Simpel, Ini 6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cafe - iSeller Blog

Simpel, Ini 6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cafe

bisnis cafe

Banyak sekali jenis usaha yang bisa dipilih untuk dijalankan. Tapi untuk memulainya, riset mendalam dan perencanaan yang baik jelas harus jadi perhatian utama. Nah, untuk urusan bisnis cafe, beberapa tips berikut ini bisa jadi bacaan berguna untukmu, supaya kesuksesan bisa diraih.

Jika dilihat secara kasat mata, memang bisnis cafe menjadi salah satu bisnis yang ramai peminat. Hal ini disikapi dengan bijak, menggunakan berbagai tema dan vibe berbeda yang ditawarkan di setiap cafe sebagai ciri khasnya.

Beberapa tips untuk menjalankan usaha cafe di bawah ini bisa jadi inspirasi, sekaligus rekomendasi sistem pengelolaan bisnis yang efektif dan efisien untuk bisnis kamu.

Baca Juga: Tinggalkan Cara Lama, Buat Digital Invoice dengan Mudah Pakai iSeller!

Tips Menjalankan Bisnis Cafe

bisnis cafe

1. Apa Konsepnya?

Pertama seperti yang disebutkan tadi, tentang konsep yang akan diangkat. Konsep ini akan menjadi gambaran besar tentang bentuk dan suasana cafe yang kamu buat, sehingga bisa merengkuh ceruk pasar yang kamu inginkan.

Tentu hal ini juga perlu mempertimbangkan lokasi dari cafe, sehingga bisa memanfaatkan faktor demografis dan geografis dari cafe tersebut.

2. Menu Makanan dan Minuman

Meski menawarkan suasana atau vibe sebagai nilai jual, kamu tidak boleh mengesampingkan makanan dan minuman. Pada akhirnya tanpa makanan atau minuman yang tepat suasana cafe yang kamu buat tidak akan benar-benar sempurna.

Jangan ragu berinvestasi pada dua hal ini, karena pada akhirnya pemasukan akan bergantung pada penjualan produk utama tersebut.

3. Desain Cafe yang Mendukung

Dengan konsep yang matang, kamu bisa mendesain interior dan bagian luar cafe menggunakan komponen yang diperlukan. Tidak perlu takut untuk melihat referensi dari berbagai tempat atau cafe lain, tapi pastikan kamu memberikan elemen unik di dalam tempat yang kamu buat.

Well, tidak ada yang baru di bawah Matahari. Jadi lihat, pelajari, dan adaptasi dengan keunikan yang muncul dari value bisnis yang kamu punya.

4. Terlibat Langsung

Salah satu kunci sukses bisnis cafe, dan berbagai jenis bisnis lainnya, adalah terlibat secara langsung. Memang kamu menjadi pemilik dari bisnis ini, tapi ini berarti kamu harus tahu benar seluk beluk operasional, strategi, dan semua hal tentang cafe yang kamu buat.

Setiap divisi akan memiliki penanggung jawab yang melaporkan kondisi terkini. Di waktu yang sama, kamu juga wajib terus memonitor, dan tidak ragu mengatasi masalah secara langsung ketika memang diperlukan.

5. Strategi Marketing 

Tidak akan lepas dari jitunya perumusan strategi marketing dan eksekusinya yang akurat, bisnis cafe perlu hal ini sebagai sarana menyebarluaskan produk dan tempat yang kamu punya. Pastikan kamu tahu sasaran pasar yang dituju, dan formulasikan serangkaian taktik untuk menyampaikan pesan pada mereka.

Kanal yang digunakan bisa beragam, dan tidak harus mengeluarkan dana yang sangat besar. Selama dirumuskan dengan baik, kamu bisa mulai dari niche yang ada di sekitar lokasi cafe-mu.

6. Pastikan Pelayanan Sempurna

Satu hal yang terkadang terlupakan justru adalah pada sektor pelayanan. Keramahan staf jelas jadi hal mutlak, tapi kemudahan transaksi juga harus diperhatikan. Kamu harus menggunakan sistem yang dapat mengakomodir banyak metode pembayaran, sehingga pelanggan bisa dengan mudah melakukan transaksi sesuai dengan keinginannya.

Optimalkan Pelayanan dan Pengelolaan dengan iSeller’

bisnis cafe

POS System milik iSeller menjadi salah satu sistem pengelolaan bisnis dan penjualan yang solid, yang bisa jadi opsi sempurna untuk bisnis cafe yang kamu punya. Menjadi salah satu sistem kasir digital dan online yang telah banyak digunakan berbagai brand besar, iSeller siap jadi partner untuk mengembangkan bisnismu.

Beberapa keuntungan yang bisa ditawarkan sistem milik iSeller antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dapat memonitor bisnis kapan saja dan dimana saja dengan gadget yang kamu punya
  • Lebih efisien dengan fitur keranjang yang canggih dan fleksibel
  • Menerima berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan
  • Kustomisasi cepat untuk struk belanja yang digunakan
  • Pengelolaan pesanan semakin mudah dengan integrasi sistem
  • Membantu manajemen waktu kerja karyawan dan pembagian shift
  • Terhubung dengan berbagai perangkat yang tersedia
  • Terdapat fitur keamanan tingkat lanjut yang bisa dikelola dari jarak jauh untuk proteksi mesin kasir
  • Memiliki sistem yang solid dan canggih, sehingga meningkatkan efisiensi bisnis cafe yang kamu punya

Baca Juga: 6 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Berani Coba? 

Didukung dengan berbagai fitur lengkap yang ada di dalamnya, kamu bisa mengelola bisnis dengan baik. Tidak hanya efektif untuk urusan di dalam store atau outlet saja, kamu juga bisa terhubung dengan kanal penjualan online, dan dengan mudah memanfaatkan aplikasi layanan pesan antar dari berbagai penyedia yang ada sekarang ini.

Praktis, efektif, solid, dan sangat adaptif, POS System dari iSeller benar-benar bisa memaksimalkan semua kegiatan bisnis yang kamu punya di dalam bisnis cafe. Kamu bahkan bisa ajukan PERCOBAAN GRATIS sekarang juga, dan merasakan manfaat dari kecanggihan dan kelengkapan fitur dari iSeller. Maksimalkan kesempatan yang ada, dan mari berkembang bersama iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading