Sudah Pakai Social Media Marketing? Ini 8 Diantaranya! - iSeller Blog

Sudah Pakai Social Media Marketing? Ini 8 Diantaranya!

social media marketing

Rasanya tidak mungkin di era kekinian ini sebuah bisnis tidak memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasarannya. Konsep social media marketing jadi penting untuk kamu pahami, agar kamu bisa ikut memaksimalkan kesempatan yang ada di berbagai platform tersebut.

Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud social media marketing itu? Apa sekedar menawarkan produk di Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya?

Nah agar kamu punya pemahaman lebih jauh soal konsep ini, kamu bisa membaca sampai selesai artikel singkat berikut. Mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, sampai ke manfaat penggunaannya untuk bisnis, akan diulas di sini.

Baca juga: Capai Keuntungan Maksimal dengan 5 Strategi Bisnis Ini!

Mari Cermati Pengertiannya

social media marketing

Dalam laman investopedia.com, disampaikan bahwa konsep ini dipahami sebagai penggunaan media sosial untuk membangun brand perusahaan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan traffic pada website yang kamu punya.

Di waktu yang sama, optimasinya bisa membantu perusahaan untuk terus menjalin komunikasi dan interaksi dengan pelanggan setia, sekaligus meningkatkan kesempatan menemukan pelanggan baru. Ketika sudah berjalan, kamu bisa memperoleh banyak sekali data pelanggan dari aktivitas ini, yang dapat digunakan sebagai acuan keberhasilan aktivitas pemasaran sekaligus basis data untuk melakukan aktivitas pemasaran berikutnya.

Jadi, tidak sekedar berjualan di berbagai platform yang disebutkan di atas saja ‘kan?

Ragam Jenis Social Media Marketing

social media marketing

Penjelasan tentang jenisnya akan diberikan di sini, lengkap dengan estimasi pengguna bulanan yang dilansir dari datareportal.com.

1. Facebook

Facebook memiliki estimasi pengguna aktif setiap bulan di seluruh dunia mencapai 2,958 miliar user. Keberadaan bisnis yang kamu punya di Facebook menjadi sebuah keharusan, karena media ini menawarkan berbagai fitur terbaik dari setiap media sosial yang ada.

Berbagi konten, berkomunikasi dengan pelanggan, menjalankan iklan, hingga menyediakan customer support untuk pelanggan bisa kamu lakukan di sini.

2. YouTube

Dengan pengguna aktif bulanan di Januari 2023 mencapai 2,514 miliar user, YouTube juga jadi platform untuk melaksanakan social media marketing yang menggoda. Kamu bisa berbagi video durasi panjang mengenai produk, campaign, atau dukungan yang diberikan perusahaan pada program produktif di masyarakat yang berkaitan dengan produk.

Ketika produk kompetitor menggunakan platform ini, maka produk yang kamu punya juga bisa lekas muncul ketika menggunakan kategori serupa.

3. WhatsApp

Dengan total pengguna bulanan di Januari 2023 sebanyak 2 miliar user, WhatsApp menjadi tempat menjalankan strategi pemasaran yang juga efektif.

Selain karena kontennya bersifat lebih pribadi, kamu bisa dengan mudah menjalin komunikasi dengan pelanggan setia yang sudah kamu punya. Menyesuaikan konten dengan preferensi pelanggan akan semakin efektif untuk meningkatkan penjualan yang kamu lakukan.

4. Instagram

Jumlah pengguna bulanan aktif Instagram pada Januari 2023 serupa dengan user WhatsApp. Instagram sendiri lebih cocok digunakan untuk bisnis jenis B2C, karena akan membuat kamu langsung bisa berinteraksi dengan pelanggan dan pasar.

Kini, Instagram diperkuat dengan Reels, yang memungkinkan kamu mengunggah video dengan durasi lebih panjang. Jelas, ini artinya ruang untuk pemasaran semakin besar pula.

5. TikTok

Pada Januari 2023 lalu, jumlah pengguna aktif bulanan media ini mencapai 1,051 miliar user. Konten yang menghibur, interaktif, dan memungkinkan kamu menggunakan fitur live untuk berjualan, membuat TikTok jadi ‘taman bermain’ banyak brand kekinian yang ingin menyasar audiensnya.

Kontennya berupa video pendek, khusus di perangkat mobile, dan menuntut konten dengan stopping power yang tinggi, membuat keberagaman konten TIkTok jadi tantangan tersendiri untuk pelaku bisnis.

6. Snapchat

Pada sumber data yang kami gunakan tersebut, diklaim bahwa Snapchat memiliki potential advertising reach hingga 635 juta user di bulan Januari 2023 lalu.

Media ini terkenal karena visibilitas konten pendeknya, yang sering diunggah ulang ke platform lain. Originalitas sangat didukung karena video secara langsung akan hilang dalam waktu 24 jam setelah diunggah.

7. Twitter

Pada datareportal.com, Twitter diklaim memiliki potensi jangkauan iklan sebesar 556 juta user di periode yang Januari 2023 ini.

Lebih terkenal sebagai salah satu kanal layanan pelanggan yang responsif, unggul, dan mudah digunakan, Twitter sejatinya juga dapat membangun jaringan pasar yang cukup kuat. Publikasi konten terbaru dapat dilakukan di sini, untuk menarik perhatian pasar yang mungkin melihat konten yang kamu buat.

8. Pinterest

Pengguna aktif harian dari media ini adalah sekitar 445 juta user pada Januari 2023 lalu. Terkenal dengan ragam konten inspiratif, ternyata Pinterest juga jadi salah satu media sosial yang tepat untuk melaksanakan social media marketing.

Kamu bisa memanfaatkan fitur iklan di media ini untuk menjangkau pasar yang baru dan pelanggan potensial.

Tentu masih ada beragam jenis social media marketing yang lain tergantung pada platform yang dipakai. Namun delapan yang disebutkan di atas adalah media yang memiliki user atau reach paling besar pada Januari 2023 lalu.

Manfaat Penerapan Social Media Marketing

social media marketing

Eksekusi social media marketing yang tepat sendiri bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis yang kamu punya.

  • Menjadi top of mind, karena secara reguler kamu akan membuat konten menarik untuk dapat dilihat oleh pelanggan, dan membantu brand mendapatkan tempat di benak pelanggan.
  • Produksi konten baru dan menarik untuk pelanggan, berdasarkan data yang didapatkan dari periode sebelumnya
  • Melakukan manajemen reputasi secara online dengan memberikan respon terbaik pada interaksi dengan pelanggan
  • Penggunaan fitur iklan yang lebih ekonomis daripada iklan di media konvensional
  • Menghasilkan pendapatan yang efektif ketika diintegrasikan dengan fitur shop atau penjualan yang disediakan platform tersebut

Baca juga: Sudah Tahu Cara Iklan di Instagram? Coba Lihat di Sini! 

Mengoptimalkan social media marketing memang jadi salah satu tugas wajib bagi sebuah perusahaan. Terlebih ketika pemasaran di media sosial bisa didukung dengan sistem POS yang handal dan solid, seperti yang disediakan oleh iSeller. Manajemen penjualan di setiap media sosial bisa diintegrasikan dalam satu sistem yang berkualitas, jadi kamu bisa mengelola semua platform dengan lebih mudah. Ajukan percobaan GRATIS sekarang juga, dan dapatkan semua fitur yang bisa kamu optimalkan untuk bisnis!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading