Hashtag TikTok Mana yang Paling Pas untuk Konten? - iSeller Blog

Hashtag TikTok Mana yang Paling Pas untuk Konten?

hashtag tiktok

TikTok tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan pada tahun 2022 lalu. Berdasarkan data dari Business of Apps yang dilansir dalam dataindonesia.id, sedikitnya ada 1,53 miliar pengguna aktif bulanan TikTok di dunia. Jelas saja, tahu hashtag TikTok yang tepat untuk urusan marketing produk yang kamu punya akan jadi hal penting untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Tapi bagaimana cara mencari hashtag terbaik untuk urusan visibilitas produk dan penjualan ini? Adakah daftar yang bisa dijadikan acuan untuk urusan ini?

Topik ini bisa kamu simak pembahasannya di bagian berikutnya dari artikel ini.

Baca juga: 73% Gen Z Menyukai Video Pendek, Ini Penting Untuk Bisnis Kamu!

Pertama, Yuk Pahami Dulu Fungsi Hashtag di TikTok

hasthtag tiktok

Dilansir dari Sprout Social, hashtag di platform ini bisa membantu konten yang kamu buat untuk masuk ke dalam kategori tertentu. Dengan begini, konten bisa lebih mudah ditemukan saat user TikTok menggunakan hashtag tersebut dalam kolom pencariannya.

Sebenarnya penggunaan dan fungsi hashtag di TikTok sendiri tak jauh berbeda dengan penggunaannya di media sosial lain, seperti Twitter atau Instagram. Tapi kamu juga harus ingat, bahwa tak sedikit yang menyematkan hashtag ini di kontennya meski tak masuk dalam kategori tersebut, hanya untuk meningkatkan visibilitas produk atau kontennya di TikTok.

Beberapa Hashtag TikTok yang Umum Digunakan

hasthtag tiktok

Jika kamu ingin menggunakan hashtag yang umum digunakan, sedikitnya ada 5 hashtag yang telah terbukti muncul dalam jumlah yang cukup banyak. Dilansir dari laman e-Digital Agency dalam kumaran.com, #fyp mendatangkan lebih dari 33 triliun penonton.

#viral, di sisi lain, berhasil mengumpulkan lebih dari 12 triliun penonton. Kamu bisa menggunakannya dengan berbagai kombinasi, seperti #viralvideo, #goviral, dan sebagainya. Kemudian #tiktok mencatatkan lebih dari 4,1 triliun penonton, #duet sebanyak 2,9 triliun penonton, dan #trending sebanyak 2,9 triliun penonton.

Selain beberapa hashtag TikTok yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hashtag yang bisa digunakan untuk membantu konten yang kamu buat semakin mudah terlihat dan tampil di FYP pengguna.

  • #fyp dan berbagai kombinasinya, #fypage, #fyp?, #fypdong, #fypg, #fyppage, #fypindonesia, #viral, #bestvideo, #komediviral, dan lain sebagainya.
  • #like4like dan berbagai kombinasinya, #likes, #suka, #liker, #instalike, #likeback, #like4more, #like4u, #likefollow4, dan lain sebagainya.
  • #follow dan berbagai kombinasinya, #follow4follow, #like4follow, #follows, #followers, #follows, #pengikut, #followalways, dan sebagainya.
  • #magicslap, #YearOnTikTok, #comedyrewind, #belajaronline, #rinduibu, #hanyamimpi, #TikTokDWPV, #desperado, #Masteredukasi, #BeActive, #bestvideo, #tiktok4fun, #edit, #menuviral, #girlboss, #feelingblue, #comedyweek, #kreasinasi, #jadianimasi, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, penggunaanhashtag ini sendiri sebaiknya disesuaikan dengan konten dan produk yang kamu buat. Tapi jika memang ingi mendapatkan FYP atau viral, kamu bisa saja menggunakan hashtag di atas secara sporadis di konten yang diunggah, supaya memperbesar kesempatan mendapat impresi yang tinggi.

4 TIps Memilih Hashtag yang Pas untuk Konten TikTok

hasthtag tiktok

Ada beberapa tips yang sebenarnya bisa kamu pakai untuk memilih hashtag TikTok yang tepat digunakan untuk konten.

1. Pertama, Pastikan Hashtag Relevan

Sebenarnya tidak cuma harus tahu soal hashtag yang bisa meningkatkan visibilitas, tapi juga disesuaikan dengan relevansi konten. Sah-sah saja menyematkan tagar agar konten lekas naik dan mendapat impresi tinggi. Tapi ketika relevansinya kurang tepat, maka bisa jadi pengelompokan yang masuk di sistem TikTok tidak selaras.

Jadi, pertimbangkan juga penggunaan tagar yang relevan ya!

2. Buat Konten yang Sesuai dengan Hashtag yang Naik

Kamu juga bisa membuat konten yang sesuai dengan hashtag yang sedang populer. Kamu bisa dengan mudah melihat tagar yang sedang banyak digunakan pada konten FYP di TikTok, kemudian menyesuaikan konten yang dibuat dengan tren yang berkembang.

Jangan salah, cukup banyak lho konten yang viral dari brand yang membuatnya berdasarkan tren. Jadi selama ada kesempatan, coba usahakan dengan maksimal.

3. Rajin Melakukan Riset Hashtag

Memang pada dasarnya kamu perlu melakukan riset hashtag secara rutin untuk konten TikTok yang akan kamu buat. Dengan begini, kamu tidak akan pernah ketinggalan tren penggunaan hashtag terbaru untuk konten yang dinaikkan. Kesempatan FYP semakin besar, dan impresi juga akan meningkat.

4. Kombinasi Hashtag yang Tengah Populer dan Relevan

Cara keempat untuk memilih hashtag TikTok yang tepat adalah dengan memadukan kombinasi hashtag populer dengan hashtag relevan. Dengan begini, kotenmu akan mudah masuk dalam algoritma yang melibatkan tagar, jadi lebih mudah meningkat visibilitasnya.

Baca juga: Konten TikTok yang Akan Tren di 2023, Intip Yuk! 

Penggunaan hashtag TikTok memang jadi salah satu trik berguna untuk melakukan gerilya di media sosial ini. Selain itu, tentu saja kamu harus memikirkan kemudahan transaksi yang mungkin dilakukan pelanggan melalui ‘keranjang kuning’ di platform ini.

iSeller, kemudian hadir untuk membantu kamu mengelola penjualan di platform TikTok. Dengan penggunaan sistem dari iSeller, kamu bisa mengelola penjualan dari platform ini, dan beberapa platform lain secara terintegrasi. Semua metode pembayaran bisa tersedia, jadi pelanggan akan lebih mudah melakukan transaksi. Maksimalkan penggunaan hashtag TikTok dan kombinasikan sistem manajemen toko solid dari iSeller untuk memaksimalkan potensi penjualan. Coba GRATIS sekarang, dan optimalkan bisnis yang kamu punya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading