Ini 8 Tips Biar Pelunasan Invoice Pembayaran Tepat Waktu - iSeller Blog

Ini 8 Tips Biar Pelunasan Invoice Pembayaran Tepat Waktu

invoice pembayaran

Urusan pelunasan pembayaran untuk setiap jenis bisnis jelas adalah hal yang penting. Perencanaan jatuh tempo yang cermat, dan nominal yang jelas atas transaksi yang kamu lakukan harus tertera, agar bisa ditepati oleh klien. Ketepatan waktu invoice pembayaran jadi penting, agar cash flow bisnis tetap dalam keadaan sehat.

Tapi tahukah kamu jika riset yang dilakukan oleh Himpunan Pengusaha Muda, dalam frconsultantindonesia.com, terkait efisiensi tingkat pembayaran menyatakan hanya 63% invoice yang dibayar tepat waktu?

Jika tidak segera ditindaklanjuti, hal ini bisa jadi hambatan bisnis yang tidak kecil. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa tips supaya bisa mendapatkan invoice pembayaran dengan cepat dan tepat waktu.

Baca juga: Yuk Dalami Soal Riset Pemasaran untuk Bisnis!

1. Pertama, Pastikan Invoice Mudah Dipahami

Invoice harus dibuat sesederhana mungkin, tapi sejelas mungkin. Jadi, pihal pelanggan yang menerima invoice pembayaran bisa langsung mengerti jumlah kewajiban yang harus dibayar, dan kapan tenggat waktu pembayarannya dilakukan.

Pastikan informasi pokok ada di dalam invoice yang dikirimkan, lengkap dengan nama perusahaan dan kontak perusahaan kamu.

2. Berikan ke Orang yang Tepat

invoice pembayaran

Untuk bisnis atau transaksi langsung, invoice bisa diberikan pada pembeli atau pelanggan yang melakukan transaksi. Tapi dalam skenario pembelian antara perusahaan, maka pastikan kamu mengirim invoice ke orang atau bagian yang tepat.

Hal ini bisa menghemat banyak waktu dan menghindari kesalahan invoice yang tidak diproses, karena masuk ke divisi atau sampai ke tangan orang yang salah.

3. Kirimkan Secepatnya!

Jangan menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan hari ini. Hal ini juga berlaku untuk pengiriman invoice. Ketika dikirim tepat waktu saja, pembayaran yang dilakukan bisa terlambat. Apalagi jika pengirimannya semakin mundur?

Maka dari itu, sebisa mungkin kirimkan invoice secepatnya setelah transaksi dilakukan. Berkas yang lekas masuk ke pelanggan idealnya lebih cepat diproses tanpa harus menunggu periode akuntansi berikutnya.

4. Coba Siasati dengan Jatuh Tempo Lebih Awal

invoice pembayaran

Tanggal jatuh tempo seharusnya jadi acuan pelanggan untuk membayar tagihan yang sudah kamu berikan. Tapi tak sedikit pelanggan yang terus menunda-nunda pembayaran dengan berbagai alasan. Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah mempercepat tanggal jatuh tempo.

Memang pada kenyataannya tanggal jatuh tempo akan tetap sama. Tapi cantumkan tanggal jatuh tempo yang lebih cepat, atau tawarkan benefit pembayaran yang lebih cepat dari tanggal jatuh tempo.

5. Pelunasan atau Payment yang Fleksibel

Tidak fleksibelnya kanal pembayaran yang ditawarkan menjadi salah satu penyebab keterlambatan pembayaran. Maka dari itu, sebagai pebisnis modern sudah sewajarnya kamu menyediakan keleluasaan kanal dan metode pembayaran pada pelanggan.

Lagipula, kini sistem pembayaran sudah semakin canggih dan dapat mengakomodir banyak jenis pembayaran melalui sistem terintegrasi. Jadi jangan ragu menggunakan teknologi itu untuk memudahkan pengelolaan pembayaran, dan memudahkan pelanggan.

6. Ada Penawaran Benefit, Ada Pula Denda

invoice pembayaran

Agar lebih disiplin dan menghormati transaksi yang sudah disepakati sebelumnya, jangan ragu untuk memberikan keterangan denda atas keterlambatan pembayaran. Dengan begini, ketika terjadi keterlambatan maka kamu akan mendapatkan kompensasi sejumlah yang tertera pada berkas invoice pembayaran.

Bukan berarti memberikan ancaman, hanya saja agar pelanggan juga lebih tepat waktu dalam melakukan pembayaran transaksi yang sudah dilakukan.

7. Tidak Perlu Ragu Mengirim Pengingat

Dalam proses bisnis bisa saja pelanggan terlupa atas tagihan yang harus dibayar karena banyaknya transaksi yang dilakukan. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengirimkan pengingat pada mereka beberapa hari sebelum jatuh tempo.

Pengingat ini diberikan dengan cara yang profesional, sehingga tetap berada pada koridor bisnis yang layak.

8. Kamu Juga Bisa Gunakan Software

invoice pembayaran

Penggunaan software untuk mengurus invoice pembayaran juga bisa dilakukan sebagai alternatif dan bentuk adaptasi. Tidak sedikit software yang ditawarkan saat ini, dan bisa memenuhi kebutuhan bisnis yang beragam.

Hanya saja, pastikan kamu memilihnya dengan cermat supaya mendapat layanan terbaik untuk menunjang bisnis yang kamu jalankan.

Baca juga: 8 Top Service Marketing Strategy untuk Kemajuan Bisnis Kamu 

Sederet tips agar mendapatkan invoice pembayaran dengan cepat di atas bisa kamu coba untuk bisnis yang kamu jalankan. Tentunya, semua dengan orientasi bisnis yang selaras dengan model bisnis saat ini, sehingga kamu bisa mendapatkan efisiensi tertinggi.

Pengelolaan bisnis juga akan banyak terbantu saat kamu menggunakan produk iSeller di dalam bisnismu. Beragam fitur siap disajikan untuk menunjang bisnis, mulai dari POS hingga fleksibilitas pembayaran yang ditawarkan pada pelanggan. Jelas ini bisa melancarkan urusan invoice pembayaran, jadi pelunasan yang dilakukan bisa lebih tepat waktu. Coba GRATIS sekarang juga dengan klik di sini, dan nikmati semua fitur iSeller untuk kemajuan bisnis mu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading