Mencari ide Bisnis Minuman Kekinian? - iSeller Blog

Mencari ide Bisnis Minuman Kekinian?

bisnis minuman kekinian

Mungkin kamu juga sadar bahwa naiknya tren berbagai bisnis minuman kekinian semakin banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Tentu, mereka memiliki perhitungan tersendiri untuk mengambil keputusan ini, karena melihat adanya potensi keuntungan yang lumayan dari bisnis tersebut.

Tapi jika dikulik lagi, apakah masih ada ide bisnis minuman kekinian yang bisa dimaksimalkan? Jika pun ada, bagaimana cara memulainya? Apa saja sih sebenarnya keuntungan yang ditawarkan sehingga sektor ini menggoda banyak orang dan terlihat menggiurkan?

Baca Juga: Target Audience 101: Jenis & Cara Penentuannya Sesuai Bisnis

Mari Coba Bedah Beberapa Ide Bisnisnya Dulu

bisnis minuman kekinian

Sebelum masuk ke cara memulai dan sederet keuntungan yang ditawarkan dari bisnis ini, mari terlebih dahulu membedah kemungkinan dan ide-ide bisnis minuman kekinian yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Minuman Berkarbonasi Non-Alkohol

Ide pertama ini bisa jadi ide yang menarik karena ketertarikan pemuda saat ini dengan jenis minuman tersebut. Tidak sedikit yang belakangan menggemari minuman beralkohol khas Korea Selatan, soju. Tapi mengingat kita hidup di Indonesia, segmen pasar pelanggan untuk produk non-alkohol selalu lebih besar. Jadi kamu bisa membuat minuman dengan rasa yang menyerupai soju, tapi tanpa alkohol dan tetap menawarkan karbonasi yang segar.

2. Berangkat dari Tradisi, Jamu

Sering mendengar istilah pemuda dan pemudi jompo kekinian? Lalu kenapa tidak mengangkat minuman daerah yang punya khasiat untuk membuat badan lebih rileks dan meredakan rasa lelah, seperti jamu? Kamu bisa membuat branding-an jamu kekinian dengan gimik dan strategi marketing menarik, sehingga bisa merengkuh pasar yang luas pada kaum pekerja yang merasa jompo sebelum waktunya.

3. Cold Pressed Juice, Segar dan Sehat

Minum jus buah menjadi salah satu kebiasaan sehat yang diminati banyak orang. Apalagi ketika siang hari yang terik dan panas, sebotol jus buah akan mengobati dahaga yang dirasakan. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis.

Cold pressed juice sendiri adalah jus buah yang diambil sari buahnya saja, sehingga tidak terlalu kental dan lebih segar saat dikonsumsi. Biasa disajikan dalam botol siap minum, kamu bisa menjadikannya ide bisnis yang potensial.

4. Racikan dengan Bahan yang Sudah Ada

Sebut saja minuman dengan campuran biskuit Regal, Orea, atau Yakult, olahannya begitu diminati sehingga menjadi salah satu kesempatan bisnis baru yang bisa dimanfaatkan. Rasanya yang segar dan cukup untuk mengganjal perut akan menjadi nilai jual dari produk ini.

Tapi ingat, lakukan percobaan yang matang agar produk yang dihasilkan benar-benar bisa memuaskan pelanggan yang kamu sasar.

5. Es Kopi Susu

Terdengar membosankan tapi pada kenyataannya masih terlihat menggiurkan di mata banyak pebisnis. Kamu bisa membuka brand sendiri, atau mulai dengan membeli franchise yang sudah ada sekarang untuk tahap belajar.

Semua alur bisnis yang sudah matang tinggal diterapkan saja, dan kamu hanya perlu mencari titik berjualan yang strategis.

Bagaimana Cara Memulainya?

bisnis minuman kekinian

Untuk memulai bisnis minuman kekinian ini, kamu bisa mengikuti langkah sederhana berikut. Tentu, langkah ini bersifat rekomendasi, dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan jenis bisnis yang kamu lakukan nantinya.

  • Tentukan jenis produk yang ingin dijual, lakukan riset pasar, dan temukan segmen pasar yang menjadi sasaran untuk produk yang kamu jual
  • Pastikan kamu menyiapkan semua bahan baku yang berkualitas sehingga hasil akhir dari produk minuman bisa memberikan kepuasan pada pelanggan
  • Jangan takut untuk berinovasi dan melakukan percobaan ketika kamu memiliki brand sendiri, karena bisa jadi rejeki yang kamu punya ada di balik pengembangan produk yang dilakukan
  • Berikan desain kemasan yang menarik agar mudah dikenali oleh pasar, sehingga lebih mudah diasosiasikan dengan berbagai hal yang ada di sekitar
  • Pilih lokasi strategis untuk berjualan, karena pada akhirnya lokasi akan menentukan prestasi. Jika ingin menjualnya di marketplace, pastikan kamu mendapat harga yang sesuai
  • Gunakan media sosial untuk memaksimalkan cakupan pemasaran yang kamu lakukan. Efektif untuk menjangkau pasar, social media marketing bisa membantu kamu untuk mendapatkan perhatian dari pasar
  • Tentukan harga jual, dan perhitungkan break even point yang harus dicapai dalam waktu yang jelas sebagai target bisnis yang kamu jalankan ini

Alasan Kenapa Bisnis Minuman Kekinian Masih Menggiurkan

bisnis minuman kekinian

Pembahasan topik ini tentu bukan tanpa alasan. Banyak faktor yang menjadikan bisnis ini demikian menggiurkan, bahkan sampai di pertengahan tahun 2023 ini. Beberapa faktor yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

  • Modal yang diperlukan tidak terlalu besar
  • Alat dan bahan mudah didapatkan sesuai dengan produk yang kamu ingin jual
  • Segmen pasar yang luas dan potensinya yang besar
  • Keuntungan maksimal karena margin yang didapatkan cenderung besar

Baca Juga: Restaurant POS Platform: Fungsi, Cara Kerja, Kelebihannya 

Sekilas penjelasan tentang ide, cara memulai, dan alasan kenapa bisnis minuman kekinian ini masih mengeluarkan semoga bisa jadi inspirasi yang berguna untuk kamu dan partner bisnismu. Jangan lupa, untuk memaksimalkan proses penjualan di setiap titik yang kamu buka, kamu bisa memanfaatkan POS System dari iSeller. Kasir online ini memiliki sistem yang solid dan benar-benar mudah dikustomisasi, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. COBA GRATIS sekarang juga, dan rasakan manfaat setiap fiturnya yang optimal untuk bisnismu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading