6 Contoh Iklan Produk Kreatif, Lihat, Cermati, dan Adaptasi! - iSeller Blog

6 Contoh Iklan Produk Kreatif, Lihat, Cermati, dan Adaptasi!

contoh iklan produk

Untuk bisnis yang kamu punya, sudahkah kamu membuat iklan yang menarik dan sesuai dengan target pasar? Banyak sekali contoh iklan produk yang bisa menjadi acuan dan inspirasi, meski tentu saja jangan sampai kamu meniru secara total iklan yang dibuat oleh perusahaan lain.

Di era sekarang ini, iklan memiliki bentuk yang sangat beragam. Mulai dari iklan konvensional di media televisi, media luar ruang seperti baliho, iklan radio, iklan video pendek di media sosial dengan berbagai format, hingga iklan yang menggunakan influencer atau placement di ruang-ruang digital yang punya publik luas.

Beberapa contoh iklan produk yang bisa jadi inspirasi karena dinilai menarik dan unik, bisa kamu lihat di bawah ini.

Baca Juga: Tertarik Bisnis Franchise? 5 Bisnis Berikut Bisa Kamu Lirik!

1. Iklan Billboard dari BBC

contoh iklan produk
Sumber: https://www.boredpanda.com/

Mungkin kalau kamu merupakan orang yang menyukai iklan, kamu sudah tidak asing dengan iklan billboard milik BBC ini. Pada dasarnya, iklan ini memadukan kreativitas di bidang tata letak dan pencahayaan, sehingga iklannya tampak semakin hidup ketika hari telah gelap.

Iklan ini muncul di tahun 2019 lalu, untuk mempromosikan show terbaru mereka yang berjudul Dracula. Secara singkat, billboard dibuat sedemikian rupa agar dapat menunjukkan bayangan sosok drakula yang jadi serial baru mereka. Ketika hari masih terang, yang tampak hanya tulisan besar DRACULA dan beberapa objek yang ditempel. Namun ketika hari mulai gelap dan lampu dinyalakan, bayangan ini tampak muncul dengan sendirinya.

2. Dumb Ways to Die, Metro Trains

contoh iklan produk
Sumber: https://www.dumbwaystodie.com/

Contoh iklan kreatif yang kedua adalah dengan menggunakan game, yang berjudul Dumb Ways to Die. Iklan ini sebenarnya merupakan bagian dari campaign besar yang ingin diusung oleh Metro Trains, bahwa bermain-main di sekitar area tunggu kereta adalah cara yang bodoh untuk meninggal, sebanding dengan mencolek beruang grizzly, melepas helm di luar angkasa, atau memakan makanan basi.

Musik dari game ini begitu lekat dengan ingatan hampir setiap orang yang ada di muka Bumi, karena game-nya sendiri menuai sukses yang luar biasa.

3. Coca-Cola, Kemasan dengan Nama

contoh iklan produk
Sumber: https://www.thedrum.com/ 

Mungkin kamu masih ingat beberapa waktu yang lalu di kemasan Coca-Cola disematkan nama-nama orang yang umum digunakan. Campaign ini dilakukan oleh Coca-Cola untuk menunjukkan bahwa minuman ini dapat dibagikan pada setiap orang yang kamu kenal, atau bahkan orang-orang yang baru saja ditemui.

Strategi ini diadaptasi oleh permen Kiss, yang memberikan frasa dan kata-kata di balik bungkus permennya. Idenya serupa, yakni memberikan personalisasi pada setiap kemasan yang dibeli pelanggan, sehingga menumbuhkan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggannya.

4. ‘Perang’ McDonald’s dan Burger King

contoh iklan produk
Sumber: https://themarketingbirds.com/ 

Bisa dikatakan sebagai salah satu ‘perseteruan’ di dunia iklan yang paling panas dan kreatif yang pernah ada, dua produk makanan cepat saji ini saling memberikan balasan atas iklan yang dibuat kompetitornya.

Persaingan terbuka benar-benar tampak, seperti pada salah satu iklan cetak yang menunjukkan sosok badut mirip dengan Ronald McDonald yang mengunjungi gerai Burger King untuk membeli burger. Copy yang digunakan hanya ‘Ronald Is That You?’, namun berhasil memberikan gaung yang luar biasa.

Idenya benar-benar kreatif, menggunakan ikon dari kompetitor untuk bertarung face-to-face, sehingga pelanggan benar-benar dapat ‘menikmati’ perang yang terjadi ini.

Hal serupa juga terjadi antara Coca-Cola dan Pepsi selama beberapa tahun.

5. QR Core pada Iklan Victoria’s Secret

contoh iklan produk
Sumber: https://inspirationfeed.com/ 

Iklan yang ditunjukkan adalah seorang model yang terlihat topless pada media yang dipasang. Tapi di bagian dadanya, dipasangi QR Code yang bisa dengan mudah dipindai. Ketika publik penasaran dengan QR Code ini, mereka akan memindainya.

Hasilnya tentu saja tidak seperti yang mereka harapkan. Ketika dipindai, mereka bisa menemukan produk pakaian dalam terbaru dari Victoria’s Secret yang menutupi bagian dada dari model tersebut. Kreatif dan interaktif bukan?

Ide dan contoh iklan ini bisa digunakan untuk produk fashion dan sebagainya, selama bisa disesuaikan dengan nilai yang ada di Indonesia.

6. Lavera, Produk Eyeliner Cair

contoh iklan produk
Sumber: https://www.foreo.com/ 

Pada iklan yang digunakan oleh brand ini, ditunjukkan seekor macan tutul dan seekor zebra. Keduanya di-zoom di bagian mata, untuk menunjukkan betapa cantiknya eyeliner yang digunakan pada hewan ini.

Lavera sendiri merupakan sebuah brand kosmetik yang memiliki filosofi kuat pada cruelty-free products, dan model binatang ini digunakan sebagai salah satu media penyampai pesan dan value yang mereka miliki.

Baca Juga: Ingin Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok Shop? 

Cukup menarik dan kreatif ya contoh iklan produk yang ditampilkan di atas? Tentu jika berbicara mengenai kreativitas pegiat iklan di seluruh dunia, idenya akan semakin gila dan tampilannya semakin menari. Pesan yang ingin disampaikan dapat diartikulasikan dengan jelas, sehingga ketika seseorang melihatnya akan dapat memahami apa yang ingin disampaikan.

Kamu sebenarnya juga bisa mengambil inspirasi dari berbagai contoh iklan produk yang ada di artikel ini atau contoh lain. Selama tetap memiliki sisi unik, sah-sah saja menggunakan ide yang sudah digunakan sebelumnya. Untuk membantu proses campaign dengan iklan ini kamu bisa menggunakan salah satu fitur POS System dari iSeller untuk membantu urusan pemasaran, fitur Marketing yang tersedia bisa membantu penggunaan tools handal yang diperlukan, dan membuat promosi tepat untuk meningkatkan penjualan. Segera gunakan iSeller sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading