8 Cara Tingkatkan Kesehatan Karyawan, Sudah Kamu Coba? - iSeller Blog

8 Cara Tingkatkan Kesehatan Karyawan, Sudah Kamu Coba?

kesehatan karyawan

Karyawan menjadi aset penting milik perusahaan yang secara berkelanjutan harus dikelola dengan optimal. Dengan karyawan yang berada di kondisi optimal untuk bekerja, maka output dari bisnis yang kamu punya akan dapat dimaksimalkan. Ini kenapa, kesehatan karyawan menjadi isu yang harus jadi fokus perusahaan secara internal.

Tidak hanya kesehatan secara fisik, namun kesehatan mental karyawan juga harus menjadi satu poin yang diperhatikan. Terlebih dengan semua isu kesehatan mental yang belakangan semakin sering dibahas, karyawan yang tidak berada di kondisi optimal secara fisik dan psikis jelas tidak dapat memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan.

Baca juga: Hadapi Isu Resesi 2023, Coba 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha

Pentingnya Memperjuangkan Kesehatan Karyawan

kesehatan karyawan

Kesehatan karyawan tidak hanya penting dan krusial untuk mereka saja, namun juga untuk kelangsungan dan performa perusahaan. Hal ini membawa keuntungan untuk perusahaan dan karyawan secara langsung, dan ini yang jadi alasan kenapa kemudian wajib dijadikan fokus.

Karyawan yang sehat secara fisik dan mental dapat memberikan kontribusi optimal untuk perusahaan. Mereka akan bekerja lebih efektif, efisien, dan menciptakan lingkungan kerja yang sangat produktif. Sangat menguntungkan untuk perusahaan bukan?

Kesehatan dan produktivitas yang dimiliki karyawan selalu berbanding lurus. Mempertimbangkan pula kesehatan mental, karyawan yang benar-benar sehat akan memiliki optimisme yang tinggi, mampu berpikir kreatif dan memberikan solusi tepat untuk berbagai masalah, dan memiliki motivasi kerja tinggi.

Saat kamu memperhatikan kesehatan karyawan secara intens, maka beberapa hal ini akan didapatkan oleh perusahaan.

  • Karyawan yang merasa dipedulikan dan diapresiasi keberadaannya
  • Meningkatkan motivasi dan semangat, serta kepuasan dalam bekerja
  • Mengurangi tingkat absensi
  • Tingkat retensi kerja yang lebih baik
  • Budaya kerja yang positif dan hubungan yang berkualitas antara perusahan dan karyawan secara langsung

Jelas bukan kenapa hal ini menjadi penting dan wajib menjadi fokus perusahaan dan kamu sebagai pemilik bisnis?

Cermati Peran HR dalam Konteks Ini

kesehatan karyawan

Optimasi HRM atau human resources management mengambil peran penting dalam konteks kesehatan karyawan ini. Sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas keadaan karyawan, bagian HR harus fokus pada menjaga motivasi karyawan, menjaganya dalam keadaan optimal untuk bekerja, dan mampu berkontribusi maksimal.

Maka jelas HR harus membuat berbagai program dan kegiatan yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan pada setiap karyawan, sehingga peran aktif dapat dirasakan pula oleh karyawan yang ada di perusahaan Anda.

Mulai dari memberikan asuransi kesehatan yang tepat, membuat program pop-up clinics di kantor, kegiatan olahraga rutin, hingga layanan konsultasi dan konseling untuk membantu menjaga kesehatan mental para karyawan. Semua bisa dilakukan dalam rangka mewujudkan kepedulian kantor pada kondisi aset hidup yang dimilikinya ini.

Dalam artikel yang diunggah di edehealth.com, dinyatakan bahwa penerapan wellness programs semacam ini dapat meningkatkan performa organisasional dari karyawan hingga 80%. Angka yang cukup signifikan dalam urusan bisnis.

Bagaimana Cara Terbaik untuk Mengeksekusinya?

kesehatan karyawan

Jika direncanakan dan dieksekusi dengan cermat, program untuk kesehatan karyawan ini sebenarnya bukan langkah yang mahal untuk dilakukan. Namun tentu, diperlukan perhitungan yang cermat, agar program yang dilaksanakan benar-benar mencapai target yang dituju, yakni kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik pada setiap karyawan.

Beberapa cara terbaik untuk melaksanakan program ini adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan health and wellness program untuk karyawan yang terintegrasi. Artinya, program ini mencakup semua area kesehatan karyawan, baik secara fisik, mental, atau emosional.
  2. Bekerjasama dengan penyedia layanan kesehatan yang handal, baik dalam bentuk klinik, fasilitas kesehatan, atau asuransi, yang sesuai dengan kapasitas perusahaan.
  3. Melakukan pengecekan rutin pada kesehatan karyawan, sehingga dapat dilakukan deteksi dini pada risiko adanya penyakit atau kondisi kesehatan yang memerlukan treatment khusus,
  4. Mengadakan program olahraga bersama. Olahraga permainan dapat menjadi opsi menarik, karena selain dapat mendukung kesehatan fisik karyawan juga dapat membantu proses bonding antar karyawan.
  5. Dukung dengan fasilitas yang ideal, seperti misalnya cahaya matahari alami yang cukup, kursi kerja yang nyaman dan ideal, meja yang mendukung kegiatan dan pekerjaan, dan sebagainya.
  6. Buat lingkungan kerja yang mendukung kesehatan mental dengan manajemen yang suportif, berikan istirahat terjadwal, liburan, dan sejenisnya.
  7. Buat program makan siang sehat dan sediakan makanan ringan yang lebih bernutrisi alih-alih makanan ringan instan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula buatan.
  8. Berikan edukasi kesehatan umum yang praktis dan lugas, sehingga bisa dipraktekkan karyawan secara langsung dan efeknya bisa terasa.

Langkah sederhana di atas bisa kamu ambil dengan perencanaan dan analisis kebutuhan yang cermat, sehingga dapat dieksekusi dan memberikan hasil yang optimal. Karyawan yang sehat dan produktif adalah salah satu kunci suksesnya sebuah perusahaan.

Baca juga: Wajib Coba! 6 Valentine’s Day Marketing Buat Naikin Omset 

Memperhatikan tingkat kesehatan karyawan menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan perusahaan agar dapat terus fokus mengejar target yang dimiliki. Lakukan pembagian shift kerja yang cermat dan akurat, sehingga setiap karyawan memiliki waktu istirahat optimal serta waktu untuk kehidupan pribadinya. Kamu bisa menggunakan salah satu fitur dari iSeller untuk urusan pembagian shift kerja ini, jadi urusan tersebut bisa selesai dalam waktu singkat. Berikan apa yang dibutuhkan karyawan, dan lihat performa optimal dari setiap karyawan untuk perusahaan!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading