Yuk, Optimalkan Keberadaan Dompet Digital untuk Kemajuan Bisnis Kamu! - iSeller Blog

Yuk, Optimalkan Keberadaan Dompet Digital untuk Kemajuan Bisnis Kamu!

dompet digital

Tren pembayaran menggunakan dompet digital atau e-wallet saat ini sedang naik daun. Sudah banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk transaksi menggunakan dompet digital, karena selain praktis, penggunaan e-wallet juga terbilang mudah.

Keberadaan e-wallet memang dikembangkan untuk memudahkan orang dalam melakukan transaksi. Kira-kira, bagaimana cara  e-wallet bekerja, dan bagaimana mengoptimalkan keberadaan e-wallet untuk kemajuan bisnis?

Bagaimana Cara Kerja Dompet Digital?

Dengan menggunakan sistem elektronik berbasis internet, sistem kerja dari sebuah dompet digital bisa meringkas segala informasi dari aktivitas transaksi keuangan. Jika dibandingkan dengan transaksi konvensional, sistem kerja dari e-wallet ini terhubung dengan NFC (Near Field Communication), sehingga pengguna bisa mengisi saldonya hanya menggunakan ponsel.

Selain dari NFC, saat ini e-wallet juga telah menerapkan sebuah sistem QR (Quick Response) menggunakan barcode, sehingga para pengguna tinggal melakukan scan barcode untuk menyelesaikan transaksi yang dilakukan.

Sudah ada banyak toko-toko yang telah menerapkan sistem pembayaran seperti ini. Tidak jarang merchant yang telah menerapkan sistem ini juga memberikan diskon saat konsumen melakukan pembayaran via e-wallet

Apa Manfaat Dompet Digital dalam Bisnis?

dompet digital
Sumber: Freepik

Tentu saja dengan perkembangan teknologi saat ini, segala sesuatu terasa jauh lebih mudah. Apalagi dengan adanya dompet digital di mana transaksi menjadi lebih praktis, berikut ini adalah manfaat dari dompet digital untuk bisnis:

  • Saat konsumen ingin transaksi dengan uang tunai, maka kamu perlu menyediakan uang dengan pecahan tertentu terlebih dulu. Berbeda ketika transaksi menggunakan dompet digital, maka transaksi akan jadi lebih mudah, lebih praktis dan menjaga efisiensi waktu. Konsumen cukup scan ponsel miliknya ke barcode ketika belanja di merchant
  • Dompet digital tidak hanya digunakan untuk transaksi di merchant saja, tapi juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran lain seperti belanja online, bayar listrik, beli tiket kereta api online, beli pulsa, bayar tagihan, dan lainnya. Dengan begitu, dompet digital akan memberikan berbagai alternatif sekaligus bisa menghemat waktu lebih banyak. 
  • Masing-masing dompet digital memiliki fitur keamanan tinggi bagi setiap penggunanya. Untuk bisa masuk ke aplikasinya saja, pengguna wajib memasukkan PIN atau password, atau pemindai biometrik. Sebelum bertransaksi, pengguna juga wajib memasukkan nomor PIN, dan baru setelah itu transaksi akan dianggap berhasil. 
  • Penggunaan dompet digital sebagai alat pembayaran transaksi membuat proses pembayaran dari tagihan konsumen akan cepat selesai. Dengan menekan tombol maka transaksi akan terbayar dalam hitungan detik. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya antrian yang panjang di kasir.

Baca juga: Begini Cara Melakukan Analisis SWOT yang Tepat, Yuk Pahami!

Dompet Digital, Solusi Pembayaran yang Praktis!

dompet digital
Sumber: Freepik

Sejatinya, dompet digital adalah bentuk financial technology yang menjadi alternatif pembayaran dengan memanfaatkan media internet. Aplikasi dompet digital juga bisa diunduh secara gratis di smartphone, sehingga siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah.

Kehadiran dompet digital atau e-wallet tentunya sangat menguntungkan para pebisnis, mulai dari mereka yang memiliki bisnis online, hingga bisnis offline yang menyediakan QR Code untuk kemudian dipindai dengan menggunakan e-wallet. Dengan e-wallet, setiap konsumen jadi punya metode pembayaran yang lebih variatif, dan mereka pun jadi bisa menyesuaikan metode pembayaran yang diinginkan dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai penyedia layanan e-wallet, di antaranya seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, dan masih banyak lagi lainnya. Saat ini juga sudah ada banyak sekali merchant di Indonesia yang menerima pembayaran dengan e-wallet, di mana jumlahnya pun akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Jika kamu tertarik untuk menjalani bisnis online maupun offline, kamu juga bisa dengan mudah menghadirkan dompet digital sebagai salah satu metode pembayarannya.

Untuk mewujudkan hal itu, kamu bisa menggunakan jasa payment gateway untuk membantu kamu dalam menyediakan metode pembayaran dompet digital. Saat ini ada begitu banyak payment gateway yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah iSeller.

Baca juga: 5 Strategi  Mujarab Penerapan Konsep Marketing 4.0

Kenapa bisnis kamu perlu menggunakan iSeller?

Kemudahan dan kecepatan aktivasi untuk menerima semua jenis pembayaran menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menciptakan sistem pembayaran yang komprehensif untuk bisnis kamu. iSeller Pay adalah solusi pembayaran terlengkap yang cocok untuk segala jenis bisnis.

Kamu bisa menikmati keunggulan iSeller Pay dengan semua kemudahan dan fasilitasnya. Integrasi terlengkap mulai dari sistem pembayaran tunai, kartu kredit dan debit, e-wallet, poin loyalti hingga voucher. iSeller bisa menerima sistem pembayaran e-wallet modern termasuk GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan ShopeePay.

Cukup pilih dan aktifkan, semua fitur iSeller Pay dapat diatur sesuai kebutuhan bisnis kamu dengan cepat dan mudah. Menariknya lagi, dengan iSeller Pay kamu tidak perlu lagi pakai banyak mesin EDC dan QR Code karena semua transaksi dapat dilakukan dengan on-screen payment. Coba gratis atau ajukan demo sekarang, langsung saja klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading