Tertarik Bisnis Franchise? 5 Bisnis Berikut Bisa Kamu Lirik! - iSeller Blog

Tertarik Bisnis Franchise? 5 Bisnis Berikut Bisa Kamu Lirik!

bisnis franchise

Bisnis memang menawarkan ragam jenis sektor yang bisa dicoba, dan setiap jenisnya memiliki tantangan dan potensinya masing-masing. Salah satu dari sekian jenis bisnis tersebut adalah franchise. Bisnis franchise menjadi salah satu jenis yang terbilang sangat menggoda untuk dijalankan di Indonesia.

Kenapa demikian?

Sebab franchise menawarkan tidak hanya produk, tapi juga sebuah sistem pengelolaan bisnis yang wajib kamu pahami saat menjalankannya. Hal ini memberikan kamu kesempatan untuk belajar dan memperdalam kemampuan pengelolaan bisnis, sehingga bisa digunakan di kemudian hari.

Lalu sebenarnya, apa saja sih bisnis franchise yang paling ‘basah’ di tahun 2023 ini? Kamu bisa cermati beberapa opsi yang tersedia di bawah ini, lengkap dengan tips yang bisa digunakan untuk memulai bisnis tersebut.

Baca Juga: 7 Langkah Solid Menyusun Marketing Plan untuk Restoran

Ragam Opsi Menarik untuk Bisnis Franchise

Bisnis franchise

1. Bisnis Ayam Goreng

Seperti yang kamu tahu secara jelas, bahwa banyak sekali franchise ayam goreng yang ada saat ini. Hal tersebut berarti pasar untuk bisnis ini masih cukup besar dan menarik untuk dicoba, karena siapa sih yang tidak suka ayam goreng tepung dengan nasi panas atau kentang goreng?

Beberapa franchise yang cukup menarik untuk dicoba adalah Ayam Goreng Pak Gembus, Sabana Fried Chicken, dan berbagai brand lain yang ditemui dengan mudah di pasar.

2. Bisnis Restoran Lele

Pernahkah kamu mendengar bisnis dengan nama Lele Lela? Bisnis ini menjadi salah satu yang menarik, karena berhasil membawa warung pecel lele dengan nuansa makanan cepat saji dengan sukses. Di sana tersedia banyak sekali jenis olahan daging lele, yang tentu saja sedap dan mudah disantap tanpa harus cemas ada duri di dalam daging olahannya.

Franchise ini menjadi menarik karena harga yang ditawarkan untuk produknya tidak terlalu tinggi, sehingga bisa dijangkau banyak orang. Pecel lele juga jadi salah satu makanan paling umum yang ada di berbagai daerah bukan?

3. Bisnis Kebab

Kebab jadi jawaban atas rasa lapar yang dirasakan banyak orang tanpa mengenal waktu, dan diminati karena praktis dan memiliki isian yang beragam. Bisnis franchise kebab juga menjadi menarik karena peminatnya cukup stabil dari waktu ke waktu.

Beberapa franchise seperti Kebab Monster, Kebab Baba Rafi, dan Kabobs, menjadi opsi menarik jika kamu ingin mencoba makanan lezat khas Timur Tengah ini.

4. Bisnis Kopi Kekinian

Well, sudah terdengar klise mungkin, tapi nyatanya bisnis franchise kopi kekinian masih menawarkan pasar yang sangat luas, bahkan untuk pemain baru seperti kamu. Kopi susu dan variasinya sudah jadi semacam kebutuhan masyarakat modern, apalagi jika kamu bisa menyediakan tempat nongkrong untuk pelanggan.

Beberapa jenis franchise yang populer untuk sektor ini antara lain adalah Kopi Kenangan, Kopi Tuku, Janji Jiwa, hingga Starbucks bisa jadi opsi menarik jika perhitungan modal masih masuk budget.

5. Bisnis Toserba atau Minimarket

Indomaret, Alfamart, Family Mart, Lawson, you name it. Nyatanya minimarket atau toko serba ada modern ini sudah menjamur di hampir setiap sudut jalan, dan selalu memiliki pasar yang setia membeli produk dari sana.

Semakin menarik karena franchise ini sekarang juga menawarkan modifikasi bisnis lain, seperti makanan cepat saji, minuman cup kekinian, dan berbagai macam produk lainnya, yang menjadi daya tarik untuk pasar sekitar.

Sebenarnya masih cukup banyak bisnis franchise lain yang juga menarik untuk dicoba, seperti apotek, seputar minuman kekinian (coklat, boba milk tea, jus), logistik, bengkel, ice cream, laundry, dan lain sebagainya.

Sekilas Tips Memulai Franchise, Tidak Boleh Asal Populer!

Bisnis franchise

Untuk memilih kira-kira bisnis franchise apa yang paling tepat untuk dilakukan, kamu harus melakukan pertimbangan matang. Tidak hanya tentang produk yang ditawarkan, tapi ada atau tidaknya pasar untuk produk dari franchise tersebut.

Ada lima langkah sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis tipe ini.

  • Pertama, kamu harus kenal ada saja peluang yang ada di sekitarmu, apa yang kira-kira dibutuhkan masyarakat atau pasar yang kamu sasar, dan bagaimana peta persaingan pada produk sejenis yang sudah ada sekarang.
  • Kedua, pastikan kamu menghitung dengan cermat modal yang dibutuhkan untuk memulai franchise yang ada. Untuk urusan ini, pemisahan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi harus dilakukan dengan disiplin, tanpa ada kelonggaran demi pencatatan keuangan yang lebih sehat.
  • Ketiga, pastikan apa-apa saja yang akan disediakan oleh franchise tersebut untuk partner barunya. Hal ini penting supaya kamu tahu apa saja yang harus diadakan sendiri, dan berapa total biaya yang diperlukan.
  • Keempat, analisis dulu prospek dari franchise yang akan kamu pilih. Meski terkenal, franchise tidak selalu jadi pilihan yang tepat untuk semua orang. Ada value tertentu yang dimiliki franchise, yang harus dipahami dan disesuaikan dengan value kamu sendiri.
  • Kelima, cari lokasi terbaik dari segi harga dan posisi, karena dalam hal ini posisi akan menentukan ‘prestasi’ franchise yang kamu jalankan.

Baca Juga: Lebih Jauh Tentang Industri F&B Services, Cermati di Sini! 

Jadi bagaimana menurutmu? Setelah membaca beberapa opsi bisnis franchise yang menarik di tahun 2023 ini, dan sederet tips memulainya, apakah kamu tertarik?

Yang harus selalu dipastikan adalah bahwa bisnis franchise wajib dikelola dengan baik sehingga bisa membuahkan pendapatan yang optimal. Untuk sistem bisnis sendiri idealnya kamu bisa mengikuti panduan dari pemilik franchise, tapi untuk mengoptimalkan operasional di dalam bisnis, POS System dari iSeller bisa menjadi jawabannya. Dengan fitur lengkap dan penggunaan yang mudah terintegrasi dengan berbagai jenis sistem, iSeller bisa membantu optimasi kegiatan bisnis dari segi pengelolaan persediaan, pencatatan penjualan, pembagian shift kerja karyawan, hingga pada penggunaan menu digital. Segera cermati lebih jauh tentang bisnis ini, dan pastikan iSeller yang jadi opsi utama untuk sistem internalnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading