Butuh Aplikasi Kasir Toko? Temukan Jawabannya di Sini! - iSeller Blog

Butuh Aplikasi Kasir Toko? Temukan Jawabannya di Sini!

aplikasi kasir toko

Pada bisnis yang kamu punya, sudahkah kamu menggunakan aplikasi kasir toko yang handal? Atau justru hingga saat ini kamu masih mempertahankan perangkat kasir konvensional tanpa ada aplikasi pendukung yang diterapkan?

Well, artikel ini akan cocok untuk kamu yang belum menggunakan aplikasi kasir toko sama sekali, atau mendapati aplikasi yang kamu gunakan tidak bekerja optimal. Tentu saja, rekomendasi aplikasi kasir yang handal bisa kamu dapatkan. Tapi sebelumnya, mari cermati poin di bawah ini satu per satu.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Perlu Memilih Aplikasi Kasir Terbaik?

Fungsi Aplikasi Kasir Toko

aplikasi kasir toko

Secara umum aplikasi kasir toko sebenarnya berfungsi untuk melancarkan transaksi yang dilakukan pada outlet yang kamu punya. Namun lebih jauh, aplikasi yang kita bicarakan ini memiliki fungsi lanjutan yang dapat mendukung operasional toko di setiap cabang.

Beberapa fungsi aplikasi ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Melakukan pencatatan transaksi penjualan serta retur dari setiap outlet yang kamu punya. Fungsi ini juga dilakukan dengan mencetak struk atau faktur penjualan dalam transaksi terkait
  • Melakukan pencatatan transaksi pergerakan barang yang masuk dan keluar dari outlet atau gudang yang kamu punya
  • Mencatat biaya lain yang terjadi di dalam setiap outlet
  • Mencatat transaksi setiap pelanggan dan mendukung penerapan loyalty program
  • Mencatat performa outlet atau toko dalam setiap periode waktu tertentu
  • Menyediakan laporan sederhana tentang penjualan dan aktivitas setiap cabang
  • Menjalankan transaksi penjualan secara offline dan online
  • Mengintegrasikan setiap transaksi yang terjadi sehingga dapat memiliki riwayat transaksi yang komprehensif pada setiap pos penjualan yang dimiliki perusahaan

Jadi, tidak sekedar melayani transaksi dengan pelanggan saja bukan?

Tapi Apa Keuntungan yang Ditawarkan?

aplikasi kasir toko

Setiap produk aplikasi kasir selalu menawarkan berbagai benefit untuk menarik perhatian pebisnis agar menggunakan produknya. Namun untuk produk yang satu ini, terdapat setidaknya enam benefit utama yang bisa kamu nikmati, dan bahkan coba langsung pada outlet yang kamu punya.

1. Aktivitas Akuntansi yang Lebih Praktis

Dengan melihat catatan penjualan dan pembukuan yang terjadi di setiap kanal penjualan, kamu bisa dengan mudah melakukan berbagai aktivitas akuntansi. Kamu tidak lagi perlu mencocokan setiap struk pembayaran untuk mendapatkan laporan lengkap dan akurat di setiap periode keuangan.

2. Transaksi dengan Akurasi Tinggi

Semua proses dan urusan transaksi di kasir akan berjalan dengan otomatis dengan sistem yang handal, jadi kamu tidak lagi perlu khawatir pada akurasinya. Urusan transaksi di setiap pos penjualan selalu dapat diandalkan tanpa perlu melakukan pengecekan terlalu sering.

3. Jelas, Mereduksi Human Error

Keterlibatan staf kasir tetap masih diperlukan, namun karena sebagian besar pekerjaan dikerjakan oleh sistem aplikasi kasir toko yang satu ini, maka human error akan dapat dikurangi. Tentu hal ini tanpa mengecilkan peran staf handal yang kamu punya untuk menjaga semua operasional tetap berjalan lancar.

4. Cek Transaksi Lebih Cepat

Transaksi yang terjadi bisa kamu lihat langsung pada laporan harian yang tersedia, dan bisa diakses langsung dari smartphone yang kamu punya. Dengan begini ketika diperlukan, kamu bisa mendapatkan data terkini yang benar-benar riil.

5. Biaya Operasional Lebih Rendah

Biaya perawatan dan perbaikan dari sistem aplikasi kasir ini sebenarnya tidak mahal jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikannya. Tentu, ini akan meningkatkan efisiensi penggunaan modal yang kamu punya, dengan biaya operasional yang masuk akal.

6. Miliki Kontrol Lebih Baik

Karena bisa mengawasi setiap transaksi yang dilakukan dengan mudah, kamu akan memiliki kontrol yang jauh lebih baik pada kinerja dan penjualan setiap cabang. Hanya dengan melihat dashboard saja, kamu akan bisa memiliki data akurat sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan cepat.

Cermati Cara Kerjanya, dan Optimalkan!

aplikasi kasir toko

Untuk bisa mengoptimalkan semua fitur yang diberikan aplikasi kasir toko ini, kamu juga wajib tahu cara kerjanya terlebih dahulu. Secara singkat berikut cara kerja dari sistem yang kami tawarkan untuk bisnismu tersebut.

  • Setelah pelanggan memilih pesanan, kamu bisa klik bayar dengan tipe pembayaran yang telah diatur sebelumnya
  • Misalnya tipe pembayaran yang dipilih adalah QRIS, maka QRIS akan muncul untuk dipindai oleh pelanggan
  • Setelah dipindai, payment akan terselesaikan
  • Dalam skenario pelanggan ingin menggunakan pembayaran yang berbeda, kamu bisa tetap memprosesnya tanpa mengubah pengaturan dan menonaktifkan QuickPay
  • Klik ikon titik tiga di sisi kanan bawah, dan pembayaran akan diarahkan dengan metode checkout seperti biasa dengan proses pembayaran lain

Kamu bisa mencermati detailnya dengan mengklik tautan ini untuk masuk secara langsung pada penjelasan teknis cara kerja dan pengaturan sistem kasir yang sedang kita bicarakan ini.

Dengan Sederet Kelebihan, iSeller Hadir untuk Bisnismu

aplikasi kasir toko

Aplikasi kasir toko yang sejak tadi sudah kamu baca detailnya adalah iSeller. POS System yang merupakan salah satu produk dari iSeller siap hadir di setiap toko yang kamu punya, dan mendukung setiap aktivitas transaksi. Sederet keunggulan iSeller dibandingkan dengan produk aplikasi lain adalah sebagai berikut.

  • Berbasis cloud dengan konsep yang modern
  • Menawarkan user experience terbaik di kelasnya
  • Integrasi perangkat keras yang mudah dan komprehensif
  • Integrasi dengan berbagai platform penjualan dan outlet yang kamu punya
  • Mengakomodir berbagai metode pembayaran untuk pelanggan
  • Proses checkout yang cepat dan mudah
  • Kategorisasi yang praktis
  • Tampilan produk yang mudah diatur
  • Membantu pengelolaan shift kerja karyawan
  • Pengaturan struk belanja, baik secara fisik atau digital
  • Pengelolaan bisnis dengan lebih mudah menggunakan gadget yang kamu punya

Baca Juga: 5 Fungsi dan Benefit E-Receipt untuk Bisnis, Kapan Mau Coba? 

Dengan sederet kelebihan tersebut, tidak berlebihan rasanya jika iSeller bisa menawarkan produk aplikasi kasir toko yang solid, handal, dan cocok untuk setiap bisnismu. Kamu bisa cek harganya sekarang dan ajukan COBA GRATIS produk iSeller, serta rasakan setiap fitur yang memudahkan!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading