9 Strategi Content Marketing Praktis  yang Patut Kamu Coba - iSeller Blog

9 Strategi Content Marketing Praktis  yang Patut Kamu Coba

content marketing

Teknik marketing tradisional yang bertumpu pada hard selling, dianggap kurang relevan untuk karakteristik konsumen saat ini. Hanya dengan menyodorkan produk saja, justru membuat konsumen merasa bosan dan sudah bisa menebak arah pemasarannya.  Sedangkan saat ini, konsumen jauh lebih tertarik dengan suguhan pemasaran yang mengedukasi tentang produk. Jadi, content marketing adalah solusinya!

Content marketing ini bisa diartikan sebagai sebuah strategi marketing yang fokus dalam memproduksi dan menyalurkan konten yang relevan dan secara konsisten, dengan tujuan  untuk lebih menarik dan mendapatkan pelanggan yang mampu menghasilkan keuntungan pada bisnis.

Saat ini, sudah banyak pelaku bisnis yang mulai paham akan pentingnya content marketing dalam strategi marketing bisnis mereka. Ada beberapa alasan penting mengapa content marketing penting sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Pentingnya Content Marketing bagi Bisnis

content marketing
Sumber: Freepik

Alasan yang pertama adalah untuk kebutuhan dalam meningkatkan brand awareness dari customer atau pelanggan baru. Lebih dari itu, fungsi dari pembuatan content marketing tidak hanya berfokus pada brand awareness saja, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan konversi bisnis. Untuk merealisasikan hal itu, kamu perlu untuk melakukan riset terkait kompetitor bisnis, lalu merancang strategi konten yang tepat dengan menargetkan user yang sesuai dengan ceruk bisnis dan keyword utama kamu.

Kemudian alasan yang berikutnya adalah karena pemasaran konten juga dapat digunakan sebagai parameter utama untuk dapat mengoptimasi serta meningkatkan traffic pada website secara signifikan. Teknik yang bisa digunakan salah satunya adalah memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization).

Baca juga: 6 Tips Simpel Menaikkan Repeat Order

Lantas, strategi seperti apa yang bisa digunakan untuk membuat content marketing?

Strategi Content Marketing Yang Bisa Digunakan

content marketing
Sumber: Freepik

Ada banyak strategi yang bisa digunakan jika kamu ingin membuat content marketing untuk bisnis kamu. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Blogging: Unggahan di blog bisa berupa teks, gambar, video atau kombinasi dari ketiganya.
  2. Blog tamu: Kalau kamu tidak tertarik untuk hosting blog sendiri, kamu bisa membuat konten untuk blog lain. Tapi ini mengharuskan kamu untuk melakukan riset dan mengidentifikasi blog yang selaras dengan merek kamu, dengan pengikut yang aktif dan terlibat. Selain itu, kamu juga harus siap untuk pitch posting kamu ke pemilik blog
  3. Infografis: Jika bisnis kamu sangat berorientasi pada statistik atau melibatkan penggunaan informasi yang rumit, maka strategi content marketing menggunakan infografis adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi.
  4. Video: Jika kamu akan menggunakan video sebagai strategi content marketing, maka harus direncanakan dan dieksekusi dengan baik. Pastikan kualitas video bagus, dan tidak terlalu panjang. 
  5. Video Siaran Langsung atau Live Streaming: Jenis konten video ini berbeda dengan video lainnya karena biasanya akan dipusatkan pada peristiwa atau peristiwa tertentu. Pastikan bahwa video kamu berkualitas baik serta koneksi internet kamu lancar, ya!
  6. Podcast: Kalau kamu tidak memiliki anggaran untuk membuat video atau tidak nyaman berada di depan kamera, maka kamu dapat membuat podcast. Ini adalah bentuk konten audio saja yang bisa digunakan untuk mendidik, menginformasikan, atau menghibur audiens. Coba, deh!
  7. Testimonial: Strategi content marketing ini sangat cocok digunakan untuk bisnis yang menawarkan produk atau layanan tertentu. Jangan lupa pastikan testimonial kamu merujuk pada manfaat spesifik yang diperoleh dari penggunaan produk atau jasa dari bisnis kamu.
  8. Studi Kasus: Content marketing yang satu ini berbeda dari testimonial karena ditulis dalam konteks dan format yang lebih resmi. Studi kasus ini sangat bagus untuk bisnis baru dengan fokus layanan. 
  9. Konten Buatan Pengguna: Kamu bisa mengundang pelanggan potensial untuk membuat dan bagikan konten atas nama bisnis kamu, biasanya dilakukan dengan cara endorse. Kamu bisa mengundang mereka untuk membuat demonstrasi produk, ulasan, atau posting tentang seberapa besar mereka menyukai produk atau layanan kamu.

Baca juga: Bingung Mencari Ide Promo Penjualan? Coba Lihat 8 Poin Ini!

Pilih Strategi yang Paling Tepat, dan Segera Eksekusi!

Melakukan strategi content marketing memang memakan waktu, kreativitas dan juga energi. Namun usaha itu akan terbayar dengan kesuksesan, kok! Kamu bisa membangun seluruh fondasi perencanaan content marketing dengan menggunakan alat-alat yang tepat dan menyiapkan berbagai strategi lewat cara-cara di atas.

Tapi jika kamu ingin lebih sukses, maka kamu tidak hanya bisa memanfaatkan strategi marketing yang tepat saja. Kamu juga harus memastikan operasional bisnis kamu lancar, termasuk proses penjualan dan pembayaran, inventori, hingga pembukuan keuangan, dan lain sebagainya.

Supaya lebih mudah dalam melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan iSeller dengan berbagai fiturnya yang unggul dan praktis. Kamu bisa COBA GRATIS produk iSeller sekarang, untuk menikmati segala kemudahan dan manfaatnya. Yuk, kembangkan bisnis kamu bersama iSeller, dan optimalkan setiap langkah strategis yang kamu punya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading