Strategi Riset dan Pengembangan untuk Tingkatkan Kualitas Bisnis - iSeller Blog

Strategi Riset dan Pengembangan untuk Tingkatkan Kualitas Bisnis

riset dan pengembangan

Riset dan Pengembangan atau yang dikenal juga dengan istilah Research and Development (R&D) merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam proses pembuat produk barang maupun jasa dari suatu bisnis.

Di dalam Research and Development (R&D), ada serangkaian proses riset dan pengembangan produk barang atau layanan jasa yang ingin dihadirkan kepada para pelanggan. Tujuannya adalah supaya perusahaan dapat mempublikasikan produk barang atau layanan jasa yang orisinal secara lebih maksimal.

Kalau kamu ingin mengungguli kompetitor, tentunya bisnis yang sedang kamu jalankan tidak hanya bisa diam di tempat dan melakukan hal yang sama. Saat ini, sebagian besar bisnis dan perusahaan sudah menjalankan R&D karena bisnis dan perusahaan harus berada satu langkah di depan dari kompetitornya.

Perlu dipahami, Riset dan Pengembangan pada produk atau layanan jasa tidak hanya dilakukan oleh perusahaan raksasa saja, tapi juga pada perusahaan atau bisnis kecil. Lantas, seperti apa strategi riset dan pengembangan yang tepat untuk meningkatkan kualitas bisnis, dan memenangkan persaingan?

Manfaat Melakukan Strategi Riset dan Pengembangan

riset dan pengembangan
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan Riset dan Pengembangan yang perlu kamu ketahui:

1. Bisnis Bisa Mendapatkan Hak Paten

Menjalankan kegiatan Riset dan Pengembangan, itu artinya kamu bisa mengajukan hak paten pada produk barang atau layanan jasa yang baru dikembangkan. Karena tujuan utama dari melakukan R&D adalah supaya perusahaan atau bisnis bisa terus inovatif, maka hak paten ini akan menjadi tanda akan hal tersebut. Bisnis atau perusahaanmu nantinya akan terlihat lebih kredibel dalam industri yang tengah dijalani, kemudian akan memperoleh keuntungan jangka panjang lain.

2. Finansial Perusahaan Akan Jadi Lebih Baik

Riset dan Pengembangan juga perlu dilakukan karena dalam prosesnya kamu bisa menampilkan visi perusahaan secara langsung pada calon investor. Hal ini sangat penting, sebab para investor sangat mengharapkan adanya peningkatan penjualan saat ini dan juga di masa depan. Dengan melakukan Riset dan Pengembangan, itu artinya  bisnismu akan terus eksis dengan inovasi baru dan bisa terus berkembang, baik itu dalam hal bisnis maupun produk.

3. Dapat Mengurangi Pengeluaran

Keuntungan selanjutnya dari kegiatan Riset dan Pengembangan adalah kemampuannya dalam meminimalisir biaya manufaktur. Di tahap awal dalam melakukan riset, kamu pasti sudah mengumpulkan berbagai macam data tentang target pasar, kompetisi, dan berbagai hal lainnya. Kemudian, hasil dari riset itulah yang akan mampu memperjelas arah pengembangan produk, sehingga biaya produksinya tidak terlalu tinggi dan kamu bisa menjual produk dengan harga yang kompetitif.

4. Bisa Merekrut Kandidat yang Berkualitas

Berikutnya, melakukan Riset dan Pengembangan akan memungkinkan perusahaan bisa merekrut karyawan dengan kualitas tinggi. Setiap kandidat pastinya akan berusaha keras untuk bekerja di perusahaan unggulan, dan perusahaan juga ingin memiliki kandidat terbaik.

Kandidat unggulan ini biasanya akan sangat tertarik dengan perusahaan yang inovatif dan mau melakukan hal-hal baru. Kegiatan Riset dan Pengembangan juga bisa menjadi sumbu yang mampu menarik para kandidat terbaik dan berkualitas untuk perusahaan.

Baca juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Promosi Bisnis Kamu

Tahapan Riset dan Pengembangan

riset dan pengembangan
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui tentang pentingnya Riset dan Pengembangan, kamu juga harus mengetahui berbagai jenis yang bisa diterapkan. Beberapa tahapan Riset dan Pengembangan adalah sebagai berikut:

Tahap Pertama: Riset Mendasar

Tahap pertama dari kegiatan Riset dan Pengembangan yaitu riset mendasar, di mana dalam tahap ini mereka yang dipilih untuk melakukan Riset dan Pengembangan bertugas dalam mengumpulkan seluruh data dan informasi yang diperlukan. Data dan informasi tersebut akan dimanfaatkan untuk membentuk pemahaman yang mampu membantu bisnis supaya terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Kemudian, seluruh informasi yang terdapat dalam riset ini juga bisa dijadikan sebagai pedoman Riset dan Pengembangan lainnya di kemudian hari dan membantu bisnis dalam mengambil kebijakan yang lebih strategis.

Tahap Kedua: Riset Terapan

Tahap Riset dan Pengembangan yang selanjutnya adalah riset terapan, di mana dalam tahap ini pada umumnya perusahaan akan mencoba menggunakan teknologi baru, memasuki pasar yang baru, serta mengembangkan tingkat keamanan atau meminimalisir pengeluaran. Di tahap kedua ini lebih menekankan aspek komersial dan bagaimana suatu layanan jasa atau produk barang bisa dikembangan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Tahap Ketiga: Desain dan Pengembangan

Tahap terakhir dari Riset dan Pengembangan adalah pengembangan dan desain produk, serta mengedit informasi dan data yang sudah terkumpul menjadi suatu produk barang atau layanan jasa terbaru. Dalam tahap terakhir ini juga akan dilakukan proses desain produk, membuat prototype produk, melakukan uji coba, dan mengembangkan produk barang atau layanan jasa terbaru.

Baca juga: Teknik Jitu Untuk Menarik dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Meningkatkan kualitas bisnis, kamu juga perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan iSeller yang bisa dioptimalkan sebagai satu pintu untuk semua pembayaran bisnis. Lebih dari itu,  iSeller dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik dan canggih, mulai dari inventaris, marketing, promosi, hingga channel penjualan yang beragam.

Semua fitur iSeller bisa kamu maksimalkan untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan lancar. Dapatkan informasi lebih lengkap atau langsung registrasi iSeller sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading