Kamu Harus Tahu! 5 Instagram Marketing Trend 2023 untuk Bisnis - iSeller Blog

Kamu Harus Tahu! 5 Instagram Marketing Trend 2023 untuk Bisnis

instagram trend

Saat kemunculan pertamanya di tahun 2010, Instagram fokus menawarkan penggunanya untuk dapat berbagi foto dalam bentuk feed. Namun perubahan terus terjadi, Instagram yang dulu bukanlah yang Instagram yang sekarang. Kini, banyak pebisnis yang rela investasi besar-besaran dalam strategi Instagram Marketing mereka. Bagi kamu yang berkecimpung di dunia social media marketing, sudahkah kamu mengantisipasi Instagram Marketing trend di tahun 2023?

Salah satu manfaat terbesar dari dijalankannya Instagram Marketing adalah branding yang semakin menguat, dan pada akhirnya dapat meningkatkan konversi. Tapi sayangnya, untuk bisa mendapatkan dua manfaat terbesar tersebut bukanlah perkara yang mudah. Untuk itu, intip tren Instagram Marketing di bawah ini yuk supaya kamu bisa menyusun strategi yang tepat.

Instagram Trend untuk Keperluan Marketing Bisnis

instagram trend
Sumber: Freepik

Jika kamu menggunakan Instagram untuk media pemasaran, atau sedang mempertimbangkannya, penting untuk tetap mengikuti tren Instagram yang terbaru, ya! 

Dengan berfokus pada tren pemasaran Instagram yang akan diulas di bawah ini, kamu bisa membangun strategi pemasaran Instagram yang efektif dan membuat konten berkualitas tinggi yang membuat pengikut kamu lebih bersemangat. Dengan cara ini, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak pengikut, meningkatkan keterlibatan, dan mendapatkan lebih banyak pendapatan melalui Instagram.

1. Instagram Shopping

Tren Instagram yang pertama adalah Instagram Shopping. Di tahun 2022 lalu, Instagram seperti mengalami kekalahan telak dari TikTok untuk urusan social commerce. Bisa dikatakan bahwa TikTok lebih bersahabat hasilkan konversi dari fitur shop mereka ketimbang Instagram yang lebih dulu memperkenalkan fitur view shop.

Tapi diyakini pada tahun ini, bahwa Instagram akan mati-matian mengembangkan fitur Instagram Shopping agar dapat bersaing dan melampaui kepopuleran TikTok.

Untuk itu, kamu perlu memanfaatkan perkembangan yang dilakukan oleh Instagram ini dengan memperhatikan kualitas content pillar kamu. Pastikan kamu mengunggah foto produk dengan kualitas terbaik, memberikan konten dengan bentuk GIF animasi yang menarik perhatian, atau dengan memanfaatkan media video.

2. Chatbot Marketing

Instagram Marketing Trend yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Chatbot Marketing. Di Instagram, kamu bisa mengatur fitur balasan otomatis dari bot Instagram dan memanfaatkan fitur ini kalau kamu sudah memiliki API di Instagram Business.

3. Influencer Marketing

Kamu mungkin masih ingat dengan berita bahwa Instagram akan meluncurkan fitur terbaru yang memudahkan pebisnis dalam Influencer Marketing? Fitur itu adalah Creator Marketplace, sebuah wadah yang memudahkan pebisnis untuk menemukan Content Creator/KOL yang tepat. 

Pebisnis Instagram bisa menawarkan proyek mereka lalu Content Creator datang untuk melamar dengan portofolio-nya. Menarik, ya!

Influencer bukan hanya akan sekadar meningkatkan awareness saja, lho. Melainkan juga meningkatkan angka konversi, meningkatkan brand authority, hingga efektif meningkatkan penjualan. Tetapi ingat, sebelum menjalankan Influencer Marketing, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu jenis-jenis Influencer

Baca juga: Menjadi Pengusaha Sukses? Bukan Hal Mudah, Tapi Bisa dengan Hal Ini!

4. Video Marketing

Keberhasilan TikTok sebagai pioneer terdepan di bidang video marketing pendek, menjadikan pesaingnya ikut berkecimpung di bidang yang sama, termasuk Instagram. Kamu bisa melihat bukti nyatanya melalui fitur Reels mereka. Bahkan saat ini, Instagram sedang menguji feed Instagram Stories vertikal, seiring dengan meningkatnya popularitas video marketing di berbagai saluran pemasaran.

5. Community Engagement

Tren Instagram yang terakhir adalah melibatkan komunitas alias Community Engagement. Kamu bisa menjadikan komunitas atau audiens market kamu untuk dapat ikut terlibat meningkatkan engagements. Caranya, kamu bisa memanfaatkan fitur stiker interaktif yang ada melalui Instagram Story maupun yang ada pada Reels

Fitur stiker interaktif ini sangat penting bagi kamu untuk melihat seberapa besar engagements yang kamu peroleh. Melihat seberapa besar konten kamu mampu menarik perhatian para audiens. Coba, deh!

Baca juga: 6 Kata Promosi, Efektif Menarik Perhatian Konsumen!

Manfaat Instagram sebagai Alat Marketing

Sumber: iSeller

Berikut ini adalah beberapa manfaat Instagram untuk bisnis yang akan kamu rasakan.

  • Instagram akan mempermudah proses promosi produk. Mulai dari promosi melalui posting-an, bekerjasama dengan influencer, hingga menggunakan Instagram Ads.
  • Bisnis akan jadi tampak lebih profesional kalau punya akun Instagram.
  • Penggunaan Instagram bermanfaat untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya. Pada Instagram Business, ada fitur yang bernama Insight yang berfungsi untuk memberikan detail informasi mengenai performa akun kamu. Mulai dari jumlah followers, jumlah orang yang klik link, tingkat jangkauan posting-an, jumlah orang yang melihat post, dan masih banyak lagi. Instagram Insight juga bisa memperlihatkan orang yang mengunjungi profil kamu berdasarkan gender, usia, dan wilayah. Alhasil, kamu langsung bisa memasang dan menentukan bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan berikutnya. 
  • Bisa memilih waktu pemasaran yang terbaik berkat Instagram Insight.
  • Pemasaran menjadi lebih terarah dengan memanfaatkan Instagram versi bisnis. 
  • Mengenalkan bisnis kamu ke pengguna lain menjadi lebih mudah. Sebab, pada akun Instagram Business, sudah tersedia banyak bagian yang bisa diisi dengan informasi bisnis yang kamu jalankan. Ini tentu akan mempermudah para pengguna Instagram untuk mengetahui dan mengenal bisnis kamu dengan mudah.
  • Penggunaan Instagram juga bisa menarik trafik ke website toko online kamu. Jadi, website kamu akan semakin ramai sehingga kemungkinan profit meningkat sangat tinggi, bukan?

Pada Instagram Business, kamu bisa memasukkan link website pada bio. Dengan begitu, followers kamu yang penasaran atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap akan langsung klik link tersebut ke website kamu.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana tren Instagram 2023, jadi jangan lupa maksimalkan Instagram untuk kemajuan bisnismu, ya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading