Jenis dan Sumber Pendanaan untuk Perusahaanmu!

Jenis dan Sumber Pendanaan untuk perusahaanmu!

Salah satu kendala terbesar saat seseorang membuka perusahaan adalah pendanaan, terlebih untuk  mengembangkan sebuah perusahaan, pendanaan dan modal yang cukup besar sangat penting. Pendanaan sendiri punya banyak jenis. Misalnya, pendanaan tahap awal dari investor eksternal yang disebut seed funding. Lebih lengkapnya, di artikel ini akan dibahas jenis dan sumber pendanaan untuk perusahaanmu. Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca juga: Jenis Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Coba

Sumber Pendanaan Perusahaan

Pendanaan berasal dari dua sumber, yakni ekuitas dan utang. Pendanaan ekuitas berarti sebuah perusahahaan  menerima investasi dari pemilik yang membuat saham. Jika utang, pihak perusahaan akan meminjam dana yang berupa obligasi korporasi, medium term notes, atau commercial papers.

Bootstrapping

Bootstrapping adalah tahap pendanaan awal yang sumber dananya berasal dari tabungan pribadi. Sumber pendanaan bootstrapping ini juga bisa berasal dari keluarga atau teman. Angka pendanaan pre-seed ini pun masih kecil dan biasanya di bawah US$ 0,25 juta.

Seed Funding

Setelahnya, kamu akan ada di tahap pendanaan seed funding untuk mendapatkan suntikan dana yang cukup besar agar usaha kamu semakin berkembang. Pada tahap ini, putaran investasi pertama ini akan berasal dari investor eksternal. Di tahap ini juga kamu bisa memahami potensi produk kamu untuk mencapai target pasar. Angka pendanaan ini rata-rata mencapai US$ 1,7 juta. Sumber pendanaan ini biasanya berasal dari micro venture capital atau modal dalam bentuk uang dari berbagai investor dan crowdfunding.

Venture Capital

Venture capital adalah sumber pendanaan  yang diberikan kepada perusahaan di mana perusahaan itu dianggap memiliki potensi untuk tumbuh pesat.

Sumber dana ini didapatkan dari perusahaan modal ventura yang terdiri dari perusahaan besar dan mereka yang kaya raya.

Seri Pendanaan Perusahaan Start up

Jenis pendanaan terbagi lagi menjadi beberapa seri pendanaan startup

Pendanaan Seri A

Pendanaan seri A merupakan tahap awal pendanaan dari Ventura Capital. Di Tahap ini, perusahaan yang baru dirintis berada di fase yang memungkinkan founder start up untuk memperluas jangkauan serta memberikan ciri khas produknya,

Pada pendanaan series A, angka pendanaan berada di angka US$10,5 juta. Pendanaan ini biasanya berasal dari beberapa investor sekaligus.

Pendanaan Seri B

Pada pendanaan seri B ini biasanya termasuk start up yang sudah mengalami peningkatan market share dan scaling. Pendanaan seri ini berguna untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas dari sebelumnya dan berada di angka US$ 24,9 juta

Pendanaan seri C

Di pendanaan seri ini, sebuah perusahaan biasanya telah menunjukkan pertumbuhan bisnis yang besar dan berpotensi untuk mencapai pasar internasional. Di pendanaan seri C ini berada di angka US$ 50 juta. Investor pada pendanaan seri C terdiri dari venture capital tingkat lanjut, perusahaan swasta, hingga bank. Pada tahap ini, biasanya perusahaan mulai melibatkan institusi finansial untuk menaruh investasi pada bisnisnya.

Initial Public Offering

Initial Public Offering atau IPO adalah jenis pendanaan tertinggi dari sebuah startup. IPO sendiri adalah proses penjualan saham ke publik. Di tahap ini, perusahaan siap menjadi perusahaan public di mana mereka memperjual belikan sahamnya.

Baca juga: Cara GRATIS sukseskan bisnis lewat Free Marketing

Itulah beberapa jenis dan sumber pendanaan untuk bisnismu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: