Apa itu Self-Service serta kelebihannya Untuk Bisnismu? – iSeller Blog

Apa itu Self-Service serta kelebihannya Untuk Bisnismu?

Perkembangan teknologi semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini pun menuntut para pelaku bisnis untuk bisa mengikuti perkembangan ini dengan membuat berbagai inovasi untuk bisnisnya, Salah satu bentuk inovasi dalam ranah teknologi ini adalah self-service. Lantas, apa itu self-service serta kelebihannya untuk bisnismu? Temukan pengertian self-service di bawah ini, ya!

Apa itu Self-service?

Berdasarkan nama self-service sendiri, self-service merupakan pelayanan yang dilakukan secara mandiri untuk diri sendiri. Biasanya self-service memanfaatkan teknologi seperti tablet ataupun layar yang bisa dipakai oleh pelanggan untuk melakukan pemesanan.

Sistem self-service ini juga biasanya mendukung pembayaran dengan sistem digital, sehingga semua kegiatan pemesanan bisa dilakukan secara mandiri. Kegiatan self-service juga termasuk pelanggan yang membersihkan sendiri meja yang mereka makan. Sistem self-service ini biasanya banyak kamu temukan di restoran, tapi tidak jarang juga ada pada bisnis retail.

Kelebihan Self-service untuk bisnismu?

Tidak hanya menguntungkan pelanggan, sistem self-service ini juga menguntungkan pebisnis. Apa aja sih kelebihan dari self-service ini?

Meminimalisir Kesalahan Manusia

Kesalahan manusia seperti salah input data atau menghitung jumlah pembayaran sering terjadi ketika transaksi. Kesalahan tersebut sering kali membuat pelanggan kecewa, lho! Namun dengan adanya sistem self-service, kesalahan transaksi dapat terhindari.

Meminimalisir Kecurangan

Teknologi self-service bisa meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh pegawai. Karena pelanggan bisa melakukan pemesanan dan membayar langsung dengan metode pemilihan yang mereka pilih.

Mengurangi Antrian

Entah di restoran, toko, atau tempat penyedia layanan, biasanya sering terjadi antrian.

Antrian panjang yang memakan waktu lama sangat dihindari oleh pelanggan karena mereka sangat malas untuk menunggu. Pelanggan sampai bisa beralih ke tempat lain karena kecewa dengan antrian yang panjang, lho!

Adanya sistem self-service ini bisa mengurangi antrian pelanggan karena mereka bisa melakukan interaksi mandiri dan lebih teratur tanpa harus menunggu pelayan. Selain pelanggan yang puas, pebisnis juga bisa memperbaiki citra usahanya!

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Sistem self-service yang mampu mengurangi antrian, kesalahan manusia, dan meminimalisir kecurangan ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnismu karena semua transaksi bisa lebih cepat dan mudah.

Menghindari Kontak Langsung

Meskipun sudah memasuki tahap endemi, beberapa orang kini lebih hati-hati dan sadar akan kebersihan di sekitarnya. Adanya sistem self-service ini bisa menghindari kontak langsung yang terjadi antara pegawai dan pelanggan kamu. Tentunya pelanggan kamu akan merasa lebih nyaman dan aman saat melakukan transaksi!

Mengurangi Jumlah Pegawai

Adanya sistem self-service bisa mengurangi kebutuhan akan jumlah pegawai karena pelayanan dapat terjadi secara mandiri oleh pelanggan.

Namun, bukan berarti bisnis kamu tidak membutuhkan pegawai sama sekali, sistem self-service ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha tanpa harus menambah banyak pegawai.

Itulah pengertian self-service dan kelebihannya untuk bisnismu. Penerapan sistem ini akan sangat baik dan membawa keuntungan baik untuk pelanggan atau pun pengusaha. Kamu bisa mencoba untuk menerapkan teknologi self-service guna meningkatkan efisiensi bisnis dan memberikan pengalaman berbeda kepada pelangganmu.

Salah satu teknologi self-service yang bisa kamu coba adalah iSeller Digital Kiosk. iSeller Digital Kiosk menyediakan sistem self-service untuk prosedur transaksi yang lebih modern dan dengan tampilan yang menarik dan fleksibel, pelangganmu akan lebih nyaman ketika melakukan transaksi.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.