Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Diintegrasikan dengan Sistem Online Terpadu - iSeller Blog

Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Diintegrasikan dengan Sistem Online Terpadu

bisnis rumahan

Untuk mendirikan bisnis yang sukses, tentunya kamu harus menjalankan ide usaha yang tepat. Bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis rumahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis bisnis rumahan yang ingin dijalankan. Pastikan bisnis yang dipilih sesuai dengan passion dan minat kamu, sehingga dapat memotivasi untuk terus berusaha dan berkembang. Kemudian, langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar dan kompetitor. Kamu perlu mencari informasi mengenai pasar potensial untuk bisnis tersebut, termasuk target pasar, preferensi konsumen, dan tren bisnis terkini. Jangan lupa untuk mempelajari strategi bisnis dari kompetitor yang sudah lebih dulu beroperasi di pasar yang sama, ya!

Untuk menentukan bisnis rumahan selanjutnya, kamu juga perlu membuat perencanaan bisnis yang ketat. Perencanaan ini nantinya akan membantumu dalam mengatur sumber daya dan merencanakan strategi pemasaran, keuangan, serta operasional. Setelah itu, persiapkan modal awal, tempat dan peralatan, serta tetapkan harga yang kompetitif.

Jika semua sudah siap, saatnya mulai mempromosikan bisnis kamu. Jangan lupa untuk mengelola keuangan sebaik mungkin. Untuk mempertahankan pelanggan serta meningkatkan reputasi bisnis, tingkatkan terus kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Teruslah berinovasi, ciptakan produk yang unik dan berkualitas, dan berikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Mengapa Harus Menjalankan Bisnis Rumahan?

bisnis rumahan
Sumber: Freepik

Bisnis rumahan berbeda dengan bisnis lainnya, di mana salah satu keuntungan bisnis rumahan adalah semua pekerjaan dilakukan dari rumah sendiri. Selain itu, masih ada alasan lain mengapa kamu harus segera memulai bisnis rumahan, di antaranya adalah:

  • Menjalankan bisnis rumahan, berarti kamu bebas menyalurkan ide, hobi, passion, dan bakat yang kamu miliki. 
  • Ide bisnis rumahan sangat cocok untuk kamu yang banyak menghabiskan waktu di rumah, termasuk untuk ibu rumah tangga yang ingin memperoleh penghasilan.
  • Karena operasional bisnis dilakukan di rumah, jadi waktu yang diperlukan lebih efisien. Sebagai pemilik bisnis kamu tidak perlu mengeluarkan waktu untuk melakukan perjalanan dalam mengurus bisnis. Hal ini adalah keuntungan tersendiri bagi pemilik bisnis rumahan. 
  • Bisnis rumahan dilakukan di rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana khusus untuk menyewa atau membeli properti sebagai tempat usaha. Tentunya, ini bisa menghemat pengeluaran dan besaran modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Baca juga: Ini 6 Alasan Kamu Harus Pakai Electronic Payment

Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

bisnis rumahan
Sumber: Freepik

Di bawah ini ada beberapa ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan dan bisa kamu tekuni. Menariknya lagi, bisnis ini bisa diintegrasikan dengan sistem online terpadu, lho! Jadi, menjalankan bisnis akan lebih mudah dan praktis.

  • Bisnis Online Shop (Olshop). Dengan memanfaatkan teknologi kamu bisa memulai bisnis rumahan dengan berjualan secara online. Bisnis olshop banyak digandrungi anak karena mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu menjual produk secara online, misalnya di sosial media, website, atau lainnya.
  • Membuka warung kopi di depan rumah. Kalau kamu punya rumah di lokasi yang strategis dan masih ada lahan kosong yang cukup luas, ini bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pemasukan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan membuka warung kopi di depan rumah. Kalau bisnis ini dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis rumahan akan berkembang jadi bisnis yang menjanjikan di masa depan. Supaya lebih banyak pengunjung, jangan lupa melakukan pemasaran online dan menerapkan sistem online delivery, ya!
  • Berjualan camilan dan makanan. Jenis usaha ini sangat cocok jika rumah kamu berlokasi di daerah yang ramai seperti dekat dengan kampus, perkantoran, sekolah, dan lainnya. Selain dijual secara offline, kamu juga bisa memasarkannya secara online.
  • Bakery. Kalau kamu punya bakat dalam hal tata boga utamanya membuat kue, bisnis bakery akan sangat menguntungkan.

Semua ide bisnis rumahan ini bisa diintegrasikan dengan sistem online terpadu. Kamu perlu mendaftarkan domain dan membuat website yang menarik untuk memasarkan produk jualan kamu, lengkap dengan shopping cart dan display produk yang menarik.

Setelah mencari nama yang catchy dan mudah diingat untuk bisnis kamu, jangan lupa upload produk jualan kamu beserta deskripsi, harga, kontak, dan informasi pengiriman. Dalam bisnis rumahan, konsistensi dan kreativitas memegang peran yang sangat penting.

Baca juga: Yuk, Optimalkan Keberadaan Dompet Digital untuk Kemajuan Bisnis Kamu!

iSeller adalah Solusi Jualan Online Terbaik!

Kembangkan bisnis rumahan kamu dengan platform online terbaik bagi setiap industri, yaitu iSeller. Dilengkapi berbagai fitur dan desain yang dirancang khusus bagi bisnis retail maupun F&B, iSeller Online Store menawarkan solusi lengkap untuk bisnis online kamu.

Penggunaan iSeller sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukan konfigurasinya sendiri tanpa harus memanggil teknisi. Ditambah lagi, set-up akun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, cukup 5 menit saja dan kamu sudah siap berjualan dengan iSeller.

iSeller adalah platform omnichannel POS #1 di Indonesia yang memberikan solusi penjualan end-to-end untuk bisnis kamu. iSeller web admin memiliki dashboard interaktif yang pastinya akan membantu kamu dalam mengelola bisnis dengan lebih mudah.

Dengan iSeller, kamu bisa menerima semua pembayaran digital termasuk kartu debit, kredit, e-wallet termasuk GoPay, OVO, DANA dan masih banyak lagi. Registrasi sekarang dan dapatkan kesempatan untuk coba gratis!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading