Kenapa UMKM Butuh Aplikasi Kasir? Ternyata Ini 10 Manfaatnya - iSeller Blog

Kenapa UMKM Butuh Aplikasi Kasir? Ternyata Ini 10 Manfaatnya

aplikasi kasir

Saat ini, cash register atau pencatatan transaksi secara manual memang mulai digantikan oleh komputer sebagai media Point of Sales (POS). POS ini juga biasa disebut dengan aplikasi kasir, software kasir, atau aplikasi toko. Dengan otomasi yang mudah, penggunaan aplikasi kasir memungkinkan para pebisnis lebih teliti terhadap transaksi yang terjadi dan tentu saja memudahkan kinerja.

Keberadaan aplikasi kasir akan membantu bisnis UMKM dan bisnis lainnya bertransaksi dengan para pelanggan secara lebih mudah dan cepat. Jadi, mereka tidak perlu mengantri panjang dan lama hanya untuk menyelesaikan transaksi pembelian.

Sebagai seorang pengusaha UMKM yang sedang berkembang, kamu pasti ingin memiliki pencatatan penjualan yang baik dan efisien, bukan? Di bawah ini akan dibahas beberapa manfaat aplikasi kasir untuk menunjang bisnis UMKM kamu, dan rekomendasi aplikasi terbaiknya.

Pentingnya Aplikasi Kasir bagi UMKM

aplikasi kasir
Sumber: iSeller

Berjualan secara manual tanpa memiliki aplikasi kasir, maka kamu harus melihat rak atau tempat penyimpanan barang secara langsung untuk mengetahui produk yang paling banyak terjual. Hal ini mungkin akan terasa mudah saat jenis dan jumlah barang yang dijual masih sedikit, tetapi kalau barang mulai banyak dan kamu sudah lelah dalam mengurusi distribusi barang, maka hal itu akan menjadi sulit untuk dilakukan.

Begitu juga dengan pencatatan hasil penjualan harian, jika masih melakukannya secara manual maka setiap toko tutup kamu harus menjumlahkan nota rangkap yang dibuat untuk transaksi dari buka hingga tutup toko. Kegiatan ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menjumlah nota dan melakukan cross check dengan uang yang didapat. Sangat melelahkan, ya?

Tapi kalau kamu pakai aplikasi kasir, manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah laporan transaksi dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan bisa dilihat dengan cepat.

Baca juga: Kenalan dengan Arus Kas, Apa Perannya di Bisnis?

Manfaat Penggunaan Aplikasi Kasir bagi UMKM

Sederet manfaat lainnya dari penggunaan aplikasi kasir bagi UMKM adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi kasir akan mencatat semua rincian penjualan setiap hari. Jadi, kamu akan mengetahui total penjualan dalam seminggu atau sebulan dengan satu kali penghitungan secara mudah tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya.
  2. Dengan aplikasi kasir, keuangan bisnis akan terjaga dan semua stok barang beserta jumlah uang yang diterima akan otomatis sesuai dengan jumlah pembelian.
  3. Kalau kamu bisa mengetahui angka penjumlahan dan stok barang yang tersisa dalam bisnis secara cepat dan akurat, maka kamu bisa segera melakukan pemesanan maupun menunda pembelian. Ini sama saja dengan memiliki strategi bisnis yang baik, bukan?
  4. Aplikasi kasir mampu memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan secara cepat dan cepat. 
  5. Dengan adanya aplikasi kasir, ini juga akan menjadi nilai plus karena bisnis kamu akan terlihat lebih kekinian serta profesional. Sehingga akan membuat pelanggan lebih mudah percaya terhadap bisnis kamu.
  6. Aplikasi kasir mengizinkan kamu untuk mengecek kembali produk yang kamu input, jadi kamu bisa mengurangi kesalahan transaksi penjualan.
  7. Jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, aplikasi kasir membutuhkan biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. 
  8. Selain mampu menampilkan informasi inventori secara lengkap, aplikasi kasir juga mampu menghitung harga diskon, promo, kupon, dan lain sebagainya. Bahkan, aplikasi ini juga mampu memberikan informasi tentang bagaimana penawaran yang kamu berikan akan berdampak pada penjualan secara umum.
  9. Bisnis kamu bisa tetap berjalan meskipun koneksi internet saat itu sedang lambat atau terputus. Sebab, aplikasi kasir akan mengunggah seluruh data saat koneksi sudah tersambung lagi.
  10. Karena aplikasi ini berbasis cloud, maka kamu bisa memantau detail transaksi, analisa pelanggan, mengelola persediaan, presensi, dan absensi karyawan kapan dan dari mana saja.

Baca juga: Ada 9 Manfaat QRIS dalam Transaksi Jual-Beli, Penasaran?

Pilih Aplikasi Kasir Paling Unggul untuk Bisnis Kamu!

aplikasi kasir
Sumber: iSeller

Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan betapa pentingnya penggunaan aplikasi kasir untuk mendukung sistem pencatatan transaksi bisnis UMKM kamu?

Tak perlu bingung cari rekomendasi aplikasi kasir terbaik, karena iSeller hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnismu. Aplikasi Kasir iSeller akan membantu kamu dalam mengelola bisnis offline dan online secara bersamaan langsung dari POS kamu. Dengan sistem penjualan, produk, dan inventori yang tersentralisasi, dijamin pengelolaan bisnis akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Aplikasi Kasir iSeller adalah aplikasi kasir terlengkap yang simple, intuitif, dan modern. Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • Pengalaman pengguna (user experience) yang terbaik di kelasnya.
  • Sistem berbasis cloud.
  • Bisa bekerja secara offline dengan SmartSync™.
  • Bisa menerima pembayaran dengan berbagai macam kartu.
  • Integrasi ke perangkat keras yang komprehensif.
  • Dilengkapi juga dengan lebih dari 300 fitur canggih.

Aplikasi kasir ini bisa kamu gunakan dengan sangat mudah, dan setiap transaksi akan lebih cepat diselesaikan. Yuk, nikmati sistem kasir digital yang dirancang khusus untuk bisnis kamu. Coba Gratis sekarang, kamu bisa langsung klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading