Contoh Invoice Pembayaran dan Cara Praktis Membuatnya - iSeller Blog

Contoh Invoice Pembayaran dan Cara Praktis Membuatnya

contoh invoice pembayaran

Penasaran, seperti apa contoh invoice pembayaran? Invoice pembayaran adalah dokumen yang diterbitkan oleh penjual atau eksportir kepada pembeli atau importir. Invoice sendiri sering juga disebut dengan istilah faktur.

Pada contoh invoice pembayaran, tercantum tanggal pengeluaran dokumen, tanggal pengiriman barang, uraian barang, harga, biaya lainnya, total yang harus dibayar pembeli, hingga syarat penyerahan dan penyerahan barang, nama kapal/pesawat/kereta api pengangkut barang, serta nama pelabuhan/bandara/stasiun muat dan bongkar.

Terdapat tiga jenis invoice yang perlu diketahui, yaitu proforma invoice, commercial invoice, dan consular invoice. Penjelasan selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini!

  • Proforma Invoice, yaitu penawaran dalam bentuk invoice yang biasanya dari penjual atau eksportir kepada pembeli atau importir.
  • Commercial Invoice, yaitu dokumen rincian berisi keterangan barang-barang yang dijual dan harga dari barang tersebut.
  • Consular Invoice, yaitu invoice pembayaran yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh instansi resmi seperti kedutaan atau konsulat.

Apa Saja Fungsi Invoice Pembayaran?

contoh invoice pembayaran
Sumber: iSeller

Invoice pembayaran memiliki beberapa fungsi penting dalam transaksi bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Invoice pembayaran akan memberikan rincian tentang produk atau jasa yang telah dibeli oleh pelanggan, jumlah, harga satuan, total harga, serta informasi pembayaran. Dengan begitu, maka kedua pihak bisa sama-sama memeriksa rincian pembelian dan memastikan bahwa transaksi yang dilakukan benar-benar sesuai. 
  • Untuk memastikan pembayaran yang diterima oleh penjual sesuai dengan jumlah barang maupun jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. 
  • Fungsi dari invoice pembayaran lainnya adalah untuk mencatat semua transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Dengan begitu, penjual bisa mengelola keuangan bisnisnya dengan baik, termasuk menghitung laba rugi, pajak, hingga melacak arus kas.
  • Invoice dapat memfasilitasi pengiriman barang atau jasa. Hal ini meliputi informasi tanggal pembelian dan tanggal pengiriman, sehingga akan memudahkan penjual dalam mengatur pengiriman barang atau jasa.

Apa Manfaat Invoice bagi Perusahaan?

contoh invoice pembayaran
Sumber: iSeller

Invoice pembayaran sangat diperlukan, terutama bagi bisnis atau perusahaan yang kerap melakukan transaksi pengiriman barang. Berikut ini adalah beberapa manfaat invoice bagi perusahaan yang perlu kamu ketahui, yuk simak satu per satu!

  • Invoice sangat berguna untuk melacak pengiriman barang, baik itu melacak tanggal pengiriman, hingga pembayaran tagihan. Bahkan, invoice juga dapat digunakan untuk mengecek sampai mana barang yang dikirimkan. Selain itu, pembeli juga bisa menggunakan invoice sebagai bukti pembayaran agar tidak dikenai biaya penalti karena keterlambatan pembayaran.
  • Invoice memuat informasi mengenai tanggal jatuh tempo pembayaran, cara dan syarat pembayaran, serta nilai barang atau jasa yang diberikan, di mana hal ini akan membantu penjual atau eksportir memastikan supaya pembeli atau importir melakukan pembayaran tepat waktu dan tidak tertunda-tunda. Jika terjadi terlambat bayar, pihak penjual bisa menjadikan invoice sebagai acuan untuk menetapkan sanksi maupun bunga pembayaran kepada pembeli atau importir.
  • Perusahaan biasanya juga perlu membayar pajak tertentu, jadi invoice ini juga berguna sebagai catatan yang mempermudah urusan perpajakan tersebut. 
  • Pembeli akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang barang yang dikirim dengan adanya invoice
  • Invoice juga sangat berguna sebagai bukti catatan terhadap kemungkinan selisih dalam tagihan tertentu. 
  • Dalam invoice biasanya juga akan ditampilkan desain dan logo yang mencerminkan identitas perusahaan, jadi invoice bisa meningkatkan citra perusahaan dan lebih profesional di mata klien atau pembeli.

Baca juga: Mengenai Bisnis Plan, Ini yang Harus Kamu Perhatikan!

Cara Membuat Contoh Invoice Pembayaran

contoh invoice pembayaran
Sumber: iSeller

Lantaran fungsinya yang sangat penting dalam operasional bisnis, contoh invoice pembayaran memang wajib dibuat dengan baik dan benar. Berikut ini adalah langkah membuat contoh invoice pembayaran yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi:

  • Pertama, kamu harus menentukan format invoice pembayaran yang akan digunakan. Pilih yang paling sesuai dengan operasional bisnis kamu, ya!
  • Jangan lupa sertakan header atau kepala invoice yang profesional. 
  • Kemudian, cantumkan informasi transaksi dan barang secara lengkap.
  • Sertakan pula waktu penerbitan dan batas pembayaran. Waktu menjadi elemen penting dalam penerbitan invoice pembayaran. Jadi, kamu memang perlu mencantumkan waktu penerbitan invoice serta batas waktu kapan pembeli harus membayar barang atau jasa yang dijual tersebut.

Baca juga: Simpel, Ini 6 Tips Membuat Desain Kemasan Produk Untukmu!

Kirim Tagihan Lebih Mudah dengan Digital Invoicing dari iSeller!

Dengan iSeller, kamu jadi bisa lebih hemat waktu dengan menerima pembayaran tagihan lebih cepat, kapan pun, di mana pun. Selain itu, lebih efisien dengan otomatisasi pembuatan invoice cepat dan mudah.

Jangan lupa aktifkan reminder pembayaran otomatis untuk menghindari keterlambatan pembayaran. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengingat sudah berapa lama atau mengirim catatan khusus secara manual.

Selain itu, kamu juga bisa membuat item yang dapat kamu tambahkan ke invoice dengan sekali klik. Pengaturan pajak akan secara otomatis berlaku saat kamu menambahkan item ke invoice. Yuk, mulai berikan layanan yang lebih baik dengan custom invoice dari iSeller. Klik di sini untuk mendapatkan  informasi selengkapnya mengenai iSeller.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading