11 Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

cara memulai usaha baru bagi pemula

Banyak orang yang ingin mencoba untuk menjalankan bisnis, namun tidak tahu bagaimana cara memulai usaha baru bagi pemula. Apakah kamu salah satunya?

Membangun sebuah bisnis bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada proses panjang yang perlu kamu lalui agar bisnis yang dibangun dapat berbuah manis dan juga dibutuhkan usaha serta kerja keras.

Apabila kamu benar-benar mempunyai keinginan untuk memulai usaha baru, maka silakan simak informasi yang akan iSeller sampaikan melalui artikel ini. Kami akan memberikan informasi seputar berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat memulai bisnis sendiri bagi pemula.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula?

Berikut ini, ada 10 hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat membangun sebuah usaha baru, yaitu:

1. Miliki Visi dan Misi Yang Jelas

Ketika membuka usaha, pastikan kamu telah memiliki visi dan misi yang jelas. Keduanya bukanlah sebatas formalitas belaka. Baik visi dan misi akan menjadi fondasi dan acuan untuk seluruh kegiatan bisnis kamu.

Tanpa visi yang jelas, usaha kamu tidak akan berkembang jauh karena tidak memiliki tujuan. Tanpa misi yang jelas, kamu akan sulit mengembangkan bisnis karena kamu tidak memiliki strategi yang jelas.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis pemula, kamu harus memiliki visi dan misi yang jelas agar ketika menghadapi masalah, kamu memiliki acuan yang dapat kamu gunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

2. Memiliki Tekad dan Niat yang Kuat

Sebagai seorang pebisnis, memiliki mental serta tekad dan niat yang kuat adalah sebuah kewajiban. Membangun bisnis tidaklah mudah dan karena itulah kamu harus dapat memiliki tekad dan niat yang kuat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia enterpreneur.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada banyak tantangan yang akan kamu hadapi ke depannya seperti tingkat persaingan yang ketat. Kamu juga dituntut agar dapat beradaptasi dengan situasi dan mengambil keputusan dengan cepat demi mempertahankan bisnis yang dirintis mulai dari bawah.

Baca Juga 5 Hal yang Harus Dihindari Pebisnis

3. Pintar Membaca Peluang Bisnis

Kamu ingin membangun sebuah bisnis, namun bingung ingin membuat bisnis yang seperti apa? Sebagai seorang pebisnis, ini merupakan sebuah tantangan awal yang perlu kamu hadapi untuk dapat mencari peluang bisnis yang menguntungkan dan juga tepat.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis di Masa Pandemi yang Mendatangkan Cuan

Untuk dapat membaca peluang bisnis, kamu bisa mulai dari hal-hal apa yang paling dibutuhkan oleh orang-orang saat ini. Sebagai contoh, kamu melihat bahwa di lingkungan sekitar rumah tidak ada satupun salon sehingga warga sekitar harus pergi ke tempat yang jauh terlebih dahulu untuk dapat memotong rambut mereka.

Hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai peluang bisnis. Coba bayangkan apabila kamu membuka sebuah salon di sana, maka salon tersebut akan menjadi satu-satunya tempat yang dikunjungi oleh warga sekitar untuk dapat memotong rambut di tempat yang dekat dengan rumah mereka.

4. Mulai Dari Apa yang Disukai

Apakah ada hal yang kamu sukai dan ingin dibagikan ke lebih banyak orang? Seperti misalnya, kamu suka dan sangat ahli dalam memasak sehingga ingin banyak orang mencicipi makanan yang sudah dibuat tersebut.

Dalam membangun sebuah bisnis, kamu dapat memulai dari apa yang disukai terlebih dahulu. Dengan membangun bisnis dari sesuatu yang disukai, kamu akan lebih tahu dan mengerti akan dibawa ke mana bisnis tersebut ke depannya.

5. Berpikir Kreatif

Di era globalisasi saat ini, seluruh pebisnis dituntut untuk dapat berpikir kreatif dalam mengembangkan usaha mereka. Khususnya bagi para pemula yang baru saja membangun bisnisnya sendiri, kamu harus dapat berpikir kreatif dalam menjalankan bisnis tersebut.

Berpikir kreatif dalam dunia bisnis ini maksudnya adalah bagaimana kamu dapat menjual sebuah produk yang dapat menarik perhatian customer dengan berbagai cara soft selling. Di masa-masa seperti sekarang ini, customer sudah semakin pintar dalam memilih perusahaan mana yang mampu menjual sebuah produk dengan cara kreatif.

6. Mampu Menyusun Strategi Marketing

Dalam menjalankan bisnis, kamu harus dapat menyusun strategi marketing yang tepat. Bagaimana cara menyusun strategi marketing yang tepat?

Pertama-tama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu target pasar mana yang akan dituju. Dalam pemasaran, satu hal yang harus kamu pegang baik baik adalah kamu tidak mungkin menargetkan semua orang. Jika pun kamu mencoba melakukannya, kamu hanya akan membuang waktu, tenaga, serta biaya yang sangat besar dengan mendapatkan hasil yang tidak spesifik.

Oleh karena itu, menentukan target konsumen atau pasar merupakan langkah penting yang harus kamu lakukan ketika memulai bisnis.

Selanjutnya, kamu perlu mencari cara untuk dapat menjadikan konsumen tersebut sebagai customer loyal yang akan selalu membeli produk dari brand yang sama. Dengan demikian, bisnis yang kamu bangun dapat bertahan lama karena customer merupakan kunci kesuksesan dari sebuah bisnis.

7. Sabar Dalam Menjalani Proses

Tidak ada kata ‘instan’ dalam membangun sebuah bisnis dari nol hingga menjadi sukses. Kamu harus dapat bersabar dalam menjalani proses hingga akhirnya bisnis yang dirintis dari bawah agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Membangun bisnis dari awal tidaklah mudah dan harus melalui proses yang panjang sebelum akhirnya dapat menjadi sebuah bisnis yang sukses. Namun, kamu pasti sering mendengar kata-kata ‘usaha tidak akan mengkhianati hasil’ sehingga teruslah bersabar dan bertekun dalam menjalankan bisnis tersebut serta nikmati proses yang dilalui.

Baca Juga: Bisnis Stuck dan Tidak Ada Peningkatan? Lakukan Cara ini!

8. Temukan Keunikan dari Produk Atau Jasa

Pasar apapun yang coba kamu masuki, ada kemungkinan besar kalau sudah banyak orang lain atau kompetitor di dalamnya. Dengan demikian, untuk dapat bertahan sebagai sebuah pengusaha pemula, kamu harus dapat menemukan keunikan dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Baca Juga: 8 Tips Bisnis Pemula yang Wajib Diketahui

Keunikan produk atau jasa ini tidak melulu tentang kualitas. Kamu dapat menemukan atau membuat keunikan dari produk atau jasamu dari segi pelayanan. Misalnya, kamu menambahkan layanan pelanggan 24/7 yang tentunya akan sangat membantu konsumenmu.

9. Mengelola Keuangan Dengan Baik

Tidak bisa dipungkiri kalau keuangan adalah elemen penting dari sebuah bisnis. Tanpa adanya biaya, kamu tidak akan bisa menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan maksimal.

Lalu, bagaimana caranya mengelola keuangan dengan baik?

Langkah paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai belajar cara membaca dan membuat laporan keuangan. Dengan mengenal apa-apa saja yang muncul di dalam laporan keuangan, kamu akan semakin mahir dan lebih cepat membuat keputusan penting terkait keuangan perusahaan ke depannya.

Baca Juga: 9 Cara Mengelola Keuangan Usaha Agar Tidak Mengalami Kerugian

10. Manfaatkan Sosial Media Dengan Maksimal

Sosial media merupakan senjata pemasaran bagi setiap pengusaha. Bukan hanya untuk para pengusaha pemula yang belum memiliki modal besar, banyak perusahaan-perusahaan besar menjadikan media sosial mereka sebagai platform pemasaran utama.

Mengapa demikian?

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sosial media telah menjadi tempat ‘kehidupan’ kita semua yang kedua. Dengan jumlah pengguna hariannya yang banyak, sosial media menjadi tempat yang tepat untuk melakukan pemasaran.

Baca Juga: 6 Teknik Efektif Berjualan di Media Sosial

11. Lakukan Dengan Konsisten

Cara memulai usaha baru bagi pemula yang terakhir adalah konsisten. Kadangkala, hasil penjualan bisa saja mengalami penurunan dan hal tersebut tidak dapat dipungkiri dapat membuat setiap pebisnis merasa down hingga putus asa.

Namun, meskipun kamu mengalami hal seperti itu, terus jalankan bisnis tersebut dengan konsisten. Kelak, kamu akan melihat bahwa konsistensi dapat membuahkan hasil karena calon konsumen sedikit demi sedikit akan mulai melihat seperti apa produk yang ditawarkan di dalam bisnis yang sedang dijalankan tersebut.

Sekian informasi yang dapat iSeller sampaikan untuk kamu mengenai 11 cara memulai usaha baru bagi pemula. Sebagai informasi tambahan, jika kamu ingin memulai usaha baru di bidang kuliner, iSeller dapat membantu untuk mengimplementasikan fitur food delivery yang dapat mendukung segala jenis bisnis di bidang kuliner.

Untuk itu, silakan hubungi iSeller sekarang juga jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut. Kamu juga bisa langsung melihat informasi lengkapnya mengenai Aplikasi POS restoran melalui website iSeller.

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: