Kenali Jenis-jenis Iklan Elektronik untuk Promosi Usaha

jenis jenis iklan elektronik
jenis jenis iklan elektronik

Ada berbagai jenis jenis iklan elektronik yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan sesuatu. Sekarang, iklan elektronik telah menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk mempromosikan berbagai macam produk.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu iklan elektronik beserta jenis-jenis iklan elektronik yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk dari bisnis kamu.

Apa itu Iklan Elektronik?

Di era yang serba digital dan serba cepat saat ini, sebagian besar masyarakat telah menggunakan berbagai macam media elektronik untuk memenuhi segala kebutuhannya, salah satunya adalah informasi dan hiburan. Saat ini kebutuhan tersebut dapat diperoleh dengan mudah melalui media elektronik seperti radio, televisi, bahkan internet.

Hal ini tampaknya memicu perkembangan banyak hal, termasuk cara beriklan. Karena semuanya serba elektronik, iklan yang semula dipasang di media cetak kini sudah menyebar ke media elektronik. Hal inilah yang mendukung perkembangan periklanan elektronik yang banyak dijumpai saat ini.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan “Apa itu iklan elektronik?” adalah jenis iklan yang dipublikasikan dalam berbagai media elektronik seperti radio, televisi, dan berbagai platform lainnya yang bisa diakses di internet.

6 Ciri Iklan Media Elektronik

Iklan yang menggunakan media elektronik ini memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan media iklan lainnya, seperti:

  • Biasanya dalam bentuk cerita pendek
  • Menggunakan pilihan kata yang logis, menarik dan tepat sasaran
  • Menggunakan kata-kata yang informatif dan persuasif
  • Menggunakan kata-kata yang mengandung saran untuk beberapa orang
  • Menggunakan elemen gerak, suara, dan gambar
  • Menggunakan beberapa efek suara bisa berupa musik, ucapan hingga suara lainnya.

Apa Saja Bentuk dan Jenis-Jenis Iklan Elektronik?

Iklan elektronik ini ternyata memiliki berbagai bentuk, salah satunya bisa kita temukan secara online di berbagai situs yang kita kunjungi di internet atau bahkan melalui media sosial.

Iklan online atau internet advertising merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam upaya memasarkan suatu produk bisnis dengan menggunakan media online seperti fasilitas internet atau website. Umumnya, iklan online ditempatkan di berbagai akun media sosial atau situs web.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Mudah

Tidak hanya itu, masih banyak jenis iklan elektronik lainnya yang bisa kita temukan dengan mudah. Berikut adalah jenis-jenis iklan elektronik yang dapat kamu temui:

1. Iklan Radio

Iklan radio adalah jenis iklan elektronik yang menggunakan peralatan radio sebagai media penyampaiannya. Iklan radio hanya dapat didengarkan, karena bentuknya hanya berupa audio (suara). Contoh dari iklan radio adalah Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah jenis iklan elektronik yang menggunakan televisi sebagai media penyampaiannya. Iklan televisi mengandung unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan.

3. Iklan Film

Iklan film adalah jenis iklan elektronik yang menggunakan film sebagai media penyampaiannya. Iklan film dapat dilihat saat menonton film di bioskop.

Umumnya, iklan ditayangkan sebelum film dimulai. Contohnya adalah live action dan endorsement.

4. Iklan Media Digital Interaktif atau Internet

Iklan internet adalah jenis iklan elektronik yang menggunakan media online sebagai media penyampaiannya. Iklan internet menggunakan media online yang memiliki banyak pengunjung.

Beberapa jenis iklan internet antara lain spanduk & tombol, situs web, sponsorship, pemasaran mesin pencari, pemasaran email, iklan baris, pemasaran media sosial, dan sebagainya.

Baca Juga: Konsep Digital Marketing yang Harus Dikuasai Agar Tetap Kompetitif

5. Iklan Luar Ruang

Iklan luar ruang adalah jenis iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya dapat dilihat oleh masyarakat umum. Beberapa contoh reklame luar angkasa ini adalah reklame transit, reklame seluler, standar luar ruang, pajangan, dan sebagainya.

Aturan Hukum Dalam Membuat Iklan Elektronik

Iklan merupakan salah satu sarana penyebaran informasi yang paling efektif. Selain itu juga banyak digunakan dalam bidang marketing atau pemasaran. Namun dalam hal ini ada aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah mengenai pembuatan iklan elektronik.

Ketentuan atau aturan pembuatan iklan elektronik telah diatur dalam Pasal 19 ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 5 Tahun 2020 di mana:

  • Tidak boleh memberikan informasi yang salah, keliru, atau tidak pantas mengenai barang atau jasa.
  • Tidak berbohong kepada konsumen tentang bahan, kualitas, kuantitas, harga barang atau jasa, kegunaan hingga ketepatan waktu barang atau jasa diterima.
  • Jangan membohongi jaminan atau garansi barang atau jasa.
  • Iklan harus memuat informasi tentang barang atau jasa.
  • Memberikan pilihan kepada konsumen untuk keluar dari tayangan iklan menggunakan tanda tutup, lewati atau tutup.
  • Penempatannya juga harus jelas agar memudahkan konsumen menutup iklan.
  • Jangan mengeksploitasi suatu peristiwa atau orang tanpa izin atau persetujuan dari orang yang bersangkutan.

Bagi pengusaha atau siapapun yang membuat iklan yang melanggar aturan di atas akan dikenakan sanksi administratif. Sanksi tersebut berupa teguran tertulis, dicantumkan dalam daftar hitam, hingga izin usaha dicabut. Hal ini sesuai dengan Pasal 47 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020.

Itulah tadi jenis-jenis iklan elektronik yang dapat kamu temui. Iklan elektronik adalah salah satu jenis iklan yang akan dapat membantu kamu berkompetisi di era digital yang serba cepat dan instan saat ini. Kamu setidaknya dapat menggunakan 5 jenis iklan digital, yaitu film, radio, televisi, internet, dan luar ruang, untuk mempromosikan bisnismu.

Jika kamu sudah melakukan promosi menggunakan iklan elektronik, sekarang saatnya kamu berjualan menggunakan media elektronik juga seperti aplikasi iSeller. iSeller adalah platform perdagangan paling maju yang mengubah dan meningkatkan kehidupan orang-orang, membuat penjualan dan penerimaan pembayaran menjadi lebih mudah, kapan saja dan melalui channel apa saja. Segera daftarkan dirimu untuk mengikuti free trial di halaman ini.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: