Stay Connected! Ini 6 Manfaat Social Media Management - iSeller Blog

Stay Connected! Ini 6 Manfaat Social Media Management

Hampir setiap jenis bisnis dan perusahaan saat ini ingin hadir dan terus terhubung dengan pelanggan yang dimilikinya. Kegiatan ini diwujudkan dalam ranah media sosial, dan masuk dalam bagian social media management.

Mungkin perusahaan yang kamu punya juga telah menjalankan aktivitas ini, namun tidak secara penuh memahami apa arti dan manfaatnya untuk bisnis. Maka artikel ini hadir di hadapanmu, untuk menjelaskan secara rinci terkait pengertian dan manfaat social media management untuk bisnis yang kamu miliki sekarang ini.

Baca juga: Terapkan Digital Marketing pada Bisnis, Ini 7 Strateginya

Mari Mulai dengan Pengertiannya

Social media management

Secara sederhana, konsep manajemen media sosial adalah aktivitas penggunaan perangkat lunak, tools, atau layanan, untuk memudahkan pelaku bisnis dalam membagikan konten di akun media sosial yang dimilikinya.

Konten yang diunggah ke akun bisnis ini wajib memiliki konsep yang jelas dan dibuat semenarik mungkin sehingga dapat membuat pelanggan yang melihatnya merasa terhubung, tertarik, dan terpancing untuk mengetahui soal produk yang dipasarkan dan pada akhirnya membelinya.

Akun media sosial ini juga akan menjadi persona perusahaan di media sosial, yang berinteraksi dengan publiknya. Maka dari itu, pengelolaannya harus dilakukan dengan baik dan terasa organik agar dapat terus terhubung dengan pelanggan, dan mendapatkan berbagai insight baru dari pelanggan yang dimiliki untuk kepentingan bisnis di masa yang akan datang.

Manfaat Optimasinya untuk Bisnis

Social media management

Ketika kegiatan ini dilakukan dengan benar, maka bagian pemasaran digital yang kamu miliki juga akan memberikan output semakin baik. Beberapa manfaat mendasar yang bisa kamu dapatkan ketika hal ini dikelola dengan baik adalah sebagai berikut.

1. Persona Perusahaan dan Kualitasnya

Pengelolaan media sosial resmi atas nama bisnis dapat membantu kamu membentuk ‘wajah’ dan persona dari bisnis di ranah digital. Dengan berbagai konten yang diunggah, interaksi yang terjalin dengan pelanggan, dan kegiatan yang dilakukan, bisnis akan terasa lebih dekat dengan publiknya.

Membangun brand personality akan menjadi pekerjaan jangka panjang, yang terbantu dengan pengelolaan akun media sosial yang baik. Melihat pengguna media sosial yang saat ini jumlahnya sangat besar, maka social media management dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan perusahaan kini dan nanti.

2. Kanal Promosi Brand

Jumlah pengguna media sosial yang besar berarti publik yang layak dijadikan sasaran promosi brand dan produk yang Anda miliki. Semakin besar pengikut atau interaksi yang tercatat dalam akun yang kamu punya, maka semakin besar pula nilai promosi yang didapatkan.

Saat dikelola dengan baik, media sosial bisa memberikan exposure pada bisnis dan brand serta membantu aktivitas pemasaran yang dilakukan. Ini kenapa, akun bisnis wajib dikelola dengan baik karena dapat menjadi kanal yang tepat melakukan interaksi, membangun kepercayaan, dan identitas sebuah brand dan produk.

3. Meningkatkan Awareness Publik

Ketika akun bisnis yang kamu punya banyak melakukan interaksi, maka awareness publik pada perusahaan, produk, dan brand yang dikelola akan semakin tinggi. Peningkatan brand awareness ini besar nilainya untuk kemajuan bisnis.

Dampak berantai yang diharapkan adalah meningkatnya kunjungan pada akun media sosial, situs resmi, ketertarikan pada produk, dan pengambilan keputusan untuk pembelian. Memang bukan perjalanan yang cepat, tapi jika dikelola dengan baik bisa membantu bisnis menjadi lebih besar.

4. Kanal Informasi Resmi

Dengan berkembangnya bisnis, akan ada saja pihak yang tidak bertanggungjawab yang akan mengambil keuntungan pribadi dari penyebaran informasi palsu. Ketika kamu sudah mendapatkan kepercayaan publik, maka akun bisnis ini bisa menjadi kanal informasi resmi yang valid dari perusahaan.

Berbagai informasi resmi bisa dibagikan dalam akun yang kamu punya ini. Mulai dari materi promosi, produk terbaru, promo yang berjalan, campaign terkini, dan banyak lagi jenis informasi lainnya. Kamu juga bisa membagikannya secara gratis, karena akun ini adalah milikmu.

5. Tetap Terhubung dengan Pelanggan

Keintiman yang terjalin dengan pelanggan harus direncanakan, dieksekusi, dan di-maintenance dengan baik. Dengan interaksi yang baik antara brand dan pelanggan, hubungan berkualitas akan bisa kamu dapatkan.

Semakin dekat brand dengan pelanggan atau pasarnya, maka semakin besar pula tingkat loyalitas pelanggan pada produk yang disediakan. Stay connected, dan terus jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan yang kamu punya.

6. Membantu Usaha Penjualan

Peningkatan pada awareness adalah langkah pertama dari upaya peningkatan penjualan yang dilakukan. Dengan konten yang terencana, sasaran yang jelas, dan pengelolaan yang baik, social media management dapat memberikan manfaat peningkatan penjualan.

Hal ini bisa didukung dengan integrasi sistem transaksi pada akun bisnis yang kamu punya. Dengan sistem yang solid dan mudah digunakan, akun bisnismu akan berlaku sebagai ‘lapak’ untuk  menjual produk sekaligus membagikan berbagai jenis konten menarik terkait produk dan perusahaan.

Baca juga: Penerapan Omnichannel dalam Bisnis, Ini 5 Strateginya! 

Untuk urusan pengelolaan media sosial, sebenarnya kamu bisa menggunakan berbagai produk yang ada di industri sekarang. Namun jika yang kamu cari adalah platform terintegrasi yang dapat mengelola penjualan pada berbagai kanal, iSeller akan jadi jawaban yang tepat untuk urusan ini.

iSeller memiliki fitur yang dapat membantu kamu memanfaatkan media sosial sebagai tempat berjualan yang efektif. Optimasi pengelolaan akun bisnis ini, ketika dipadukan dengan sistem transaksi yang praktis, akan memberikan booster besar pada angka penjualan karena dapat segera menyelesaikan transaksi dan pembelian impulsif yang dilakukan pelanggan. Maksimalkan social media management bersama dengan iSeller, dan dapatkan setiap keuntungan fiturnya sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading