Simpel, Ini 6 Tips Membuat Desain Kemasan Produk Untukmu! - iSeller Blog

Simpel, Ini 6 Tips Membuat Desain Kemasan Produk Untukmu!

desain kemasan produk

Satu hal yang pertama yang dilihat oleh pelanggan saat akan melakukan pembelian adalah kemasan produk. Dengan desain kemasan produk yang menarik, perhatian pelanggan dengan mudah akan didapatkan, dan memancing rasa ingin tahu dari pelanggan tersebut.

Tapi apakah semua kemasan produk yang ada di pasar benar-benar menarik dan layak mendapatkan perhatian?

Pertanyaan ini harus benar-benar kamu dalami, sehingga mendapatkan insight yang kuat untuk membuat desain produk menarik, tidak hanya secara tampilan, namun juga menunjukkan value kuat dari produk yang kamu tawarkan.

Baca juga: Revenue Stream 101: Kenali & Optimalkan Keuntungannya

Tapi Apa Pengertian Desain Kemasan Produk Itu?

Desain kemasan produk

Desain kemasan sendiri bisa dipahami sebagai sebuah creative effort dalam memproses suatu benda yang berfungsi sebagai pembungkus atau wadah dari suatu produk. Proses pembuatannya akan mengacu pada rancangan untuk produk yang bersangkutan.

Desain yang menarik menjadi konsep yang abstrak dalam dunia pemasaran, sebab setiap segmen pasar dan produk memiliki karakternya masing-masing. Kombinasi dari berbagai nilai yang divisualisasikan kemudian bisa membantu menyampaikan value dari produk ke pelanggan melalui tampilan yang tepat dengan selera pasarnya.

Kompleksnya desain kemasan produk membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk dikembangkan, hingga mencapai bentuk yang sesuai dengan produk yang kamu punya ini.

Fungsi dari Desain Kemasan Produk yang Digunakan

Desain kemasan produk

Secara mendasar ada setidaknya empat fungsi yang dijalankan oleh desain dari kemasan produk yang akan kamu gunakan. Keempatnya akan dijelaskan dalam poin singkat berikut ini.

1. Media Berkomunikasi

Kemasan yang baik dapat mengkomunikasikan produk ke pelanggan yang melihat atau terpapar olehnya. Pemilihan bahan, kombinasi warna, bentuk, hingga copy yang disematkan, menjadikannya media sempurna untuk dapat berinteraksi dengan sasaran pasar yang Anda punya. Selain itu, citra produk juga bisa disematkan pada kemasan untuk memberikan daya tarik yang lebih besar.

2. Menentukan Identitas dari Produk

Tidak setiap kemasan mendapatkan ‘kesempatan’ untuk menarik perhatian pelanggan, kemudian disambangi, dan dicermati. Maka dari itu, ketika dilihat sekilas, desain ini dapat berfungsi sebagai sebuah identitas bagi produk yang kamu jual. Pada tingkat lebih lanjut, kemasan produk akan dapat diasosiasikan dengan mudah oleh pelanggan, dan dikenali bahkan dari jarak yang jauh.

3. Representasi Estetika

Desain kemasan produk yang tepat dapat meningkatkan nilai estetika sebuah produk yang mungkin sebenarnya memiliki value yang mirip dengan kompetitornya. Tanpa mengesampingkan inovasi dan ciri khas produk, kemasan yang tepat dapat membantu ‘membentuk’ citra dan estetika produk yang ditawarkan dan dipajang di display.

4. Brand Image untuk Jangka Panjang

Dalam periode yang panjang, kemasan produk dengan desain yang baik juga berfungsi untuk media branding dari perusahaan dan produk yang kamu punya. Brand image akan terbangun seiring berjalannya waktu, dengan pengalaman pelanggan dan nilai yang didapatkan mereka yang telah menggunakannya.

Ini Beberapa Tips yang Bisa Kamu Pakai untuk Mendesain Kemasan Produkmu

Desain kemasan produk

Setelah mengetahui fungsi dari kemasan produk dengan desain yang tepat, terakhir adalah mengenai beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk membuat desain kemasan yang menarik. Jelas kamu harus mengamati dinamika pasar dan apa yang dilakukan kompetitor. Tapi beberapa tips fundamental ini bisa kamu coba terapkan dan adaptasi.

Pertama, Desain Sederhana

Meski estetis dan menarik, kemasan produk tetap harus sederhana dan mudah dibuka oleh pelanggan. Jangan sampai kamu menekankan nilai kompleksitas yang terlalu tinggi pada desainnya, dan membuat pelanggan sulit membuka kemasan ketika akan menggunakan produk.

Kedua, Kombinasi Warna

Kombinasi warna memang akan bergantung dengan citra yang akan kamu usung. Kamu bisa belajar tentang psikologi warna di beberapa artikel lain. Sederhananya, setiap warna memiliki karakter khasnya masing-masing, dan kamu harus cermat dalam menggunakan kombinasi warna yang mudah terlihat ini.

Ketiga, Optimalkan Kemampuan Desain Grafis

Untuk membuat gambar, logo, atau bahkan maskot yang ikonik memang bukan perkara mudah. Namun ketika kamu mendapatkannya, kamu bisa menjadikannya ‘senjata’ untuk urusan pemasaran dan penjualan. Pastikan gambar yang disematkan pada kemasan relevan, dan relate dengan produk atau pelanggan yang jadi sasaran utama.

Keempat, Tambahkan Data Legalitas

Baik berupa cap dari organisasi masyarakat yang umum di Indonesia, dari lembaga kesehatan, dari lembaga obat dan makanan, dan lain sebagainya, bisa membantu produk tampak lebih menonjol. Setidaknya ketika dicermati oleh pelanggan, kamu bisa menyajikan data legalitas dan standarisasi yang jelas untuk produk.

Kelima, Value Unik dan Font Menarik

Pastikan kamu memberikan aksen mengenai value unik produk dan menggunakan font yang sesuai dengan karakter produk. Hal ini bisa membantu meningkatkan daya tarik, dan setidaknya menambah stopping power untuk pelanggan yang kebetulan melihat kemasan produk.

Keenam, Alternatif Bahan yang Digunakan

Belakangan penggunaan berbagai bahan unik untuk kemasan terus dilakukan demi memberikan citra yang berbeda dan unik pada produk. Kamu bisa melakukan riset terkait hal ini, untuk mendapatkan formula sempurna untuk bahan baku kemasan produk. Ingat untuk tetap memperhatikan nilai utama dari kemasan produk, yakni dapat membungkus dan melindungi produk dengan aman.

Baca juga: Strategi Word of Mouth: Manfaat dan Cara Tepat Menjalankannya 

Tren yang terus berubah memang menjadi tantangan tersendiri dalam mengoptimalkan desain kemasan produk menarik untuk produk yang kamu punya. Tapi hal ini bukan tidak mungkin dilakukan, dengan sedikit effort dan tenaga untuk melakukan riset yang tepat.

Untuk memasang desain kemasan produk yang sudah kamu susun ini, kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh iSeller seperti misalnya produk KiosK. Produk ini dapat membantu menampilkan display dengan jelas, dan menyediakan transaksi yang mudah untuk pelanggan. COBA GRATIS sekarang juga, dan dapatkan semua manfaatnya untuk bisnis Anda!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading