5 Manfaat Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk Bisnis Kamu

Dalam menjalankan bisnis apapun, aplikasi pembukuan keuangan bisa menjadi salah satu fundamental yang menawarkan banyak manfaat. Kalau kamu saat ini sedang menjalankan bisnis, maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja manfaat dari aplikasi pembukuan keuangan untuk bisnis.

Melalui artikel ini, iSeller akan membahas secara lengkap mengenai berbagai manfaat dari aplikasi untuk menyusun pembukuan keuangan. Namun sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari aplikasi pembukuan keuangan.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Pembukuan Penjualan Bagi Online Shop

Apa Itu Aplikasi Pembukuan Keuangan?

Pembukuan adalah laporan yang berisikan data transaksi keuangan baik untuk individu, organisasi, maupun bisnis. Pastinya, kamu sendiri sebagai pelaku bisnis juga memiliki pembukuan keuangan, bukan?

Hingga saat ini, sebagian besar akuntan atau pemilik bisnis masih menggunakan cara manual untuk melakukan pembukuan keuangan. Cara tersebut tidaklah salah, namun jika ada cara yang lebih efisien, setiap pemilik bisnis pasti menginginkan cara tersebut, termasuk kamu.

Untuk membuat sistem pembukuan keuangan menjadi lebih efektif, maka hadirlah aplikasi pembukuan keuangan. Singkatnya, aplikasi pembukuan keuangan adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk menyusun dan merapikan data keuangan bisnis kamu.

Apa Fungsi Aplikasi Pembukuan Keuangan?

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini kamu akan memahami 5 fungsi dari menggunakan aplikasi pembukuan keuangan, yaitu:

1. Memudahkan Pengawasan Arus Keuangan

Fungsi pertama dari aplikasi pembukuan keuangan adalah kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengawasi arus keuangan di manapun dan kapanpun. Pembukuan keuangan yang dimasukkan ke dalam sebuah aplikasi akan memudahkan pemilik bisnis untuk mengawasi arus keuangan melalui gadget apapun secara real time.

Aplikasi pembukuan keuangan juga dapat membantu kamu untuk mengawasi siapa saja yang memasukkan data ke dalam pembukuan keuangan. Dengan demikian, apabila ada kesalahan data atau ingin mengajukan pertanyaan seputar data yang dimasukkan ke dalam aplikasi pembukuan, kamu bisa langsung mengetahui siapa yang masuk dan menambahkan data di aplikasi tersebut.

2. Database Tersimpan Secara Sistematis dan Akurat

Apabila kamu menjalankan bisnis dengan skala besar, tentu saja akan ada banyak data yang dimasukkan ke dalam pembukuan dan data tersebut datang dari banyak karyawan. Data yang banyak tersebut dapat tersimpan secara sistematis dan akurat di dalam satu aplikasi pembukuan.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa memberikan akses kepada siapapun yang memiliki kewajiban untuk memasukkan segala jenis data transaksi yang terjadi. Jika dibandingkan dengan cara manual, setiap orang memiliki gaya penyampaian laporan yang berbeda-beda sehingga kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengorganisir seluruh data untuk dijadikan ke dalam 1 database.

Aplikasi pembukuan keuangan biasanya sudah menyediakan template atau format yang wajib diikuti oleh semua orang yang akan melaporkan data keuangan bisnis kamu. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi, laporan pembukuan kamu akan menjadi lebih sistematis dan akurat.

3. Mengurangi Terjadinya Human Error

Tidak dapat dipungkiri, seringkali kita membuat kesalahan yang dilakukan secara tidak sadar atau tidak disengaja. Hal-hal seperti ini disebut dengan human error dan kamu harus dapat meminimalisir kejadian tersebut.

Di dalam pembukuan, human error dapat mengakibatkan hal yang fatal seperti perhitungan yang tidak tepat, salah memasukkan data, dan lain sebagainya. Apabila pembukuan yang kamu miliki tidak akurat, maka hal tersebut tentu akan berdampak pada perkembangan bisnis ke depannya.

Dalam membuat pembukuan, cara manual memiliki potensi yang besar terhadap risiko terjadinya human error. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pembukuan yang dapat membantu mengurangi terjadinya human error

4. Dapat Menyimpan Banyak Data

Pembukuan yang dibuat secara manual seperti menggunakan buku atau dalam bentuk digital seperti Microsoft Excel tentu memiliki batasan penyimpanan data. Lain halnya dengan penggunaan aplikasi pembukuan. Aplikasi pembukuan memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar sehingga bisa memuat laporan transaksi dalam periode waktu tahunan.

Beberapa aplikasi pembukuan biasanya memiliki fitur penyimpanan data di sistem cloud. Oleh karena itu, aplikasi pembukuan dapat menyimpan data bisnis kamu dalam jumlah yang banyak sekalipun.

5. Sistem Keamanan Terjamin

Fungsi terakhir dari menggunakan aplikasi pembukuan keuangan adalah sistem keamanannya sudah terjamin. Maksud dari sistem keamanan yang terjamin adalah seluruh data keuangan kamu disimpan rapat di dalam aplikasi dan dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan seperti password, data authentication, dan banyak lagi.

Dalam menjalankan bisnis, seluruh informasi terkait keuangan harus dijaga dengan baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan bisnis itu sendiri. Itu sebabnya, kamu perlu memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi seluruh informasi keuangan dari bisnis yang dijalankan saat ini.

Baca juga: Cara Membuat Neraca Saldo untuk Monitor Keuangan Bisnis

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan seputar berbagai manfaat aplikasi pembukuan keuangan untuk bisnis kamu. Apakah kamu tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi pembukuan?

Selain aplikasi pembukuan, saat ini banyak aplikasi atau platform yang dapat membantu memudahkan para pelaku bisnis. Salah satunya adalah software akuntansi online Accurate. Accurate merupakan software bisnis lengkap mulai dari catat penjualan, inventory, hingga menyajikan laporan.

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: