Tips dan Trik Anti Gagal untuk Meningkatkan Sales di Retail Store - iSeller Blog

Tips dan Trik Anti Gagal untuk Meningkatkan Sales di Retail Store

retail store

Bisnis retail store di Indonesia menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati, terutama retail dengan sistem waralaba yang bisa memberikan keuntungan maksimal. Ada banyak sekali tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung retail store kamu, lho. Penasaran, kan?

Bisnis retail atau disebut dengan pengecer adalah aktivitas penjualan barang dan jasa langsung kepada konsumen akhir dalam jumlah satuan (eceran). Contoh bisnis retail yang cukup menjanjikan adalah bisnis retail sembako, fashion, buah dan sayur, hingga alat kesehatan, dan masih banyak lagi lainnya. 

Bisnis retail menawarkan keuntungan yang besar, namun dengan tantangan yang kompleks pula. Kamu bisa melihat salah satu contohnya adalah perubahan cara konsumen dalam berbelanja. Perkembangan digital membuat kebanyakan konsumen jadi lebih nyaman untuk berbelanja dari rumah, sehingga retail store mulai sepi pengunjung. Lantas, bagaimana solusinya?

Pentingnya Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Retail Store

retail store
Sumber: Freepik

Penjualan memegang peranan yang sangat penting dalam bisnis retail, sebab ada produk yang harus dijual dan pebisnis membutuhkan pendapatan berlaba optimal untuk menjaga keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Dengan adanya peningkatan penjualan, maka omset pun akan menjadi naik, bahkan memungkinkan kamu meraih keuntungan berkali lipat. Peningkatan angka penjualan kemudian akan mendorong bisnis semakin berkembang. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika bisnis retail store kamu bisa menguasai pasar sebagai market leader.

Perkembangan bisnis memerlukan upaya untuk menambah modal dan juga meningkatkan persaingan dengan kompetitor lain. Lambat laun, kamu akan memerlukan tambahan karyawan retail sehingga lapangan pekerjaan baru pun akan dibuka.

Baca juga: Bangun Brand Identity yang Kuat, dan Dapatkan 6 Manfaatnya!

Bagaimana Cara Meningkatkan Sales di Retail Store?

retail store
Sumber: Freepik

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan performa usaha, salah satu caranya adalah dengan cara menaikkan sales di retail store. Berikut ini adalah tips dan trik untuk meningkatkan penjualan retail yang perlu kamu pelajari:

  1. Utamakan kualitas produk dan pelayanan untuk menumbuhkan brand loyalty atau kepercayaan pelanggan sehingga mereka tetap memilih produk dan jasa yang kamu tawarkan, termasuk ketika terjadi perubahan harga. 
  2. Gunakan strategi penentuan harga yang tepat. Ketika membeli dan menetapkan harga produk, pastikan kamu mempertimbangkan biaya barang dan toko retail kamu dapat memperoleh keuntungan pada titik harga tersebut. Harga produk kamu harus kompetitif, tetapi tetap harus menguntungkan. Pada akhirnya, harga yang tepat merupakan harga yang bersedia dibayar oleh pelanggan untuk produk tersebut.
  3. Ciptakan suasana belanja yang nyaman bagi para pelanggan.
  4. Untuk mempercepat peningkatan penjualan, lakukan promosi supaya semakin banyak yang mengetahui produk kamu (brand awareness). Supaya target pasar meluas, manfaatkan semua media pemasaran, dan optimalkan seluruh platform serta media online.
  5. Lakukan buzz marketing, dengan cara selalu menyebarkan perkembangan toko kamu kepada pelanggan melalui sosial media, email champaign, atau artikel liputan gratis di media online. Buatlah acara promosi yang unik untuk menghasilkan buzz tentang toko kamu.
  6. Terapkan strategi up selling yang efektif untuk mempertahankan pelanggan lama. Caranya adalah mendorong pelanggan membeli produk yang lebih mahal dengan kualitas lebih baik, dan menawarkan produk lain yang berkaitan dengan produk yang pelanggan beli. 
  7. Atasi persaingan dengan kompetitor dengan cara melakukan riset siapa kompetitornya, menunjukkan keunikan dan keunggulan bisnis kamu.
  8. Sebagai orang yang bergerak di bisnis retail store, usahakan untuk memiliki informasi kontak pelanggan seperti alamat email untuk memberikan informasi mengenai paket menarik dan promo potongan harga. Informasi ini biasanya akan membuat pelanggan merasa senang dan beralih menjadi pelanggan tetap. 
  9. Berikan bukti testimoni dan review pelanggan sebagai bentuk bukti kuat kepercayaan pelanggan terhadap usaha retail kamu. Selain untuk membangun kredibilitas, testimoni juga akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pendapat pelanggan.
  10. Terapkan strategi bundling dan garansi produk.
  11. Gunakan teknologi yang tepat untuk meningkatkan performa karyawan sales.

Baca juga: Stay Connected! Ini 6 Manfaat Social Media Management

iSeller, Sistem Penjualan Retail Terbaik!

Menjalankan bisnis retail store, kamu juga perlu mengimplementasikan software POS Retail untuk membantu pengelolaan keuangan yang baik dari toko kamu, sehingga seluruh transaksi penggunaan uang bisa diawasi dan dilacak. Tentukan budget atau anggaran, sehingga kamu tahu setiap Rupiah dialokasikan ke mana dan tentunya jangan lupa untuk mengontrol persediaan, ya!

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengembangkan bisnis retail store kamu lebih maksimal dengan sistem POS omni channel terlengkap dari iSeller. Lebih dari sekadar sistem penjualan biasa, iSeller menyediakan fitur penyelesaian belanja yang fleksibel dan manajemen retail terdepan untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis retail store kamu.

Yuk, mulai bisnis kamu dengan iSeller POS Retail! Unduh sekarang dan mulailah berjualan dalam hitungan menit. Coba gratis sekarang, klik di sini.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading