10+ Marketing Tools yang Bisa Kamu Gunakan untuk Bisnis - iSeller Blog

10+ Marketing Tools yang Bisa Kamu Gunakan untuk Bisnis

marketing tools

Setiap pekerjaan yang dilakukan selalu memiliki alat untuk menunjang kelancarannya. Dalam dunia digital marketing, kamu jelas wajib paham mengenai optimasi marketing tools yang tepat, agar dapat memaksimalkan output dari aktivitas kompleks yang satu ini.

Artikel ini kemudian bisa menjadi acuan yang kamu gunakan untuk memahami apa itu marketing tools secara mendasar, manfaat, dan perkiraan apa saja tools yang akan signifikan berperan dalam kemajuan bisnis tahun 2023 ini.

Maka tanpa banyak pengantar lagi, cermati setiap poin di bawah ini!

Baca juga: 5 Cara Membangun Customer Relation yang Baik, Sudah Coba?

Pertama, Pahami Dulu Apa itu Marketing Tools

marketing tools

Secara harfiah, marketing tools dapat diartikan sebagai alat atau perangkat pemasaran. Konsep ini merupakan gabungan berbagai komponen penting dalam bisnis yang digunakan perusahaan dalam bidang pemasaran, agar bisnis dapat memperoleh profit yang ditargetkan.

Jelas, jika dirinci akan banyak sekali alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan. Namun melihat tren yang berkembang di tahun 2023 ini, beberapa tools cenderung akan lebih direkomendasikan daripada yang lain sebab diprediksi akan mendatangkan output yang lebih baik.

Dalam konteks pemasaran, akan selalu ada proses perumusan pesan, pembuatan pesan, penyampaian pesan, dan respon yang diharapkan datang dari pelanggan yang menerima pesan ini. Maka dari itu, manfaat dari alat pemasaran akan fokus pada peningkatan penjualan dan upaya membuat pelanggan tertarik dengan apa yang disajikan bisnis.

Kedua, Manfaat dari Penggunaannya

marketing tools

Penggunaan tools yang tepat dapat membantu Anda, tidak hanya dari sisi menarik pelanggan untuk membeli produk, namun bahkan sejak perumusan dari pesan yang akan disampaikan.

Diskusi Terkait Konten dan Pesan

Pemasaran tidak sekedar memiliki pesan atau konten kemudian dikirimkan melalui media yang dipilih, namun dimulai sejak diskusi dan proses brainstorm terkait ide pesan yang akan digunakan. Optimasi tools untuk diskusi ini bisa melancarkan proses penyusunan rencana, ide, dan eksekusi nya.

Mencapai Target Lebih Mudah

Setiap alat, dalam konteks apapun, akan selalu memiliki manfaat untuk memudahkan penggunanya dalam mencapai target atau tujuan. Hal serupa berlaku pada marketing tools, yang bermanfaat secara umum untuk membantu bisnis atau tim yang Anda miliki dalam mencapai tujuan.

Baik tujuan dalam meningkatkan awareness, hingga meningkatkan total penjualan yang dicatatkan dalam periode waktu tertentu, semua bisa dimudahkan dengan penggunaan tools yang tepat.

Menyediakan Informasi yang Diperlukan

Marketing adalah proses kompleks yang wajib didukung dengan data solid. Ini kenapa, tools untuk menyediakan data juga menjadi penting dalam pencapaian targetnya. Maka manfaat berikutnya dari penggunaan tools ini adalah membantu menyediakan data dan informasi yang diperlukan, baik terkait konten yang sedang hype, selera dan kecenderungan pasar, hingga kanal yang paling cocok untuk digunakan.

Mendukung Produksi Konten

Cukup banyak tools yang tersedia untuk mendukung produksi konten yang diinginkan. Situs edit gambar dan video misalnya, atau situs yang menyediakan template serta footage yang diperlukan untuk berbagai konteks, semua dapat masuk dalam tools pemasaran. Dengan bantuan alat-alat ini penyusunan dan produksi konten yang kamu lakukan jelas akan semakin mudah dan efektif.

Perencanaan dan Penjadwalan Aktivitas Pemasaran

Urusan penjadwalan dan perencanaan aktivitas pemasaran dapat dibantu pula dengan tools yang tersedia secara online. Dengan pemanfaatannya, kamu bisa fokus pada pembuatan konten atau pesan yang tepat, tanpa harus memikirkan dan mengatur secara manual konten yang akan diunggah atau dikirimkan melalui kanal yang dipilih.

Lalu Apa Saja Marketing Tools yang Bisa Mendukung Bisnis di 2023 Ini?

marketing tools

Disampaikan dalam salah satu artikel di mygreatlearning.com, sedikitnya terdapat 20 tools yang dapat kamu gunakan dan optimalkan fiturnya dalam rangka mendukung bisnis di tahun 2023 ini. Sekilas mengenai keduapuluh tools tersebut, bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. MailChimp: adalah alat untuk mengoptimalkan social advertising dan email marketing.
  2. Google Analytics: alat untuk membantu menyediakan data terkait aktivitas digital yang telah dilakukan.
  3. Google Ads: membantu mengiklankan bisnis pada cakupan yang jauh lebih luas.
  4. Canva Business: membantu mendesain konten yang akan kamu gunakan dalam pemasaran.
  5. Trello: alat untuk membantu proses brainstorm dan menyusun strategi untuk digital marketing.
  6. Slack: alat untuk membantu proses diskusi yang dilakukan, komunikasi harian, sesuai dengan project yang dijalankan.
  7. Yoast SEO: membantu kamu dalam mengoptimalkan WordPress, mengelola keywords, membantu pembuatan konten, dan berbagai fitur lain terkait konten dalam situs kamu.
  8. Survey Anyplace: adalah salah satu tools terbaik untuk profesional guna membuat survey pada pelanggan yang sudah ditentukan kriterianya.
  9. Ahrefs: menyajikan seperangkat tools SEO yang memudahkan kamu untuk mengoptimasi situs resmi berdasarkan kriteria yang kamu inginkan.
  10. SEMRUSH: menjadi all-in-one marketing toolkit yang membantu meningkatkan visibilitas bisnis dengan SEO, content marketing, market research, ads, social media management, dan search engine reputation management.

Baca juga: Bisnis Perlu Lakukan Stock Opname, Sebetulnya Apa Tujuannya? 

Selain sepuluh tools di atas, masih ada lagi Loomly, Audeinse, Hubspot, Lemlist, Clearscope, Unbounce, Optimizely, Clearbit, Typeform, hingga Visme, yang dapat kamu kulik dan optimalkan untuk bisnis yang kamu punya.

Selain memanfaatkan marketing tools yang tepat, kamu tentu juga wajib mengoptimalkan proses bisnis yang akan digunakan oleh pelanggan. Penggunaan POS System misalnya, akan jadi langkah tepat untuk memberikan pelanggan sebuah pengalaman transaksi yang praktis, cepat, dan efektif, sehingga dapat membantu mengkonversi leads yang didapat dari aktivitas pemasaran ke dalam penjualan.

iSeller paham benar bahwa optimasi marketing tools adalah hal yang penting. Tapi di sisi lain, iSeller siap mendukung bisnis yang kamu punya dengan menyediakan POS System yang solid, efektif, dan terintegrasi. Dengan kombinasi keduanya, kamu bisa meningkatkan penjualan sampai ke angka yang diinginkan. Segera COBA GRATIS produk iSeller dan maksimalkan potensi yang ada di dalamnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading