Pentingnya Mendapatkan Loyalitas Konsumen bagi Bisnis

loyalitas konsumen
loyalitas konsumen

Konsumen memang menjadi bagian penting dalam bisnis, oleh karena itu penting mendapatkan loyalitas konsumen bagi bisnis kamu. Banyak pebisnis yang terlalu fokus untuk hanya mencari pelanggan baru sebanyak-banyaknya tanpa menaruh perhatian lebih atau menjaga kepuasan pelanggan mereka yang sudah ada. Menggaet konsumen baru memang sulit dilakukan, tapi akan lebih sulit lagi untuk kamu bisa menjaga loyalitas dan kesetiaan konsumen lama yang sudah menggunakan bisnismu.

Pentingnya Loyalitas Konsumen

Cobalah untuk fokus pada kesetiaan atau loyalitas pelangganmu. Karena, ketika kamu mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada, bisnismu bisa bertahan lebih lama dengan dukungan mereka.

Loyalitas konsumen tidak sekedar tentang produk dan layanan yang kamu berikan, tapi pengalaman positif yang mereka rasakan selama mereka menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Loyalitas yang diberikan pelangganmu tidak datang begitu saja, melainkan harus kamu ciptakan dengan usaha ekstra. Inilah pentingnya mendapatkan loyalitas konsumen bagi bisnismu

1. Kualitas Pelayanan yang Lebih Baik

Apakah pelayanan yang kamu berikan memuaskan? Apakah kualitas produkmu sudah cukup baik?

Ketika kamu memiliki konsumen yang loyal, kamu memiliki kesempatan besar untuk memperbaiki tingkat kepuasan pelanggan yang kamu berikan. Hal ini bisa dilakukan dengan mendengarkan kritik, masukan, dan saran dari konsumenmu yang loyal.

Dengan adanya masukan yang diberikan, kamu bisa tahu kekurangan yang ada dalam bisnismu, sehingga kamu bisa memperbaiki serta membangun kembali pelayanan dan strategi usaha yang menurutmu bisa dikembangkan jadi lebih baik.

Oleh karena itu, kamu juga harus menjaga hubungan baik dengan pelangganmu, setidaknya dengan mendengarkan saran dari mereka yang telah memakai produk atau layananmu.

2. Penjualan Meningkat

Ketika kamu memiliki pelanggan setia, kamu setidaknya sudah berhasil membuat bisnismu jadi lebih stabil. Kalau pelangganmu sudah mencoba produk atau layanan jasa yang kamu berikan, potensi mereka untuk kembali menggunakan produk atau layananmu akan lebih besar jika mereka mendapatkan kepuasan akan kualitas yang kamu berikan.

Ketika kamu sudah memiliki kepercayaan konsumen dan mengenal mereka dengan baik, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk memprediksi dan mengidentifikasi kebutuhan mereka. Kamu bisa menerapkan strategi promosi yang tepat untuk konsumen setiamu ini.

3. Keuntungan Lebih Tinggi

Mungkin kamu bingung kenapa loyalitas konsumen bisa meningkatkan keuntunganmu. Gampangnya, ketika kamu memiliki konsumen yang sudah loyal dengan bisnismu dan menyukai produk dan kualitas yang kamu berikan, mereka bisa saja mencoba membeli produk atau menggunakan layanan lain yang kamu tawarkan.

Lebih mudah juga untuk kamu melakukan up-selling kepada konsumen yang sudah loyal dan percaya dengan bisnismu, karena mereka sudah mempercayai produk yang mereka dapatkan darimu sebelumnya.

4. Pemasaran Produk Lebih Mudah

Berbeda dengan konsumen lama, ketika kamu mencari pelanggan baru, akan ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk meyakinkan pelanggan baru untuk membeli atau bahkan mencoba produkmu.

Karena itu, ketika kamu mencari pelanggan baru, otomatis akan memakan lebih banyak biaya dan waktu dibandingkan kamu menjaga hubungan baik dengan pelangganmu yang sudah ada.

Bahkan, pelanggan lamamu bisa menjadi bagian promosi secara tidak langsung, caranya dengan mereka merekomendasikan bisnismu pada rekannya yang lain. Ketika direkomendasikan oleh orang terdekat, besar kemungkinan mereka untuk ikut mencoba produk yang direferensikan.

Baca Juga: Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Dapat Dilakukan

5. Menghemat Keuangan Bisnis

Percayakah kamu jika menjaga hubungan baik dengan pelangganmu dipercaya bisa menghemat anggaran bisnismu? Faktanya, ketika kamu bisa mengelola dan mendapatkan loyalitas konsumen, hal tersebut bisa menjadi penentu keberhasilan untuk bisnismu ke depannya. Mencari pelanggan baru membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan mempertahankan konsumen yang sudah ada.

Tapi tentu saja hal ini tidak semata-mata tentang mendapatkan keuntungan lebih dan menghemat keuangan bisnismu, tapi juga bagaimana kamu bisa tetap menjaga kualitas produkmu sehingga pelanggan lamamu tidak berpaling ke produk atau layanan lain.

Itulah pentingnya mendapatkan loyalutas konsumen bagi bisnis yang perlu kamu ketahui. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, kamu sebaiknya tidak mengabaikan konsumen lamamu dan hanya sibuk mencari konsumen baru. Kamu harus proaktif dalam menjaga konsumen yang sudah ada dan loyal terhadap bisnismu. Karena, mereka yang saat ini telah menggunakan bisnismu berpotensi besar untuk membuat bisnismu berkembang pesat.

Untuk menjaga konsumen yang sudah ada tetap loyal, kamu bisa sesekali memberikan potongan harga khusus, contoh produk secara cuma-cuma, voucher eksklusif dan juga loyalty point untuk pelangganmu. Strategi ini sangat efektif untuk membuat pelangganmu kembali melakukan pembelian dan bertransaksi di tokomu.

Kamu juga bisa membuat vouchermu sendiri di iSeller, lho! Voucher ini bisa digunakan pelangganmu untuk melakukan pembayaran pada toko online-mu. Tidak hanya voucher, iSeller juga memiliki fitur diskon yang bisa kamu terapkan secara langsung pada setiap produk, atau fitur Loyalti Poin yang bisa kamu berikan sebagai reward untuk pelangganmu. Kalau kamu belum punya toko online, kamu bisa buat toko online secara gratis di iSeller, lho! Coba sekarang pakai iSeller, yuk!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: