu. Banyak dari pengusaha sekarang yang dimudahkan dengan adanya berbagi platform atau layanan pinjaman modal usaha.

Karena melibatkan uang yang tidak sedikit, tidak jarang ada syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi terlebih dulu sebelum lembaga keuangan mau memberikan pinjaman modal usaha. Nah sekilas artikel ini akan membahas bagaimana tips mendapatkan pinjaman, hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman, dan manfaat yang bisa kamu rasakan untuk bisnismu.

Baca Juga: Database Produk untuk Bisnis, Ini Fungsi dan Contohnya

Tips Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

pinjaman modal usaha

Pinjaman sendiri bisa didapatkan dari berbagai lembaga keuangan, seperti bank, koperasi, kredit usaha rakyat, atau sumber pendanaan lain yang ada. Dorongan pemerintah pada pengusaha terus dilakukan, sehingga permodalan juga cenderung dipermudah untuk diakses dan diperoleh.

1. Pinjaman dari Bank

Bank menjadi lembaga paling terpercaya untuk mengajukan pinjaman modal usaha, karena memiliki badan hukum dan aturan legal yang jelas. Tapi sebelum mendapatkan pinjaman, kamu harus mempersiapkan sederet syarat terkait bisnismu, untuk dinilai oleh bank.

Siapkan laporan keuangan yang riil dan usahakan keadaan finansial bisnis sehat, dan berikan proposal meyakinkan untuk prospek bisnis di masa yang akan datang. Pilih jenis pinjaman yang sesuai, dan perhitungkan untung ruginya untuk bisnis.

2. Pinjaman dari Koperasi

Koperasi juga bisa jadi alternatif berikutnya. Dengan asas kepentingan bersama, koperasi melakukan kegiatan simpan pinjam berdasarkan asas kekeluargaan untuk setiap anggotanya. Jadi syarat utama untuk meminjam modal di koperasi adalah menjadi anggotanya.

Salah satu syarat utamanya adalah menjadi anggota dari koperasi tersebut. Melalui serangkaian syarat dan prosedur yang biasanya mudah, kamu bisa menjadi anggota dan memenuhi semua ketentuan yang diberlakukan untuk meminjam modal.

3. Kredit Usaha Rakyat

Ketiga ada Kredit Usaha Rakyat atau KUR, yang merupakan pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah. Bantuan ini disalurkan dengan kerjasama bersama lembaga keuangan, dan tujuan utamanya adalah UMKMK.

KUR menyasar berbagai jenis usaha, terutama di bidang strategis seperti perikanan, pertanian, kehutanan, dan jasa simpan pinjam. Dengan bunga yang rendah, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari model pinjaman ini.

4. Lembaga Keuangan atau Permodalan Lain

Selain tiga sumber pinjaman di atas, kamu juga bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan memanfaatkan penawaran berbagai lembaga keuangan dan permodalan lain. Tapi untuk lembaga keuangan selain ketiga poin di atas, syarat dan ketentuannya akan tergantung dengan perusahaan pemberi pinjaman.

iSeller Capital bisa menjadi salah satu contoh paling nyata untuk poin keempat ini, dengan menawarkan berbagai benefit untuk peminjam modal usaha seperti bisnis yang kamu punya.

Apa yang Harus Diperhatikan?

pinjaman modal usaha

Setidaknya ada enam hal yang idealnya diperhatikan sebelum kamu mengajukan pinjaman modal usaha. Singkat saja, penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Sesuaikan total pinjaman dengan kebutuhan bisnis. Ingat untuk menghitung kebutuhan yang kamu punya, dan ajukan sesuai dengan kebutuhan. Meski mungkin saja dana yang dipinjamkan bisa lebih besar, tapi ini juga berarti beban lebih besar di kemudian hari.
  • Cermati agunan atau jaminan yang diberikan. Setiap pemberi pinjaman punya ketentuan agunan yang harus diberikan. Kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu, dan mempertimbangkan risiko jika terjadi kondisi terburuk.
  • Kenali lembaga pemberi pinjaman. Pastikan lembaga tersebut punya legalitas yang jelas, sehingga kamu tidak terjerat dengan pinjaman ilegal yang bisa membawa kerugian jangka panjang.
  • Pastikan kamu tahu benar kemampuan melunasi cicilan pinjaman yang kamu punya. Dengan begini, bisnis bisa beroperasional dengan baik tanpa dan tetap membayar angsuran tepat waktu.
  • Cermati syarat pinjaman, dan pastikan membaca semua poin yang diberikan dalam kesepakatan sebelum membubuhkan tanda tangan.
  • Ketahui proses pencairan dana, apakah secara langsung, atau secara bertahap. Hal ini penting karena dana yang kamu pinjam akan digunakan untuk kebutuhan yang sudah kamu rencanakan.

Ini Manfaat Pinjaman Modal Jika Digunakan dengan Baik

pinjaman modal usaha

Manfaat dari pinjaman modal usaha secara ideal adalah untuk menambah total modal yang dimiliki, yang ditujukan untuk berbagai keperluan. Secara singkat beberapa manfaat turunan atau detailnya adalah sebagai berikut.

  • Membuat bisnis lebih berkembang
  • Membantu dalam inovasi
  • Melancarkan kegiatan operasional perusahaan
  • Dapat melakukan perawatan peralatan tepat waktu
  • Melakukan pengadaan alat-alat yang diperlukan
  • Menjaga kelancaran arus kas
  • Meningkatkan budget untuk marketing yang dimiliki bisnis.

Baca Juga: 5 Alat Kasir Dasar yang Perlu Kamu Punya di Toko 

Untuk jenis pinjaman modal usaha yang keempat, sebenarnya kamu bisa menggunakan banyak sumber. Salah satunya yang juga menyediakan sistem POS adalah iSeller. iSeller memiliki sebuah produk dengan nama iSeller Capital, yang merupakan platform terbaru untuk mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan bisnis. Sudah diawasi OJK, memiliki proses yang cepat, dan bunga cicilan rendah, kamu bisa mendapatkan pendanaan yang kamu perlukan setiap saat. Gunakan juga produk POS System yang disediakan iSeller untuk menunjang kelancaran transaksi, dan mari berkembang bersama iSeller!

Published by iSeller Admin

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading