5 Cara Membangun Customer Relation yang Baik, Sudah Coba? – iSeller Blog

5 Cara Membangun Customer Relation yang Baik, Sudah Coba?

Customer relation

Customer relation dapat dipahami sebagai salah satu strategi pemasaran yang memiliki tujuan untuk mempertahankan klien, pelanggan, atau konsumen yang sudah ada supaya bisa melakukan pembelian berulang, sehingga menjadi pelanggan setia dan tidak mudah berpaling.

Konsep formal ini kemudian bisa kamu adaptasi dalam praktek pengelolaan bisnis yang kamu punya, sehingga pasar yang sudah terbentuk menjadi pasar yang setia, tidak mudah beralih, dan terus mendatangkan keuntungan untuk bisnis.

Ada beberapa hal yang wajib kamu pahami sebelum bisa mengeksekusi strategi ini dengan baik.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P, Klasik, Efektif, dan Adaptif!

Pertama, Alasan Kenapa Customer Relation Itu Penting

Customer relation

Menerapkan strategi ini bisa membantu bisnis mempertahankan pasar. Hal ini artinya pendapatan atau keuntungan yang kamu dapatkan bisa ‘dijamin’ sehingga kamu bisa mengoptimalkan effort yang dimiliki untuk berbagai bentuk pengembangan dan peningkatan.

Bisnis yang punya hubungan baik dengan pelanggan idealnya menjadi bisnis yang menguntungkan karena pelanggan puas dengan pelayanannya. Bisnis seperti ini  punya kesempatan berkembang lebih besar, dan dasar yang kuat dalam aktivitasnya di pasar sehingga tidak mudah tergeser oleh keberadaan produk kompetitor.

Cara yang Bisa Digunakan untuk Membangun Hubungan Baik

Customer relation

Banyak sekali cara yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Selalu ada ruang untuk peningkatan, sebab bisnis yang mau berkembang adalah bisnis yang memiliki visi jauh ke depan untuk masa yang akan datang.

Beberapa poin bisa kamu gunakan untuk urusan ini, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Komunikasi dengan Pelanggan

Kamu bisa memanfaatkan berbagai kanal yang saat ini tersedia untuk terhubung dengan pelanggan dan pasar yang kamu punya. Dengan begini, brand akan terasa lebih dekat dengan pelanggan, sehingga pelanggan memiliki ikatan emosional dengan brand dan produk yang kamu tawarkan.

Optimasi CRM Omnichannel bisa menjadi opsi menarik untuk hal ini, sebab dengan sistem tersebut kamu bisa menghubungkan semua saluran komunikasi menjadi satu sistem terpadu, dan bisnis dapat dengan mudah ditemukan oleh pelanggan.

2. Service yang Memuaskan

Memberikan pelayanan terbaik di setiap pos yang ada di dalam bisnis menjadi hal kedua yang dapat digunakan sebagai cara membangun customer relation yang baik.

Dimanapun titik kontak yang terjadi antara produk dan pelanggan, maka titik tersebut adalah representasi dari brand itu sendiri. Maka dari itu, setiap value dari perusahaan dan brand wajib dapat dirasakan dengan baik ketika pelanggan melakukan kontak dengan brand.

Staf dan sistem yang menjadi garda terdepan pelayanan pelanggan harus solid, sehingga nilai yang ingin disampaikan oleh perusahaan bisa dirasakan sama di setiap meeting point dengan pelanggan ini.

3. Feedback dari Pelanggan

Poin ketiga adalah dengan meminta feedback dari pelanggan secara rutin. Memang mungkin akan terdengar cukup mengganggu, namun hal ini diperlukan agar kamu bisa mengetahui dinamika pengalaman pelanggan ketika menggunakan produk yang kamu berikan.

Feedback ini kemudian akan menjadi bahan untuk melakukan evaluasi, pengembangan produk, koreksi strategi pemasaran, dan banyak proses pengembangan lain dalam segi produk dan bisnis secara umum.

4. Apresiasi yang Bernilai

Selain memberikan produk yang dapat menyelesaikan masalah yang dimiliki pelanggan, kamu juga bisa memberikan apresiasi pada pelanggan setia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang sebelumnya ditetapkan.

Langkah sederhana ini bisa membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan brand dan produk, sehingga lambat laun kesetiaannya akan tumbuh. Ingat, kamu harus menghitung secara cermat untuk bentuk apresiasi ini, jangan sampai menjadi pos pemborosan dalam bisnis.

5. Menggunakan Model CRM

Selama dirasa perlu, penggunaan CRM atau customer relation management juga bisa menjadi opsi yang berguna untuk menumbuhkan customer relation yang berkualitas. Sistem ini bisa membantu kamu dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, sehingga pengalaman yang didapatkan pelanggan semakin baik dari waktu ke waktu.

Berikan Pengalaman Terbaik di Setiap Titik Transaksi

Customer relation

Kamu dapat memberikan pengalaman terbaik di setiap titik transaksi yang tersedia dengan menggunakan sistem terintegrasi yang solid. Misalnya saja, dengan penggunaan point of sales yang berkualitas, yang dapat melayani setiap pembelian dan transaksi di platform yang disediakan.

Sistem yang mudah membantu pelanggan melakukan transaksi yang efektif, sehingga tidak banyak waktu terbuang untuk urusan ini. Selain pengalaman pelanggan yang baik, di waktu yang sama kamu juga bisa memperoleh pencatatan yang akurat atas pembelian, feedback, hingga perubahan stok di gudang.

Baca juga: Bangun Bisnis yang Sehat, Coba Praktikkan 8 Tips Ini! 

iSeller hadir menjadi solusi untuk kebutuhan point of sales yang berkualitas, solid, dan terintegrasi. Dengan dukungan sistem canggih yang dimiliki, kamu bisa mengelola banyak titik penjualan dalam satu aplikasi yang praktis.

Optimasi strategi customer relation akan menjadi semakin maksimal output-nya dan membawa keuntungan jangka panjang untuk bisnis. Transaksi yang terjadi semakin cepat, praktis, dan mudah, sehingga pelanggan merasa puas dan semakin terhubung dengan brand Anda. COBA GRATIS sekarang untuk setiap fitur yang ditawarkan, dan mari berkembang bersama kami!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.