5 Fungsi dan Benefit E-Receipt untuk Bisnis, Kapan Mau Coba? - iSeller Blog

5 Fungsi dan Benefit E-Receipt untuk Bisnis, Kapan Mau Coba?

e receipt

Satu pertanyaan sederhana untuk membuka artikel ini, apakah bisnis yang kamu punya sudah menerapkan penggunaan e-receipt?

Untuk kamu yang sudah menggunakannya, tentu paham benar bagaimana cara kerja, fungsi, dan kelebihan atau benefit yang ditawarkan dengan penggunaan teknologi tersebut. Nah, artikel ini kemudian ditujukan untuk kamu, pemilik atau pengelola bisnis, yang belum menerapkan sistem ini.

Secara detail akan diberikan penjelasan tentang fungsi utama yang dijalankan oleh e-receipt ini, cara kerjanya, dan benefit yang bisa kamu dapatkan ketika memilih sistem yang tepat dalam penerbitan dokumen digital tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Tahan Guncangan Ekonomi

Pertama, Yuk Cermati Fungsinya!

e receipt

Sejatinya fungsi dari e-receipt tidak jauh berbeda dengan struk belanja pada umumnya. Namun demikian dengan teknologi yang sudah lebih canggih, fungsi ini kemudian meluas tidak sekedar menjadi bukti transaksi yang telah dilakukan saja.

1. Membuat Transaksi Lebih Praktis

Karena tidak lagi perlu menunggu pencetakan struk berbentuk fisik, kamu bisa membuat banyak proses dalam transaksi menjadi lebih praktis. Struk bisa langsung dikirimkan ke alamat email atau nomor WhatsApp pelanggan, sehingga lebih cepat dilakukan.

2. Menjadi Bukti Transaksi yang Sah

Seperti sewajarnya struk belanja atau receipt, file ini juga tetap menjalankan fungsi utamanya sebagai bukti pembayaran yang sah dan legal menurun hukum. Selama terdapat data yang lengkap pada file tersebut, maka kamu dan pelanggan telah memiliki bukti transaksi yang valid.

3. Mengurangi Limbah Kertas

Praktis kebutuhan akan roll kertas yang digunakan sebagai sarana mencetak struk belanja akan dapat dihilangkan dari kebutuhan operasional. Mengurangi biaya dan limbah kertas yang dihasilkan, sedikit perubahan ini bisa menunjukkan itikad baik bisnismu pada kepedulian terhadap lingkungan.

4. Riwayat Transaksi Selamanya

Jika pada struk belanja kertas tulisan atau datanya akan perlahan pudar, maka struk belanja online atau e-receipt ini sifatnya dapat dikatakan permanen. Selama pelanggan menyimpan file tersebut, maka mereka akan dapat mengabadikan bukti transaksi.

Pada sistem yang kamu punya, e-receipt ini juga akan tersimpan dengan baik. Jika terdapat program loyalitas, transaksi dapat secara langsung masuk ke data pelanggan terkait, sehingga poin dapat diberikan dengan akurat.

5. Pelaporan Transaksi Lebih Akurat

Pengecekan pada transaksi yang dilakukan oleh staf kasir pada outlet yang ada juga dapat dilakukan dengan mudah, karena crosscheck bisa terjadi secara digital. Setiap transaksi terekam secara akurat, sehingga memudahkan rekap data dan penyusunan laporan rutin setiap waktu.

Kedua, Masuk pada Cara Kerjanya secara Umum

e receipt

Setelah tahu dengan baik apa saja fungsi yang dijalankan oleh e-receipt ini, maka selanjutnya kamu juga perlu tahu cara kerja sistem dengan struk digital tersebut. Dinilai sebagai sebuah sistem yang jauh lebih modern daripada struk belanja berbentuk kertas, nyatanya cara kerja yang terjadi tidak terlalu sulit dipahami.

Ketika pelanggan melakukan transaksi, kasir bisa menanyakan dan menawarkan penggunaan e-receipt. Selanjutnya, pelanggan diminta memasukkan alamat email atau nomor WhatsApp yang digunakan, sebagai tujuan pengiriman struk digital ini.

Ketika data telah didapatkan, kasir tinggal memasukkan identitas tersebut ke dalam sistem dan dalam waktu singkat bukti transaksi berupa file digital diterima oleh pelanggan. Mudah dan praktis bukan?

Di waktu yang sama, bisnis kamu akan memiliki data tambahan mengenai pelanggan yang melakukan transaksi. Email atau nomor WhatsApp ini bisa berguna di waktu yang akan datang, ketika bisnis ingin melakukan kampanye atau strategi pemasaran lainnya.

Mulai Tertarik? Kamu BIsa Melirik iSeller untuk Urusan Ini!

e receipt

iSeller menyediakan fitur yang solid untuk urusan e-receipt yang kamu perlukan. Dengan sistem POS yang dimilikinya, urusan payment dan pengelolaan struk digital bisa dilakukan dengan waktu singkat dan mudah.

Selain tentu e-receipt yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis, kamu juga akan mendapatkan sederet keuntungan atau benefit lain dari penggunaan iSeller di dalam bisnis yang kamu punya. Benefit yang ditawarkan antara lain adalah:

  • Fitur reminder pembayaran otomatis
  • Standarisasi barang, diskon, dan pajak yang berlaku
  • Kustomisasi faktur atau bukti transaksi secara mudah
  • Membantu pengumpulan informasi dan detail pelanggan secara instan
  • Lacak status secara realtime menggunakan gadget yang kamu pegang
  • Kemudahan operasional sehingga dengan cepat efektif di setiap outlet
  • Melayani sistem penjualan omnichannel
  • Mendukung berbagai jenis pembayaran digital
  • Dashboard interaktif untuk digunakan
  • Memiliki merchant discount rate paling rendah, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama
  • Sangat menarik bukan?

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Cara Melakukan Analisis Persaingan Usaha 

Optimasi e-receipt di dalam bisnis bisa dengan mudah dilakukan bersama dengan iSeller. Kamu bisa melihat detail penggunaannya di sini, dan mencermati proses kerja dari sistem yang ditawarkan iSeller. Tentu saja, setiap fiturnya dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan dikustomisasi dengan leluasa sehingga dapat mengoptimalkan setiap proses bisnis yang kamu punya. COBA GRATIS sekarang juga, dan maksimalkan setiap kesempatan yang terbuka bersama dengan iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading