Wajib Coba! 6 Valentine’s Day Marketing Buat Naikin Omset - iSeller Blog

Wajib Coba! 6 Valentine’s Day Marketing Buat Naikin Omset

valentine's day marketing

Meskipun tidak semua orang turut merayakan, namun sebagian besar tentu tidak asing dengan Valentine’s Day. Tak heran, jika strategi promosi pada momen Valentine’s Day digenjot untuk meningkatkan penjualan. Beberapa produk yang memang lekat dengan perayaan Valentine’s Day adalah bunga, coklat, boneka, perhiasan, hingga parfum. Lalu, bagaimana dengan bisnis yang menjual produk lain? Apapun jenis bisnis kamu, kamu juga bisa memanfaatkan momen ini dengan menerapkan Valentine’s Day Marketing.

Kenapa Valentine’s Day Bisa Jadi Strategi Marketing?

valentine's day marketing
Sumber: Freepik

Di akhir bulan Januari, orang-orang akan mulai dikelilingi oleh iklan dan pesan yang mengingatkan mereka bahwa Valentine’s Day sudah dekat. Pusat perbelanjaan akan dipenuhi dengan bunga dan coklat, jalan-jalan mulai diserbu oleh hati dan boneka, dan orang-orang jauh lebih bersedia membelanjakan uang mereka untuk hadiah romantis, makan malam, pengalaman, dan perjalanan.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan kenapa Valentine’s Day bisa jadi strategi marketing adalah sederhana saja, sebab orang-orang lebih rela mengeluarkan uang di momen ini. Jadi inilah saat yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu!

Tapi perlu dipahami, bukan berarti Valentine’s Day Marketing mudah untuk dilakukan. Supaya kamu bisa berhasil meluncurkan kampanye Valentine’s Day yang efektif, kamu tidak hanya perlu menyampaikan pesan kamu dengan cara yang benar, tetapi juga kamu harus bisa menonjol di antara semua pesan promosi lainnya baik secara online maupun offline.

Baca juga: Hashtag TikTok Mana yang Paling Pas untuk Konten?

6 Ide Valentine’s Day Marketing yang Bisa Kamu Coba

valentine's day marketing
Sumber: Freepik

Sebetulnya ada banyak sekali strategi marketing yang bisa dicoba. Nah, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran terbaik untuk Valentine’s Day yang kamu harus tahu:

1. Tawarkan Produk Edisi Terbatas

Valentine’s Day Marketing yang hebat adalah menciptakan lini produk atau layanan jasa edisi terbatas yang hanya tersedia dalam waktu singkat. Dengan cara ini, kamu tidak hanya menginspirasi pelanggan dengan hadiah yang sempurna untuk pasangan mereka, tetapi kamu juga menawarkan produk eksklusif yang tidak dapat mereka dapatkan di waktu lain dalam setahun. Jadi, mereka akan lebih terdorong untuk segera melakukan transaksi pembelian. 

2. Jalankan Obral Besar-besaran di Hari Valentine

Tujuan utama Valentine’s Day Marketing adalah untuk mendorong penjualan. Jadi, salah satu ide Valentine’s Day Marketing yang paling efektif adalah menjalankan obral. Coba jalankan promosi untuk offline store atau online shop kamu, seperti menawarkan diskon kepada pelanggan atau menjalankan promosi beli dua gratis satu untuk mendorong pemberian hadiah di antara pasangan untuk merayakan cinta.

3. Buat Produk Bundling Khusus untuk Couple

Kamu juga bisa menciptakan produk bundling sebagai strategi Valentine’s Day Marketing. Perayaan Valentine sangat lekat dengan momen spesial bersama pasangan, sehingga memproduksi produk khusus untuk pasangan adalah promosi yang bisa kamu tempuh. Mulai dari pakaian couple, perhiasan couple, atau harga khusus untuk pasangan yang menginap di hari Valentine, dan masih banyak lagi. Kamu bisa eksplor strategi yang satu ini untuk meningkatkan penjualan kamu!

4. Rayakan Self-Love

Di hari Valentine, selain pasangan yang menjadi audiens utama kamu, para lajang juga tidak bisa diabaikan. Slogan self-love telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir ini dan banyak bisnis yang memasarkan konsep ini sebelum Valentine’s Day, untuk menyampaikan kepada mereka yang lajang bahwa “Even if you’re single, treat yourself well” dan “Dress up for yourself“.

5. Posting Unggahan dan Promosi Bertema Valentine’s Day

Posting di sosial media soal Valentine’s Day adalah cara yang bagus untuk melibatkan audiens kamu. Gunakan kreativitas kamu untuk merancang konten bertema Valentine’s Day yang menarik, dan undang audiens kamu untuk berpartisipasi di dalamnya. Misalnya, undang mereka untuk mengomentari atau repost unggahan kamu untuk  kesempatan memenangkan hadiah Valentine’s. Dijamin, ini akan membantu meningkatkan keterlibatan followers bisnis kamu di media sosial.

6. Gelar Acara Valentine’s Day

Sebetulnya, Valentine’s Day Marketing tidak harus secara eksklusif tentang menjual produk. Bergantung pada bisnis dan audiens target, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengadakan acara Valentine’s Day (online atau offline) lho. Tujuannya adalah untuk melibatkan para pelanggan dan juga mereka yang belum mengenal bisnis kamu, dengan cara yang unik dan lebih personal.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Iklan di Instagram? Coba Lihat di Sini!

iSeller Bisa Bantu Kamu Menjalankan Valentine’s Day Marketing Lebih Mudah

Mengetahui bagaimana strategi Valentine’s Day Marketing memang tidak boleh kamu lewatkan. Supaya kamu lebih mudah melakukan strategi marketing ini, kamu perlu menggunakan POS yang handal dari iSeller sehingga bisa mengakomodir kebutuhan pembayaran saat pelanggan bertransaksi baik di offline store maupun online shop kamu.

Dengan fitur yang ada, urusan pembayaran, pengelolaan persediaan, hingga laporan penjualan, semuanya bisa kamu dipantau dari perangkat yang kamu gunakan. Hubungi kontak layanan iSeller sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading