5 Ide dan Peluang Bisnis Kuliner, Jangan Lupa Baca Tipsnya! - iSeller Blog

5 Ide dan Peluang Bisnis Kuliner, Jangan Lupa Baca Tipsnya!

peluang bisnis

Jika berbicara mengenai peluang bisnis, memang tidak akan ada batasnya. Selama kreativitas dan mata cukup jeli untuk menguliknya, peluang ini ada hampir di setiap sektor. Salah satu sektor bisnis yang tidak memiliki musim atau cenderung everlasting adalah bisnis kuliner atau restoran.

Kenapa begitu?

Karena restoran pada dasarnya menyediakan kebutuhan utama manusia, yakni makanan dan minuman. Jadi selama manusia membutuhkan dua hal ini, maka restoran yang kamu buka akan tetap laku dan memiliki pelanggan.

Pertanyaannya kemudian, peluang bisnis kuliner apa yang saat ini terbuka di Indonesia dan bisa jadi bisnis jangka panjang yang menguntungkan?

Baca juga: 9 Kelebihan Online Ordering untuk Bisnis, Siap Mencobanya?

Ragam Jenis Bisnis Kuliner yang Bisa Jadi Komoditas

Peluang bisnis

Jika berbicara kuliner maka tidak akan lepas dari makanan dan minuman yang ada saat ini. Penetrasi berbagai waralaba asing yang mulai masuk ke Indonesia jelas akan jadi tantangan. Tapi kamu bisa memanfaatkan berbagai peluang yang terbuka pada makanan-makanan lain, jika tidak ingin turut memanfaatkan franchise yang sudah ada.

1. Aneka Olahan Daging Ayam

Well, olahan daging ayam sepertinya akan terus menjadi komoditas bisnis yang tidak lekang dimakan zaman. Mulai dari ayam goreng, ayam bumbu, ayam geprek, hingga ragam olahan yang menggunakan bahan dasar daging kaya protein ini bisa jadi opsi yang menarik.

Jika perlu keunikan, kamu sebenarnya bisa mengangkat olahan khas berbagai daerah di Indonesia. Atau bahkan kamu bisa membuka usaha kuliner serba ayam, yang menawarkan masakan ayam dari Sabang hingga penjuru Merauke, dengan spektrum rasa yang benar-benar beragam.

2. Kopi

Mungkin sekarang sudah terdengar cukup membosankan, tapi nyatanya bisnis kopi masih jadi salah satu bisnis yang terus mengalami geliat dan perkembangan. Kamu bisa membangun jaringan bisnis kopi dengan kualitas biji kopi yang terkontrol, sehingga bisa menyajikan kopi kekinian dengan rasa unik.

Jika memang benar-benar mentok soal produk kopi dan kombinasi rasanya, kamu juga bisa memadukan kopi yang dijual dengan berbagai makanan lainnya, atau suasana lain yang bisa dinikmati di gerai yang kamu punya.

3. Dessert Box

Apa kebiasaan orang Indonesia yang mirip dari ujung hingga ke ujung pelosok negeri? Salah satu jawabannya adalah budaya selebrasi. Di sini, kamu bisa memanfaatkan kebiasaan tersebut dan membuat produk dessert box menarik untuk setiap momen.

Pasar yang terbuka pada kebiasaan memberi hadiah ini potensinya jelas besar. Lagipula, ketika akan memberikan hadiah, seseorang cenderung tidak terlalu mempertimbangkan harga bukan? Selama kamu bisa menyediakan produk yang secara visual menarik dan rasanya lezat, sisanya tinggal diserahkan pada proses delivery pesan lewat marketing.

4. Warung Nasi

Tidak banyak yang sadar bahwa omzet dari bisnis warung nasi sebenarnya sangat menggiurkan. Meski terlihat sederhana dan bersahaja, seporsi makanan dengan sayur dan minuman bisa dihargai sekitar Rp25.000 hingga Rp30.000-an. Kalikan saja dengan jumlah penjualan jika kamu mendapat lokasi yang sangat ciamik.

Meski demikian, kamu bisa memasukkan unsur kekinian di dalamnya. Mulai dari sistem pembayaran digital, kemudian pemesanan yang dapat dilakukan langsung lewat smartphone, hingga pada layanan pesan antar yang siap sedia. Meski jelas, warung nasi tetap akan mengandalkan rasa dari setiap masakan yang disediakan sebagai jangkar dari semua yang ditawarkannya.

5. Restoran Hobi

Peluang bisnis untuk membuka restoran hobi sebenarnya sudah cukup banyak dimanfaatkan oleh beberapa orang. Misalnya saja, restoran dengan tema manga atau anime, restoran dengan tema olahraga, atau restoran tematik lain yang ada sekarang.

Potensinya jelas besar, ketika kamu berhasil men-deliver pesan dari restoran dan tema yang diangkat. Tapi tantangannya adalah pada segmen pasar yang bersifat niche, dan harus benar-benar fokus untuk kegiatan marketing yang dilakukannya.

Sekilas Tips untuk Memulai dan Mengoptimalkan Peluang Bisnis Restoran

Peluang bisnis

Lakukan Riset

Apapun bisnis yang ingin coba kamu geluti, pastikan semua didasarkan pada hasil penelitian dan pengamatan. Langkah awal ini penting supaya kamu bisa memetakan peluang yang ada, tantangan yang harus dihadapi, dan kondisi pasar sekarang ini yang bisa disasar dan menjadi mangsa empuk untuk bisnismu.

Lokasi Bisnis

Memang tips kedua ini cenderung klasik, tapi tempat yang tepat bisa memberikan dorongan yang dibutuhkan bisnis untuk bisa mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, pikirkan dengan baik pemilihan lokasi penjualan. Hal ini berlaku dalam bentuk offline dan online, jika tempat berjualan tepat, maka pelanggan akan cenderung lebih mudah mendatangi bisnismu.

Pastikan Produk Berkualitas

Mulai dari bahan baku, pengemasan, penyajian, cara memasak, dan pengiriman produk, pastikan semua memiliki standar yang jelas. bisnis kuliner secara langsung akan bertujuan untuk memuaskan pelanggan dari dalam, dari apa yang mereka makan. Dengan produk makanan dan minuman berkualitas, kamu bisa menyentuh sisi terdalam pelanggan.

Pengalaman Pelanggan

Sebenarnya poin keempat ini akan cukup luas cakupannya. Mulai dari kondisi gerai atau restoran yang bersih, kemudian peralatan makan yang juga terjaga higienitasnya, suasana restoran yang mendukung, hingga pelayanan seluruh staf yang benar-benar sudah terkonsep dan memiliki SOP, menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan. Bisnis kuliner tidak hanya terkait rasa makanan dan minuman saja, tapi pengalaman yang didapat ketika pelanggan datang dan menyantap makanannya.

Sistem yang Solid

Terakhir adalah untuk memastikan semua sistem solid dan bisa berfungsi dengan baik. Pengelolaan pesanan ,proses memasak, hingga ke penyajian ke pelanggan, wajib di-manage dengan sempurna sehingga tidak ada kesalahan.

Baca juga: Mengenal Sistem Self Service dan 5 Keuntungannya

Memanfaatkan peluang bisnis harus selalu dilakukan dengan cermat dan penuh perhitungan. Bukannya mengesampingkan momentum, tapi semua yang dilakukan dengan rencana jelas akan memberikan kesempatan lebih besar untuk sukses.

Nah untuk mendukungmu dalam memanfaatkan peluang bisnis di bidang kuliner ini, kamu juga bisa menggunakan sistem pengelolaan penjualan dari iSeller. Dengan POS System dari iSeller yang dapat membantu pengelolaan bisnis kuliner dan restoran, semua urusan transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Belum lagi dengan kemampuan terintegrasi pada layanan online ordering seperti misalnya GoFood dan GrabFood, membuat sistem yang disediakan semakin fleksibel. Sistem ini juga terintegrasi dengan stok serta pengaturan shift kerja dari staf, sehingga membantu optimasi pengelolaan bisnis secara keseluruhan. Ajukan COBA GRATIS sekarang, dan manfaatkan semua fitur yang disediakannya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading