13 Cara Agar Marketplace Dilihat Banyak Orang

cara agar marketplace dilihat banyak orang
cara agar marketplace dilihat banyak orang

Beberapa tahun ke belakang, peran dunia digital dalam kehidupan masyarakat terasa semakin penting. Seperti halnya berbelanja dengan platform online, misalnya marketplace. Keadaan ini tentunya sangat menguntungkan para pebisnis untuk menjual barang-barang mereka di berbagai platform marketplace yang ada. Namun bagaimana cara agar marketplace dilihat banyak orang? Apalagi saat ini banyak pebisnis telah menjual barangnya di marketplace. Bagaimana caranya agar toko online kamu standout dari toko online lainnya? 

Bagaimana Cara Agar Marketplace Dilihat Banyak Orang?

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mencuri hati pelanggan. Sebelum itu, pastikan kamu mengenal target audience yang kamu tuju, agar platform dan strategi yang digunakan dapat tepat sasaran. Selanjutnya, kamu juga harus mempelajari cara kerja dan informasi penting lainnya dari marketplace yang akan kamu gunakan. 

Baca Juga: Ini Dia Cara Jualan Di Marketplace yang Perlu Anda Ketahui

Lakukan perbandingan terhadap marketplace yang satu dengan yang lain, supaya kamu bisa menggunakan marketplace yang sesuai dengan bisnis kamu. Jika kedua hal tersebut telah kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan strategi-strategi berikut ini. 

1. Gunakan Seluruh Fitur

Setiap marketplace memiliki fitur-fitur yang mereka sediakan untuk membantu penjual dalam menampilkan produk mereka. Sebagai contoh, setiap marketplace biasanya menyediakan fitur ads atau iklan untuk membuat produk yang kamu jual berada pada urutan paling atas di hasil pencarian. Agar iklan yang digunakan efisien, pastikan kamu menuliskan judul dengan kata kunci yang tepat. 

Selain itu ada fitur kategori yang akan memudahkan produk kamu muncul pada kategori tertentu. Semakin relevan produk kamu dengan kategori yang ada, semakin besar kemungkinan produkmu akan muncul di urutan pertama. Ada juga fitur untuk memasang desain dan foto-foto produk. Tersedia katalog dengan berbagai pengelompokkan yang bisa kamu tentukan sendiri. Hal ini akan membantu tampilan toko kamu menjadi lebih menarik dan user-friendly. 

2. Desain dan Konten Menarik

Dalam dunia digital, konten dan desain yang menarik tidak boleh dihiraukan begitu saja. Buatlah konten dengan isu yang sedang hangat dibicarakan. Membuat konten dengan isi yang paling relevan atau dekat dengan pelanggan, juga akan membantu produk yang kamu jual dilihat oleh banyak orang. 

Apabila konten sudah menarik, kini saatnya kamu mengemas konten tersebut dengan desain yang menarik dan estetik. Kamu tidak bisa hanya meningkatkan kualitas salah satunya. Konten dan desain perlu berjalan bersamaan, agar hasil yang didapatkan dapat maksimal. 

3. Kualitas Service

Salah satu yang bisa membuat kamu menonjol adalah meningkatkan kualitas pelayanan yang kamu berikan. Cara paling sederhana adalah dengan membalas pertanyaan dari pelanggan dengan fast response. Membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat akan membuat pelanggan kamu merasa dihargai dan membuat kredibilitas kamu meningkat.

Selain itu kamu juga bisa meningkatkan pelayanan dengan memberikan freebies pada setiap pembelian produk oleh pelanggan. Teliti dan cari tahu pelayanan apa saja yang diberikan oleh kompetitor kamu. Sediakan pelayanan yang tidak diberikan oleh kompetitor, agar bisnis kamu dirasa memberi lebih banyak manfaat bagi para pelanggan. 

4. Harga Bersaing

Tentukan harga yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Harga bersaing tidak hanya berbicara harga yang terjangkau, tetapi harga yang sesuai dengan kualitas yang kamu berikan. Baik itu kualitas produk maupun kualitas layanan, tidak dapat dipungkiri bahwa produk dengan harga yang lebih murah pasti lebih banyak dicari oleh pembeli. 

Baca Juga: Penjualan Menurun? Jangan Turunin Harga. Ini Solusinya!

Namun bila produk yang kamu tawarkan menggunakan kualitas premium dengan segala packaging dan layanan yang ada, pembeli pasti akan mengerti mengapa kamu mematok harga yang demikian. Harga merupakan elemen yang penting, tetapi kualitas tetap lebih penting untuk membuat marketplace kamu menonjol. 

5. Promosi di Channel Lain

Saat ini promosi tidak bisa dilakukan hanya pada satu channel saja. Dengan teknologi internet yang semakin berkembang, kamu bisa mempromosikan bisnis kamu dari channel mana saja. Maksimalkan semua channel yang bisa kamu gunakan supaya kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Misalnya kamu bisa menggunakan websitedan social media

Social media kini tidak hanya digunakan oleh orang dengan latar belakang tertentu saja. Segala usia, pendidikan, gender, tempat tinggal dan karakteristik lainnya, tidak membatasi mereka untuk menggunakan social media. Oleh karena itu kamu bisa mempromosikan bisnis kamu di berbagai social media, selama target audience kamu menggunakan media sosial tersebut. 

6. Gunakan Promo

Terakhir, gunakan promo menarik yang tentunya menguntungkan bagi pelanggan. Kamu bisa memberikan diskon, gratis ongkir, atau giveaway. Pilih cara yang akan memberikan paling banyak manfaat kepada pelanggan. Pengumpulan poin dari setiap pembelian juga dapat membuat pelanggan merasa tertarik dan melakukan pembelian lainnya. Kamu juga bisa memberikan poin kepada mereka yang berhasil mengajak orang lain untuk membeli lewat referral code

Bagaimana Cara Agar Marketplace Facebook Dilihat Banyak Orang?

Facebook sebenarnya telah memiliki marketplacenya sendiri yang disebut Facebook Marketplace. Walaupun tidak seterkenal marketplace lainnya, berjualan di marketplace Facebook memiliki keunggulannya tersendiri, salah satunya adalah jumlah pengguna Facebook itu sendiri.

Dengan menggunakan Facebook Marketplace, kamu dapat dengan mudah menargetkan target konsumen kamu yang juga adalah pengguna Facebook. Berikut adalah beberapa cara jualan di Facebook Marketplace agar ramai dikunjungi orang.

1. Gunakan Fitur Premium Seller

Premium seller adalah fitur dari Facebook Marketplace yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan produk toko kamu secara lebih masif. Keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan adalah produk kamu akan lebih sering muncul di bagian paling atas saat calon pembeli mencari menggunakan kata kunci yang terkait dengan produk kamu.

2. Gunakan Fitur Facebook Ads

Facebook adalah salah satu media sosial dengan pengguna paling besar. Hal ini membuat Facebook menjadi tempat yang ideal untuk memasang iklan. Kamu bisa menggunakan fitur Ads dari Facebook untuk membuat barang-barang yang kamu jual muncul di timeline orang-orang yang telah menjadi target pasar kamu. Dengan demikian, kamu akan dapat dengan mudah menemukan lebih banyak calon pembeli.

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Iklan Elektronik untuk Promosi Usaha

3. Tetapkan Harga yang Bersaing

Walaupun Facebook Marketplace tidak seramai marketplace lainnya, tempat ini masih penuh dengan kompetisi. Hal ini membuat kamu harus kurang lebih menerapkan strategi yang sama seperti yang kamu terapkan di marketplace lainnya, khususnya terkait harga.

4. Berikan Promo

Di manapun kamu berjualan, promo adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif. Promo dapat menjadi cara untuk mendapatkan pembeli baru serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membuat mereka semakin loyal.

5. Lakukan Riset Pasar

Satu hal yang harus kamu lakukan di manapun kamu berjualan adalah melakukan riset pasar. Hal ini untuk memastikan bahwa strategi yang nantinya kamu akan terapkan memiliki dasar yang kuat.

Riset pasar memungkinkan kamu untuk menemukan jenis-jenis produk yang dijual serta harga yang ditawarkan. Dari sana, kamu bisa mulai meracik strategi sendiri agar dapat bersaing di marketplace Facebook.

Baca Juga: Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Dapat Dilakukan

6. Lengkapi Deskripsi dan Foto Produk

Deskripsi dan foto produk adalah dua senjata utama kamu untuk menarik perhatian pelanggan. Keduanya adalah beberapa hal yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli ketika sedang mencari barang.

Foto produk yang baik tidak hanya akan menarik perhatian pelanggan tetapi juga memberikan gambaran bagi pelanggan tentang produk tersebut, mulai dari cara menggunakan, kombinasi dengan barang lainnya, dan lain-lain.

Deskripsi produk juga adalah salah satu hal yang sangat penting. Deksripsi yang baik dapat membantu pelanggan membayangkan dengan baik produk kamu serta mengetahui spesifikasi teknis yang mungkin relevan.

7. Manfaatkan Platform Lain

Facebook memang adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Tetapi, platform media sosial lain juga memiliki potensi yang dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk mempromosikan produk.

Dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dapat kamu dapatkan, kamu akan lebih efektif dalam meningkatkan jumlah kunjungan ke marketplace bisnis kamu.

Demikian 13 cara agar marketplace dilihat banyak orang. Jika kamu sudah melakukan dan menguasai cara-cara di atas, kini saatnya kamu memperluas bisnis dengan menggunakan marketplace yang lainnya. Kamu tidak perlu merasa pusing dan bingung untuk mengatur setiap marketplace yang kamu gunakan, karena saat ini iSeller hadir untuk membantu mengembangkan bisnis. 

Tidak peduli kamu baru memulai atau sudah lama dalam dunia bisnis, fitur-fitur yang disediakan iSeller pasti akan membuat pengelolaan bisnis semakin efisien dan cepat. Tidak hanya untuk bisnis dalam bidang fashion, otomotif dan barang rumah tangga, iSeller juga bisa digunakan untuk kamu yang membuka bisnis dalam dunia kuliner. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu untuk mengikuti free trial di halaman ini.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: