Pentingnya Arus Kas Untuk Kelangsungan Bisnis

Pentingnya Arus Kas - Orang Memegang Pulpen Biru Dan Bening

Masalah finansial sering menjadi alasan utama kebangkrutan pada usaha kecil. Banyak usaha yang gagal karena cadangan kas mereka yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, di setiap bisnis harus memiliki strategi keuangan yang cukup jika ingin tetap bertahan. Strategi keuangan yang dimaksud adalah cashflow (arus kas) yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap bisnis.

Arus kas atau cash flow mengacu pada pergerakan uang yang masuk dan keluar di perusahaan selama periode waktu tertentu, umumnya setiap bulan. Indikasi sebuah arus kas yang baik adalah selisih surplus antara pemasukan dan pengeluaran kas yang nyata, Sedangkan arus kas yang rapi bisa dilihat dari jelasnya prioritas pengeluaran dan seimbangnya kebutuhan bisnis kamu.

Baca Juga: Mudahnya Mengelola Bisnis Retail Dengan Akuntansi yang Tepat!

Pentingkah Menjaga Arus Kas Untuk Bisnis?

Pentingnya arus kas dalam bisnis - Koin Perak Dan Emas

Peran laporan keuangan dalam sebuah bisnis sangat penting karena laporan ini memegang peranan vital dalam mendukung kemajuan perusahaan. Dengan adanya arus kas yang rapi, hal ini tentu akan membantu kamu untuk mengetahui dan memperhitungkan masalah keuangan bisnismu. Setelahnya, kamu juga bisa menerapkan strategi keuangan yang lebih baik sebagai solusi keuangan bisnismu.

Berdasarkan penjelasan di atas, pasti sudah terbayang pentingnya peranan arus kas dalam sebuah bisnis. Baca lebih lengkap tentang manfaat arus kas di bawah, ya!

Manfaat Menjaga Arus Kas

Sebagai Informasi Penting

Foto stok gratis akuntansi, arsip, bekerja

Arus kas merupakan salah satu faktor yang menentukan kelancaran sebuah bisnis. Laporan arus kas bisa membantu kamu menentukan produk/jasa mana yang lebih menguntungkan dalam bisnismu. Kamu juga bisa mengenali bagian dari bisnismu yang paling banyak mengeluarkan biaya. Jadi, kamu bisa meminimalisir kerugian dan memaksimalkan pendapatanmu dengan strategi keuangan yang tepat.

Dasar Pengambilan Keputusan

Dengan Mengamati perkembangan arus kas, akan lebih memudahkan kamu untuk mengambil beragam keputusan penting, misalnya untuk melanjutkan rencana dalam bisnismu. Arus kas yang jelas dan rapih akan memudahkan kamu untuk menentukan pertimbangan terbaik. Kamu bisa merencanakan alokasi untuk masa yang akan datang berdasarkan data yang telah tersedia.

Meyakinkan Pihak Bank

Rekan Rekan Yang Ceria Berjabat Tangan Sambil Berdiri Di Meja

Ketika bisnismu membutuhkan suntikan dana dari kreditur, mereka akan menganalisis perkiraan keuangan kamu berdasarkan arus kas bisnismu untuk dapat menentukan apakah perusahaanmu mampu mengajukan pinjaman dana dan mengembalikan pinjaman tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Sistem yang Tepat Untuk Sebuah Bisnis

Arus kas merupakan indikator sehat atau tidaknya sebuah bisnis. Jika kamu pemilik bisnis, kamu harus memantau arus kas perusahaan kamu. Dengan membuat rencana keuangan usaha yang jelas, kamu bisa terhindar dari risiko kerugian.

Untuk membantu kamu dalam menyusun laporan arus kas, kamu bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate yang tersedia dengan fitur yang sangat lengkap seperti melihat rekening Koran, pembayaran gaji, serta laporan laba rugi yang akan sangat membantu kamu memantau arus kas bisnismu. Aktifkan add on accurate untuk bisnismu sekarang, ya! Cari tahu lebih lanjut, di sini.

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: