5 Alasan Kenapa POS System Dipakai di Restoran Cepat Saji - iSeller Blog

5 Alasan Kenapa POS System Dipakai di Restoran Cepat Saji

restoran cepat saji

Point of sales, menjadi sebuah sistem yang semakin awam dipakai di berbagai sektor industri. Salah satu sektor yang menggunakan sistem ini adalah pada restoran cepat saji. Tentu saja, penggunaannya bukan tanpa alasan, karena optimasi sistem ini benar-benar bisa membawa banyak benefit untuk bisnis.

Jika restoran cepat saji yang kamu punya belum menerapkan POS System dalam operasionalnya, mungkin kamu bisa lihat setidaknya lima benefit yang bisa diberikan sistem ini. Dilanjutkan dengan tips sukses pengelolaan restoran jenis ini, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Yuk Kenalan dengan 7 Jenis Invoice Tagihan dan Fungsinya!

5 Alasan Penggunaan POS System pada Restoran Cepat Saji

Restoran cepat saji

1. Pengelolaan Menu Modern

Dengan menggunakan POS System, kamu bisa dengan mudah menciptakan daftar menu yang modern dan kekinian. Menu ini disajikan dalam bentuk virtual, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan secara langsung.

Di sisi lain, kamu juga bisa mengatur agar menu yang tidak tersedia disembunyikan atau diletakkan di urutan paling bawah dengan keterangan tertentu. Hal ini berguna agar pelanggan tidak perlu mengulangi proses pemesanan, ketika menu yang diinginkannya tidak tersedia saat itu.

Kapan saja kamu bisa mengelola menu virtual dari perangkat yang tersedia dan terhubung dengan database, untuk melakukan update terbaru soal menu yang ada.

2. Terkait Manajemen Meja

Untuk pengelolaan langsung di restoran cepat saji yang kamu punya, sistem ini juga bisa membantu manajemen meja. Akan bisa dibuat peta tata letak meja di perangkat lunak yang kamu pakai, sehingga pelayanan yang diberikan bisa dikelola dengan baik lewat server.

Plotting staf yang mengantarkan makanan dan melayani pemesanan dapat segera dilakukan dengan komunikasi dan koordinasi efektif, sehingga tidak perlu ada pelanggan yang menunggu terlalu lama untuk mendapatkan makanannya.

Dari server, status meja yang sudah dilayani akan diberi warna berbeda sehingga risiko kesalahan pengantaran pesanan bisa dikurangi secara drastis.

3. Catatan Laporan Penjualan

POS System yang digunakan di restoran cepat saji kamu tidak hanya mengelola menu, pemesanan, dan manajemen meja atau pelayanan, tapi juga mencatat setiap pesanan yang masuk dan menghitungnya sebagai penjualan secara akurat.

Pada beberapa jenis POS System bahkan pelanggan bisa langsung memesan di tempatnya duduk, dan pesanan secara langsung akan tercatat ke dalam sistem sebagai transaksi tertunda. Baru kemudian setelah dibayarkan, transaksi akan tercatat sebagai transaksi yang selesai.

4. Memudahkan Pembayaran

Jelas salah satu alasan kenapa kamu harus menggunakan POS adalah karena sistem ini dapat mengakomodir banyak sekali metode pembayaran yang mungkin digunakan oleh pelanggan. Jangan salah, kenyamanan dalam pembayaran memegang peran penting dalam meningkatkan kenyamanan pelanggan yang datang.

Mulai dari penggunaan dompet digital, pembayaran dengan kartu kredit, pembayaran dengan kartu debit, hingga penggunaan virtual account, semua bisa diakomodir dengan mudah dengan biaya administrasi yang cenderung kecil.

Tanpa perlu adanya perhitungan manual, semua menu yang terkonfirmasi dipesan dan sudah disajikan akan muncul secara otomatis pada mesin kasir, sehingga dapat dihitung dan dibayar dengan akurat.

5. Pengelolaan Shift Kerja Karyawan

Satu hal yang pasti akan merepotkan dalam mengelola restoran cepat saji adalah pada pembagian shift karyawan dan perhitungannya. Memang bisa saja hal ini dilakukan secara manual. Tapi, hal ini akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga membuat kamu membuang banyak waktu.

POS System yang handal bisa dengan mudah membagi shift kerja karyawan yang kamu punya, hingga menghitung secara detail jam kerja yang telah dihabiskan oleh karyawan. Pada waktu yang sama, pencatatan presensi masuk dan keluar, serta lembur juga dapat dihitung dengan sangat akurat.

Sangat membantu bukan?

Lalu ini Tips Mengelola Restoran Cepat Saji yang Bisa Kamu Gunakan

Restoran cepat saji

Mengelola bisnis selalu membuat kamu berhadapan dengan banyak tantangan. Tapi untuk restoran cepat saji, berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

  • Pertama, pastikan kamu merekrut karyawan dengan metode yang tepat, dan memperoleh orang yang tepat. Hal ini bisa membantu mengurangi tingkat turnover dan pembengkakan biaya rekrutmen dalam jangka waktu yang panjang.
  • Kedua, berikan pelatihan untuk dapat melayani pelanggan dengan baik. Ingat, bisnis restoran cepat saji tidak sekedar fokus pada makanan dan minuman, tapi juga pada pelayanan yang diberikan setiap staf. Dari pelanggan masuk ke restoran, hingga pelanggan meninggalkan restoran. Pastikan mereka mendapat pengalaman terbaik.
  • Ketiga, pastikan restoran selalu dalam keadaan bersih sesaat setelah pelanggan meninggalkan mejanya. Kebersihan dan keamanan di dalam restoran harus jadi prioritas, sehingga setiap pelanggan selalu merasa nyaman saat datang ke tempatmu.
  • Keempat, gunakan POS System yang tepat dan handal. Pastikan sistem POS yang kamu gunakan memiliki fitur dasar dan fitur tambahan yang bisa digunakan, sehingga bisa membantu mengoptimalkan kerja setiap bagian dan restoran secara umum.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Perlu Melakukan Manajemen Stok Barang?

Mengelola restoran cepat saji memang membutuhkan dukungan dari banyak komponen. Tapi yang pasti, kamu bisa mempercayakan POS System handal dari iSeller. POS System dari iSeller memiliki banyak spesialisasi penggunaan, salah satunya di bisnis F&B. dengan sistem yang solid dan mudah digunakan, onboarding karyawan dan pelanggan dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Segera kunjungi bagian layanan pelanggan kami sekarang, dan gunakan iSeller untuk mendukung restoran kamu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading