Jenis Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Coba - iSeller Blog

Jenis Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Kamu Coba

Tahukah kamu, kalau ternyata toko klontong yang kamu sering lihat di pinggir jalan, bisnis homemade yang kamu jumpai di media sosial, bahkan bisnis warung makan dan laundry yang sering kamu kunjungi, termasuk kedalam jenis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu penggerak roda perekonomian Indonesia?

Peluang usaha kecil-kecilan ini sangat menjanjikan, lho! Apalagi jika kamu memiliki keinginan yang besar dan gigih dalam berusaha. Bukan tidak mungkin usaha kecil seperti ini bisa mendatangkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Berikut ada beberapa jenis usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba:

Baca juga: Jenis UMKM yang Ada di Indonesia

Bisnis Dropshipper atau Reseller

Salah satu usaha yang bisa kamu coba tanpa harus memiliki modal banyak adalah menjadi dropshipper atau reseller dari toko online. Dengan menjadi dropshipper atau reseller, kamu hanya akan menjadi perantara antara supplier dan pelanggan, kamu juga bisa langsung meminta supplier untuk mengirimkan barang yang dipesan pelanggan langsung ke tempat mereka.

Berjualan Pulsa

Di zaman yang maju dengan banyak orang yang menggunakan gadget, pulsa menjadi kebutuhan penting untuk mengisi kuota data internet. Hanya bermodalkan handphone dan kerjasama dengan aplikasi jual beli pulsa atau konter pulsa terdekat, kamu sudah bisa mulai berjualan pulsa.

Selain pulsa, kamu juga bisa lho memberikan layanan lain seperti token listrik, pembayaran internet berlangganan, bahkan iuran BPJS. Dengan modal yang sedikit, kamu sudah bisa meruap keuntungan dari usaha ini.

Jasa Les Online

Jika kamu memiliki keterampilan dan pengetahuan lebih tentang sebuah materi atau keahlian, kamu bisa membuka jasa les online untuk memiliki pemasukan tambahan. Jika muridmu bertambah banyak, kamu bisa mencoba merekrut staff pengajar lain untuk membantu kamu. Jenis usaha kecil-kecilan ini tentu bisa sekali kamu coba mengingat pendidikan sangat penting dan tenaga pengajar akan selalu dibutuhkan.

Usaha Cuci Pakaian

Sebagian orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak akan memiliih untuk menggunakan jasa cuci pakaian. Karena itu, usaha cuci pakaian ini akan cukup menghasilkan, terlebih jika kamu berlokasi di tempat yang dekat dengan tempat tinggal para pekerja yang merantau.

Warung Kopi

Jika kamu memiliki rumah atau tempat strategis yang berada di pinggir jalan atau dekat dengan keramaian, kamu bisa mencoba mendirikan usaha kecil seperti warung kopi yang akan ramai dikunjungi orang ketika mereka lewat.

Untuk modalnya sendiri, usaha warung kopi ini tidak terlalu banyak membutuhkan modal. Meskipun keuntungan yang didapat terlihat tidak terlalu banyak, tapi keuntungan yang didapatkan dari segelas kopi yang terjual bisa mencapai setengah kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Jasa Foto dan Video

Jika kamu menekuni hobi foto dan video, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadikan hobimu ini sebagai pemasukan tambahan, karena tidak semua orang bisa menggunakan kamera secara profesional dan memproduksi foto dan video yang kualitasnya bagus.

Jasa ini juga kian popular dengan semakin maraknya orang yang ingin mendokumentasikan momen penting di hari spesial mereka.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

Itulah beberapa jenis usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba mulai dengan modal yang sedikit atau bahkan tidak memerlukan modal apapun. Meskipun usaha kamu masih tergolong usaha kecil, kamu bisa mencoba mendigitalisasi bisnis kamu dengan membuat website toko online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

iSeller menyediakan website toko online gratis yang bisa kamu integrasikan dengan POS digital. Website ini juga memiliki fitur lengkap seperti laporan penjualan otomatis harian, mingguan, dan bulanan serta laporan inventaris yang ter-update secara real-time

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading