6 Tren Email Marketing 2023 Ini Bisa Bikin Bisnismu Sukses - iSeller Blog

6 Tren Email Marketing 2023 Ini Bisa Bikin Bisnismu Sukses

email marketing

Sebagai pebisnis atau marketer, kamu memang tak selalu harus mengikuti tren email marketing yang banyak bermunculan. Namun dengan mempelajarinya, kamu akan menemukan strategi baru yang tentunya lebih up-to-date dan cocok untuk bisnis kamu.

Kamu perlu mengevaluasi, apakah strategi yang selama ini digunakan sebenarnya sudah usang dan mulai harus ditinggalkan.

Email marketing adalah bentuk pemasaran langsung serta pemasaran digital, yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Ini bisa membuat pelanggan mengetahui item atau penawaran terbaru dengan mengintegrasikannya ke dalam upaya otomatisasi pemasaran.

Kelebihan Email Marketing

email marketing
Sumber: Freepik

Email marketing bisa memainkan peran penting dalam strategi pemasaran dengan menghasilkan leads, kesadaran merek bisnis, membangun hubungan, hingga menjaga pelanggan tetap terlibat di antara pembelian melalui berbagai jenis email pemasaran.

Beberapa kelebihan email marketing bisa kamu lihat melalui ulasan di bawah ini:

  • Tingkat keberhasilan mudah diukur. Setiap email yang dikirim, metrik dan laporan telah disediakan yang menunjukkan rasio buka (open rate), rasio klik-tayang (click-through rate), rasio pentalan (bounce rate), hingga rasio konversi (conversion rate). Informasi ini adalah kunci untuk memahami mana yang berhasil dan mana yang perlu diperbaiki dari strategi email marketing.
  • Segmentasi pasar bisa disesuaikan. Daftar setiap segmentasi pasar berdasarkan demografi, minat, hingga perilaku, dapat dibuat dengan mudah. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat pesan iklan yang berbicara langsung kepada setiap target audiens. Ini juga bisa jadi taktik pemasaran yang sangat efektif yang membantu pesan pemasaran beresonansi kuat dengan setiap segmen.
  • Hubungan, loyalitas, dan kepercayaan pelanggan lebih kuat. Dengan membuat buletin dan email yang ditulis dengan baik dan menarik, maka pembaca akan mengenal, menyukai, dan mempercayai kamu maupun bisnismu. Hingga akhirnya mereka akan melakukan pembelian.
  • Menyiapkan kampanye email relatif mudah dilakukan. Kalau kamu ingin menonjol dibandingkan pemilik bisnis lain yang menerapkan strategi ini, daripada menggunakan template yang sudah jadi, sebaiknya kamu punya template email yang dirancang khusus untuk bisnis kamu dan cocok dengan merek bisnismu.
  • Setiap email dikirim ke konsumen, kesadaran akan perusahaan, produk, dan layanan bisnis akan diperkuat. Hal ini akan membantu menjaga nama bisnis kamu untuk tetap diingat ketika tiba saatnya mereka melakukan pembelian.

Baca juga: Strategi Agar Mudah Mendapatkan Pelanggan dalam Online Bisnis Mu!

Tren Email Marketing 2023

email marketing
Sumber: Freepik

Di bawah ini adalah referensi tren email marketing yang wajib kamu pertimbangkan untuk membuat bisnismu kian sukses!

1. Personalisasi Email

Salah satu tren yang diprediksi masih ada dan akan terus populer di email marketing adalah personalisasi email. Strategi ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat konsumen terlibat dengan email yang kamu kirim dan melihat apa yang kamu tawarkan.

Ingat, audiens kamu menerima banyak email dari berbagai perusahaan. Tentunya, mereka tidak akan membuka email yang mereka anggap tidak relevan. Nah, personalisasi email inilah yang bisa menarik perhatian audiens kamu dan membuat mereka tertarik untuk membuka email yang kamu kirimkan.

2. Penerapan AI (Artificial Intelligence)

Penerapan AI atau kecerdasan buatan juga menjadi tren email marketing tahun 2023. Memang, AI bisa membantu marketer dalam membuat keputusan yang lebih baik. Kamu dapat menggunakan AI ini untuk memberikan pengalaman yang lebih baik audiens kamu. Tidak hanya itu, AI juga dipercaya  dapat membantu kamu menulis subjek email, memungkinkan kamu mengirim email yang dipersonalisasi ke setiap prospek, hingga menganalisis ribuan data untuk membuat kampanye email marketing yang efektif.

Selain itu, membersihkan daftar email, membuat mailing list, hingga mengidentifikasi tren dan perubahan audiens kamu juga bisa dibantu oleh AI.

3. Email yang Interaktif

Email interaktif memiliki berbagai elemen yang bisa “dimainkan” oleh publik tanpa harus mengunjungi website lain dan meninggalkan inbox mereka. Beberapa di antaranya adalah carousel gambar yang dapat dijelajahi, video yang dapat diputar, dan game yang dapat dimainkan pengguna.

Tentu saja, kehadiran beberapa elemen interaktif ini akan mendorong audiens untuk terlibat dengan email tersebut. Jadi, hal itu juga akan membuat kamu lebih unggul dari pesaing kamu.

4. Tidak Menggunakan Open Rate sebagai KPI

Tren selanjutnya yang perlu kamu waspadai adalah tidak menggunakan open rate sebagai KPI. Hal ini karena beberapa perubahan pada setelan privasi bisa memengaruhi cara marketer dalam melacak kinerja kampanye mereka. Jadi, sebagai marketer, kamu harus beradaptasi dengan perubahan yang satu ini, ya!

5. Fokus pada Pengguna Seluler

Memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna seluler juga menjadi tren berikutnya dalam email marketing 2023. Bahkan menurut data Google, sebesar 71% pengguna menggunakan smartphone untuk membuka email. Tentunya, hal ini menuntut marketer untuk memastikan bahwa email mereka bisa dilihat dan berfungsi dengan baik di smartphone audiens mereka.

Pastikan untuk menggunakan desain responsif pada email kamu agar dapat menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh konsumen, ya! Selain itu, jangan sampai email kamu terlihat berantakan dan perhatikan pula jumlah duplikat yang tertera di dalamnya agar konsumen tidak perlu scrolling dalam jangka waktu yang lama.

6. Storytelling untuk Audiens

Storytelling menjadi semakin penting karena para konsumen ingin merasa lebih terhubung dengan brand yang mereka beli. Konsumen juga ingin tahu dari siapa mereka membeli dan apa arti perusahan ini. Jadi, dengan memberikan storytelling, kamu juga dapat meningkatkan engagement dan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen kamu. Hal ini dapat mengubah mereka menjadi konsumen setia dan mendukung brand kamu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Lewat Internet!

Kalau strategi email marketing sudah up to date, pastikan kamu mengimbanginya dengan platform paling canggih untuk jualan. iSeller bisa jadi pilihan paling tepat, karena iSeller lebih baik dalam segala hal.iSeller adalah solusi omni-channel commerce yang paling tepat untuk bisnis kamu. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung klik di sini.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading