Kian Populer, Bisnis Kopi Kekinian Cukup Menjanjikan Lho! - iSeller Blog

Kian Populer, Bisnis Kopi Kekinian Cukup Menjanjikan Lho!

bisnis kopi kekinian

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya, apakah bisnis kopi menjanjikan? Ya, tentu saja! Peluang usaha bisnis kopi kekinian saat ini sedang trend di Indonesia. Konsep dari bisnis kopi ini bisa dimulai dengan berbagai konsep yang sederhana, namun tetap menguntungkan.

Misalnya konsep dengan jualan kopi online, kedai kopi, hingga tempat tongkrongan kopi yang luas. Lalu, apa sih peluang dari bisnis kedai kopi ini?

Alasan Kenapa Bisnis Kopi Kekinian Menjanjikan

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih produk kopi untuk usaha:

  • Target pasar yang luas, mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah keatas.
  • Kopi disukai oleh banyak orang dari remaja, dewasa, hingga orang tua.
  • Bisnis kopi cenderung mudah mendapatkan pelanggan.
  • Potensi keuntungan yang menjanjikan setiap harinya.
  • Caranya cukup mudah dan siapa saja bisa memulai bisnis kopi.

Kalau kamu membuka coffee shop dengan benar, maka akan sangat menguntungkan. Banyak menu kopi yang menjadi andalan beberapa orang seperti espresso, latte, dan bisa juga ditemani dengan berbagai macam cemilan.

Asalkan tempat yang kamu sediakan nyaman dan terdapat akses internet, pasti akan banyak orang yang mengunjungi kedai kopi milikmu. Kedai kopi memang sering kali difungsikan sebagai pusat pertemuan, bekerja, mengerjakan tugas, dan lainnya. Jadi, kenyamanan adalah nomor satu!

Baca juga: 6 Kata Promosi, Efektif Menarik Perhatian Konsumen!

Tips Memulai Bisnis Kopi Kekinian

bisnis kopi kekinian
Sumber: Freepik

Untuk memulai bisnis kopi kekinian, kamu perlu menentukan dulu mengenai beberapa hal. Apakah kamu ingin memulai bisnis kopi dengan brand sendiri? Atau kamu ingin membeli bisnis franchise kopi kekinian yang sudah ada?

Kedua pilihan itu memang perlu dipikirkan, namun untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal lebih baik memilih untuk memulai bisnis kopi dengan brand sendiri saja. Sebab, jika membeli bisnis kopi dengan sistem franchise (kemitraan), nantinya akan ada beberapa hal yang rumit dan pembagian keuntungan tidak maksimal. 

Tenang, di bawah ini sudah disiapkan beberapa tips dan cara memulai bisnis kopi kekinian supaya laris. Simak sampai tuntas!

1. Menentukan Merek dan Target Pasar

Langkah pertama untuk memulai bisnis apapun, termasuk bisnis kopi kekinian adalah menentukan merek dan target pasar untuk mengembangkan strategi pemasaran. Kamu harus mengkategorikan pelanggan ke dalam target pasar tertentu. Apakah kamu akan menjalankan bisnis kopi di dekat sekolah/universitas, perusahaan, tempat wisata, atau di area perumahan?

Misalnya kamu memilih membangun bisnis kopi di dekat universitas, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka. Bisa dengan cara media sosial, banner, voucher diskon, brosur, atau lainnya.

Selain itu, merek juga perlu dipikirkan karena merek ini akan menjadi salah satu branding bisnis. Kamu bisa menggunakan nama merek yang sederhana, mudah diingat, dan terlihat berkualitas.

2. Memilih Lokasi yang Bagus dengan Harga Sewa yang Wajar

Coffee shop adalah tempat yang bagus untuk bersosialisasi, bertemu teman, menghabiskan waktu membaca, atau sekadar berselancar di internet. Selain itu, coffee shop juga sering digunakan untuk pertemuan bisnis formal bahkan mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas mereka.

Jadi, saat kamu memilih lokasi pastikan nyaman digunakan untuk beberapa keperluan di atas. Akan lebih bagus lagi kalau kamu membagi ruang dengan indoor dan outdoor.

Pastikan kamu memilih lokasi dengan harga sewa yang wajar, yang dilengkapi dengan lahan parkir memadai.

3. Menggunakan Produk dan Alat yang Berkualitas

Menjalankan bisnis kopi kekinian, kamu harus terus mengikuti trend perkembangan di industri kopi. Pastikan kamu bisa menciptakan ide menarik yang kreatif dan inovatif. Dan yang terpenting, selalu gunakan peralatan yang berkualitas tinggi (mesin espresso, penggiling, penyaring, dan lainnya).

4. Menciptakan Suasana Coffee Shop yang Trendi dan Nyaman

Cara memulai bisnis kopi selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana yang santai, nyaman dan trendi. Hal ini akan menjadi salah satu kunci untuk menarik pelanggan. Ingat, suasana coffee shop yang Instagramable dan estetik akan banyak menjadi pusat perhatian.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tips selanjutnya adalah memberikan layanan yang terbaik untuk para pelanggan. Pelayanan ini termasuk pegawai barista, kasir, hingga pelayan yang mengantarkan makanan ke setiap meja konsumen.

Kamu harus membuat SOP yang jelas sebagai acuan para pegawai dalam melayani pembeli. Pilih pegawai  yang terbaik, karena SDM yang berkualitas bisa jadi salah satu citra bisnis kopi kamu di mata pelanggan apakah baik atau buruk.

Kalau kelima tips di atas sudah kamu lakukan, berikutnya kamu juga perlu memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Selain itu, mendaftar sebagai mitra pesan antar makanan online juga patut dilakukan. Ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk layanan ini, misalnya GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Baca juga: Apa itu Self-Service serta kelebihannya Untuk Bisnismu?

Jangan Lupa Pakai Aplikasi Order Online!

bisnis kopi kekinian
Sumber: iSeller

Menjalankan bisnis kopi kekinian, tak lengkap rasanya tanpa iSeller. Sebab, iSeller punya fitur-fitur yang lengkap dan canggih yang akan jadi solusi terbaik untuk semua kebutuhan bisnis kamu.

Selain Aplikasi Kasir nomor 1 di Indonesia, iSeller juga menghadirkan solusi pemesanan online iSeller Online Ordering untuk F&B dengan design mobile terbaru yang dilengkapi dengan layanan pengiriman dan pembayaran terintegrasi.

Jadi sekarang, kamu bisa meningkatkan penjualan dengan iSeller Online Ordering untuk bisnis kopi kekinian milikmu. Tidak perlu jasa teknisi atau pengetahuan programming, kamu cukup aktifkan F&B Online Ordering di iSeller dan kamu sudah bisa dapatkan website pemesanan online untuk bisnis kopi kekinianmu.

Website kamu juga sudah memiliki fitur penjualan terlengkap mulai dari katalog produk hingga sistem checkout, promotion, membership, loyalty, dan masih banyak lagi. Pelajari kelebihan menggunakan iSeller lebih lengkap, langsung saja kunjungi laman ini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading