4 Tips Memaksimalkan Product Display, Yuk Pakai iSeller! - iSeller Blog

4 Tips Memaksimalkan Product Display, Yuk Pakai iSeller!

product display

Dalam bisnis online sekarang ini, harus disadari bahwa product display juga harus diperhatikan. Pasalnya ketika dilakukan dengan tepat, kamu bisa ‘menampilkan’ produk dengan cukup mencolok, sehingga terlihat menarik dan mudah mencuri perhatian pelanggan yang mampir ke tokomu.

Product display sendiri adalah sebuah teknik promosi dengan cara memajang atau meletakkan produk agar dapat terlihat menarik, dan mengambil perhatian pelanggan sehingga bisa dibeli olehnya. Pemajangan ini tidak hanya berbicara tentang digital display saja, tapi juga display produk di toko fisik yang kamu punya.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Website Toko Online dengan iSeller

Fungsi Product Display secara Praktis

product display

Secara mendasar penataan produk ini ditujukan untuk bisa meningkatkan angka penjualan, dengan menampilkan produk secara menarik menggunakan berbagai metode yang ada. Ketika terlihat menarik, maka keinginan pembelian dari pelanggan dapat meningkat, dan berujung pada peningkatan penjualan secara umum.

Selain fungsi utama di atas, beberapa fungsi lain yang juga akan dijalankan ketika kamu menggunakan strategi ini adalah sebagai berikut.

  • Menarik perhatian pelanggan yang datang, dengan tampilan dan pemajangan produk menarik, dapat menarik pelanggan untuk datang dan melihatnya lebih dekat
  • Memancing perhatian barang istimewa yang tersedia, berlaku untuk produk yang ingin ditonjolkan daripada produk lain karena memiliki nilai lebih atau menjadi produk andalan yang kamu punya
  • Memunculkan dorongan pada produk akan semakin laku
  • Dapat memikat hati pelanggan yang lewat, datang, atau melihat produk tersebut
  • Menarik daya beli dari pembeli yang lewat pada toko atau melihat iklan digital di platform tertentu
  • Mempercepat proses transaksi karena pelanggan akan disajikan pilihan produk yang direkomendasikan

Dan masih banyak lagi fungsi turunan yang lainnya. Pada dasarnya, fungsi dari penataan produk ini adalah agar produk terlihat menarik, mencolok, dan bernilai, sehingga mendorong minat pelanggan untuk membelinya.

Tips Mengelola Penataan Produk secara Real-Time

product display

Jika kamu aktif di toko online dan offline, kamu wajib melakukan penataan produk dengan cermat. Pasalnya, produk yang dipajang dan menarik perhatian pelanggan cenderung akan lebih mudah dibeli. Jangan sampai minat pembelian pelanggan tidak bisa dikonversi jadi penjualan, karena produk habis.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk urusan product display ini.

1. Pastikan Kamu Tahu Value Produk

Pertama jelas, kamu harus tahu secara detail tentang value produk yang akan ditampilkan. Mengangkat value ini menjadi hal yang wajib dilakukan, agar produk tampak stand-out ketika dipajang pada rak atau pada tampilan toko online.

Unique selling point produk harus menonjol agar bisa menarik perhatian pelanggan dan pasar secara terus menerus.

2. Teknis Penataan

Secara teknis penataan kamu juga harus memperhatikan dengan detail. Pencahayaan, sudut pandang dan sudut pajang, materi yang digunakan untuk display, hasil foto atau gambar yang akan dipasang pada marketplace, dan lain sebagainya.

Pastikan semua tampil sempurna dan bisa membuat produk tampak menarik.

3. Susunan Produk

Tidak hanya penataan produk per produk saja, tapi kamu juga harus melihat kesinambungan antara satu produk dengan produk lain. Hal ini akan semakin penting pada toko online yang kamu punya, karena tampilan yang disajikan pada pengguna toko online memiliki ukuran dan layout yang cenderung default.

Jika memungkinkan, atur sedemikian rupa agar tampilan semua produk nyaman dicermati oleh pelanggan. Berikan informasi yang diperlukan dan penting, sehingga ketika pelanggan tertarik dapat langsung melakukan pembelian.

4. Hubungkan dengan Inventory Management

Tips ini sangat penting untuk diterapkan pada setiap toko atau marketplace, supaya kamu tidak mengalami kekosongan stok pada produk yang sudah dipajang. Pastikan product display terhubung dengan modul stok, sehingga akan tampak total stok yang dimiliki.

Ketika hal ini dilakukan, secara otomatis perubahan pada jumlah stok akan terjadi ketika pembelian dilakukan oleh pelanggan atau restock dilakukan oleh bisnis.

iSeller Hadir dengan Modul Inventory Solid-nya

product display

Untuk bisa mengoptimalkan product display yang kamu punya di dalam bisnis, iSeller menghadirkan modul Inventory yang dapat disinkronkan dengan berbagai kanal penjualan yang kamu punya. Bagian dari POS System ini memudahkan urusan menjamin persediaan, sehingga produk yang dipajang akan tampak jelas jumlah total stoknya.

Pada skenario ketika stok produk habis, keterangan dapat langsung ditambahkan, dan produk dapat diatur sedemikian rupa agar berada di bagian bawah dari layout yang digunakan pada marketplace atau website. Dengan begini, produk tidak akan dipesan oleh pelanggan ketika stoknya habis, dan pelanggan akan terhindar dari transaksi yang tertunda akibat ketiadaan produk.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Daftar Menu Digital Kekinian yang Fungsional

Modul Inventory dari iSeller juga menyediakan berbagai fitur yang dapat dioptimalkan. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Inventori per Outlet: menetapkan jumlah inventori di setiap outlet dan membuat kamu punya kontrol inventori di setiap outlet fisik
  • Inventori Multi Outlet yang Intuitif: dengan pengelolaan inventori per outlet, kamu bisa mengelola dan memperbaharui tingkat inventori di setiap outlet dengan mudah lewat fungsi adjustment dari transfer yang lengkap
  • Penjualan dengan Sinkronisasi Otomatis: pilihan penyelesaian order otomatis, kamu bisa menyinkronkan inventori dengan setiap transaksi di semua outlet dan channel yang digunakan. Pengembalian uang dan pembatalan transaksi juga akan otomatis mengembalikan stok ke inventori
  • Peringatan Stok Rendah: kamu akan mendapatkan notifikasi dari sistem ketika inventori yang ada sudah mulai menipis. Tandanya, kamu bisa melakukan restock pada persediaan agar produk tetap tersedia di pasar
  • Transfer Stok Inventori: jika kamu punya lebih dari satu outlet, maka kamu bisa melakukan transfer produk dari satu toko ke toko lainnya dengan mudah dan cepat
  • Lacak Transfer: pada transfer yang sedang berjalan, akan bisa dilihat pada produk dan inventori. Transfer akan tampak di POS dan memudahkan kasir untuk melihat status dari inventori barang

Dengan fitur di atas, kamu bisa memaksimalkan strategi product display yang digunakan untuk menambah jumlah penjualan. Segera ajukan COBA GRATIS sekarang, dan optimalkan setiap fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading