Ini Dia Cara Jualan Di Marketplace yang Perlu Anda Ketahui

cara berjualan di marketplace
cara berjualan di marketplace

Saat ini berjualan di marketplace bisa jadi salah satu pilihan bagi kamu yang baru saja mulai membuka bisnis. Marketplace sendiri merupakan suatu tempat jual beli dalam dunia digital, di mana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan rasa aman. Namun sebelum menggunakannya, kamu perlu mengetahui cara jualan di marketplace, bukan? Kekurangan Informasi terhadap alat atau platform yang akan kamu gunakan akan membuat kamu tidak dapat maksimal dalam membangun bisnis di marketplace

5 Cara Jualan Di Marketplace

Istilah marketplace semakin dikenal oleh masyarakat. Penggunaannya yang sangat efektif secara waktu dan tenaga, membuat marketplace menjadi pilihan masyarakat dalam berbelanja. Dengan begitu berjualan di marketplace merupakan suatu keuntungan bagi kamu para pebisnis. Jadi bagaimana cara jualan di marketplace? Langsung simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Pelajari Cara Kerja Marketplace

Sebelum kamu menjatuhkan pilihan pada suatu platform marketplace, penting untuk melakukan research awal agar kamu bisa memaksimalkan penggunaan fitur yang ada di dalamnya. Mencari tahu informasi mengenai suatu marketplace juga akan membantu kamu mengenali bagaimana cara kerja platform tersebut. 

“Apakah platform tersebut cocok dengan produk yang kamu jual?”, “Apakah target audience yang kamu incar, menggunakan platform tersebut atau tidak?”. Kedua pertanyaan ini dapat menjadi langkah awal bagi kamu untuk menentukan platform mana yang cocok untuk digunakan. Selain kedua pertanyaan tersebut, coba perhatikan beberapa poin berikut ini. 

Reputasi 

Saat ini banyak sekali marketplace yang dapat digunakan dan dipilih. Supaya kamu tidak bingung saat memilih, kamu bisa menentukannya dari reputasi yang dimiliki oleh marketplace tersebut. Catat setiap informasi yang menurut kamu penting dari setiap platform yang ada dan coba kamu bandingkan. Saat ini setiap platform marketplace berlomba-lomba untuk menarik hati pelanggan dengan berbagai iklan dan promosi. 

Namun jangan tertipu dengan strategi pemasaran yang mereka lakukan. Cari tahu secara mendalam informasi yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Jika kamu tidak menemukan suatu kejanggalan dari website resmi platform-platform tersebut, kamu bisa mencari informasinya dari pemberitaan media yang ada.

Fitur

Pelajari juga fitur-fitur yang disediakan oleh setiap marketplace yang ada. Catat fitur-fitur penting yang kamu butuhkan dan yang akan membantu kamu dalam berjualan. Biasanya setiap marketplace memiliki fitur unggulan yang mereka tawarkan untuk para penjual. 

Transaksi

Sistem pembayaran atau transaksi yang disediakan oleh setiap marketplace juga sangat beragam. Semakin beragam sistem pembayaran yang disediakan, semakin baik platform tersebut. Hal ini penting, karena setiap orang di Indonesia menggunakan sistem pembayaran yang berbeda-beda. Pelajari juga apakah sistem pembayaran marketplace tersebut aman atau tidak dan sudah terverifikasi oleh OJK atau belum.

2. Buat Desain dan Konten Menarik

Seperti penggunaan platform lainnya, membuat konten dan desain yang menarik sangat penting untuk dilakukan. Desain banner dan foto yang akan dipasang pada toko online Anda, harus enak dilihat dan estetik di mata pelanggan. Pastikan resolusi desain dan foto yang kamu pasang berkualitas tinggi agar meyakinkan para pembeli.

Selain itu, gunakan konten yang juga membuat para pembeli merasa yakin kepada produk dan toko online kamu. Sebagai contoh, gunakan judul yang singkat, jelas dan padat. Masukkan kata kunci yang tepat untuk mendeskripsikan produk, agar saat dicari oleh pembeli, produk kamu akan muncul pada urutan pertama dari hasil pencarian. 

3. Fast Response

Saat ini tidak banyak penjual yang merespon dengan cepat, padahal menjawab pertanyaan pelanggan dalam waktu yang singkat adalah hal yang sangat penting. Mari bayangkan jika kamu berada dalam posisi pelanggan.

Misalnya, kamu memiliki pertanyaan seputar produk yang ingin dibeli. Namun, kamu baru mendapatkan jawaban setelah dua hari kemudian sejak bertanya. Bukankah kamu sudah telanjur mencari produk lainnya? Hal ini akan membuat penjualan tidak terjadi, padahal produk yang ditawarkan sudah sangat menarik. Oleh karena itu pastikan kamu membalas chat pelangganmu secepat mungkin. 

4. Lakukan Promosi

Promosi merupakan salah satu strategi terbaik untuk menarik hati para pelanggan. Berikut ini adalah beberapa promosi yang bisa kamu lakukan. 

Gratis Ongkir

Produk yang memiliki gratis ongkir akan lebih menarik banyak pelanggan daripada yang tidak memilikinya. Meskipun terkadang biaya ongkir berada di bawah Rp10.000,00, tetapi “jika bisa gratis, mengapa harus memilih yang berbayar?” Pemikiran inilah yang biasanya dimiliki oleh para pelanggan. 

Diskon

Memberikan potongan harga dengan syarat dan ketentuan tertentu nyatanya dapat menguntungkan kamu sebagai penjual, loh. Meskipun terdengar rugi karena kamu memberikan harga yang lebih murah dari yang seharusnya, namun cara ini akan membuat penjualan kamu meningkat.

Jadi, potongan harga yang kamu berikan tidak akan terlalu berpengaruh pada profit yang akan kamu dapatkan. Jika kamu bingung memberikan potongan berapa dan seperti apa, kamu bisa mempelajari cara yang dilakukan oleh kompetitor. 

Social Media

Integrasikan bisnis kamu dengan social media yang ada supaya audience yang dapat kamu jangkau tidak terbatas pada marketplace yang kamu gunakan. Masukkan link toko online kamu pada profile media sosial yang ada. Hal ini penting karena saat ini penggunaan social media membawa dampak yang besar bagi bisnismu. 

5. Gunakan Berbagai Jasa Pengiriman

Gunakan berbagai jasa pengiriman yang dapat dipercaya. Berikan banyak pilihan kepada pelanggan, karena setiap pelanggan memiliki preferensi tersendiri mengenai pemilihan jasa pengiriman. Ada yang lebih percaya jasa pengiriman A daripada jasa pengiriman B, begitu pun sebaliknya. 

Itulah cara jualan di marketplace yang dapat kamu jadikan panduan. Untuk dapat berjualan dengan baik di marketplace, kamu harus terlebih dahulu memahami marketplace yang kamu pilih dengan baik. Lalu, pastikan kamu menggunakan foto dengan kualitas terbaik di tokomu. Usahakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, misalnya dalam segi merespon dengan cepat. Terakhir, manjakan pelanggan dengan berbagai promosi dan pilihan jasa pengiriman.

Berjualan di marketplace tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kelima poin di atas adalah cara jualan di marketplace yang bisa dengan mudah kamu praktikkan. Jika kamu memilih untuk berjualan dengan berbagai macam marketplace, kamu bisa menggunakan fitur omnichannel dari iSeller. Fitur ini akan memudahkan kamu mengintegrasikan setiap marketplace yang ada, sehingga sangat efisien dalam membangun bisnismu. Klik di sini untuk mencoba fiturnya selama 14 hari secara gratis.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: