4 Tips Bikin Daftar Menu Digital Kekinian yang Fungsional - iSeller Blog

4 Tips Bikin Daftar Menu Digital Kekinian yang Fungsional

daftar menu

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu model yang everlasting dan tidak mengenal musim. Tidak heran jika peminatnya besar, dan pelaku industrinya cenderung inovatif supaya bisa menyajikan kebaruan dan kenyamanan untuk pelanggan. Salah satu inovasi yang muncul belakangan ini adalah daftar menu digital, yang bisa dipindai dengan QR Code sehingga memudahkan pemesanan.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat menu digital ini? Apakah sulit dan perlu aplikasi atau sistem yang canggih?

Sebenarnya untuk membuat menu digital sendiri, cara yang harus kamu lakukan tidaklah sulit. Sekilas akan disajikan cara sederhana membuatnya, dan kemudian tips membuat daftar menu digital untuk restoran agar menarik dan mudah digunakan.

Baca juga: Cara Daftar Google AdSense dan 5 Keuntungannya untuk Bisnis

Cara Membuat Menu Digital Praktis

Daftar menu

Banyak cara yang bisa dipakai untuk membuat daftar menu digital. Salah satunya adalah cara yang disajikan di bagian ini.

Pertama, Siapkan Daftar Menu yang Kamu Punya

Untuk persiapan pertama adalah daftar menu yang akan dijadikan bentuk digitalnya. Siapkan nama hidangan yang akan dimasukkan, harga, dan foto produk yang menarik yang merepresentasikan produk yang akan kamu jual. Informasi lain seperti jumlah kalori, bahan organik, atau nilai gizi bisa juga ditambahkan.

Rangkum semua di lembar dokumen, dan pastikan semua informasinya detail.

Kedua, Buat Desain Menu Menggunakan Platform Digital

Salah satu platform yang digunakan adalah Canva. Platform ini memungkinkan kamu berkreasi dengan bebas, dengan biaya yang cenderung terjangkau. Bahkan untuk banyak desain yang disediakan, kamu bisa memanfaatkannya dengan gratis.

Pilih desain yang kamu inginkan, drag and drop materi yang ingin kamu masukkan. Masukkan semua informasi yang sudah disiapkan sebelumnya, terkait nama sajian, harga, foto produk, jumlah kalori, dan semua informasi yang ingin dimasukkan.

Ketiga, Buat QR Code

Setelah desain yang dibuat selesai, kamu siap untuk membuat desain ini bisa diakses siapa saja. Caranya dengan menggunakan QR Code. Kamu bisa mencoba menggunakan situs qrcode-monkey.com untuk mencoba membuat menu digital ini.

Ikuti langkah yang ada pada situs tersebut, dan hasilkan QR Code yang mengarah pada daftar menu digital yang sudah kamu buat sebelumnya.

Keempat, Cetak Lembar QR Code

Setelah semua disiapkan, kamu bisa mencetak QR Code tersebut di lembar yang bisa dipindai dengan mudah oleh pelanggan. Letakkan di titik-titik strategis atau setiap meja yang kamu punya di gerai, dan tunggu pesanan masuk melalui hasil pemindaian ini.

Kamu juga bisa membuatnya secara digital dengan mencantumkannya di media sosial atau situs resmi yang kamu punya.

Bukan hal yang sulit bukan?

4 Tips Agar Daftar Menu Digital Menarik dan Optimal

Daftar menu

Daftar menu digital tidak hanya harus menarik untuk pelanggan, tapi juga mudah digunakan. Bahkan lebih baik lagi, jika daftar menu ini juga diintegrasikan dengan sistem pemesanan yang solid, jadi pelanggan bisa langsung memesan setelah melihat menu yang kamu sediakan.

Untuk tips agar daftar menu tersebut menarik dan mudah digunakan oleh pelanggan dalam memenuhi urusannya, kamu bisa lihat poin singkatnya di bawah ini.

  • Cari referensi yang tepat. Membuat daftar menu digital sebaiknya disesuaikan dengan value yang dimiliki oleh bisnis yang dijalankan. Keselarasan tema, tone menu yang dibuat, dan kesan yang dirasakan oleh pelanggan bisa membantu mereka dalam membuat image dari brand bisnis yang kamu punya.
  • Pastikan mudah dibaca. Menarik memang jadi poin penting. Tapi ingat, fungsi utama dari daftar menu yang kamu buat tetap akan pada memudahkan pelanggan untuk bisa tahu sajian apa yang dipesan. Jadi pastikan menu yang dibuat mudah dibaca, dengan font yang sederhana, ukuran yang tepat, dan pengaturan posisi yang baik.
  • Menu interaktif. Sangat baik jika kamu bisa membuat menu digital yang disajikan ini menjadi menu yang interaktif. Interaktif dalam artian pelanggan bisa melakukan aksi yang sudah disiapkan sebelumnya. Misalnya, ketika mengklik sebuah menu akan tampak nilai gizi, jumlah kalori, atau bahan yang digunakan. Atau mungkin saja modifikasi menu untuk topping atau bumbu tambahan, sehingga apa yang dipesan benar-benar sesuai dengan yang ingin disantap.
  • Integrasikan dengan fitur order. Kamu bisa mengintegrasikan dengan fitur pemesanan sehingga pelanggan bisa langsung memesan sajian yang diinginkannya. Semua akan terdata dengan baik, dan pesanan bisa diproses secara langsung.

Baca juga: Bagaimana Cara Menerapkan Sistem Manajemen Mutu dalam Bisnis?

Jika kamu benar-benar ingin membuat daftar menu digital yang berkualitas, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan sistem penjualan, kamu bisa menggunakan produk Digital Kiosk dari iSeller. Produk ini bisa membantu kamu menyajikan daftar menu digital yang jelas, interaktif, dan terintegrasi dengan sistem penjualan, sehingga pesanan yang dimasukkan oleh pelanggan bisa langsung diproses. iSeller bisa membantu bisnismu untuk menyajikan display yang eye-catching, tapi tanpa mengesampingkan fungsi utamanya. Jadi, segera gunakan iSeller dengan mengajukan COBA GRATIS sekarang, untuk melihat perannya di dalam bisnis yang kamu punya.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading