Cara Atur Keuangan Pribadi di Akhir Tahun - iSeller Blog

Cara Atur Keuangan Pribadi di Akhir Tahun

Cara atur keuangan pribadi di akhir tahun. Akhir tahun biasanya jadi ajang untuk berburu promo dan sale yang gila-gilaan! Tapi hal ini justru jadi alasan pengeluaran yang semakin banyak dan membengkak. Mengelola keuangan memang tidak mudah, kamu harus lebih disiplin dan cermat ketika mengelola keuangan kamu. Meskipun belum terbiasa, kamu harus belajar melalui beberapa tips berikut ini! Simak artikel ini sampai habis ya.

6 Cara Atur Keuangan Pribadi di Akhir Tahun

  • Buat Catatan Keuangan

Membuat catatan keuangan penting juga loh! Supaya kamu tau berapa banyak yang kamu habiskan untuk kebutuhan kamu, baik itu pengeluaran ataupun pemasukan. Dengan adanya catatan keuangan kamu, kamu jadi bisa memangkas pengeluaran yang sekiranya tidak perlu. Kamu jadi bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang.

  • Pisahkan Uang Untuk Kebutuhan dan Tabungan

Dengan memisahkan uang untuk kebutuhan dan tabungan, kamu bisa membatasi penggunaan uang kamu. Sering terjadi uang untuk tabungan digunakan untuk uang kebutuhan sehari-hari, sehingga uang ini berakhir habis tak tersisa.

  • Tentukan Prioritas Kamu

Kamu harus bisa menentukan prioritas kamu, sehingga kamu tidak melakukan pembelian barang secara impulsif atau gegabah. Dengan begini, kamu bisa membedakan barang yang mana yang penting dan yang mana yang sebenarnya tidak terlalu penting dan tidak kamu butuhkan.

  • Memanfaatkan Promo Setiap Berbelanja

Manfaatkan promo setiap berbelanja! Kamu jadi bisa lebih hemat dengan adanya promo yang bisa kamu gunakan dalam berbelanja. Tapi harus tetap ingat ya kalau setiap berbelanja harus ada Batasan.

  • Atur Pemakaian Kartu Kredit

Punya kartu kredit memang bisa membantu kamu dalam bertransaksi. Kartu kredit juga sering memberikan promo, apalagi di akhir tahun seperti ini, promo bisa berlipat-lipat. Kadang, penggunaan kartu kredit ini juga bisa jadi boomerang ketika kamu tidak menggunakannya dengan bijaksana. Gunakan kartu kredit ini untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

  • Memiliki Dana Darurat

Cara atur keuangan pribadi di akhir tahun yang terakhir adalah memiliki dana darurat. Memiliki dana darurat bisa menghindari kita dari hal-hal yang tidak terduga di masa depan. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang keuangan kamu jika ada hal yang mendesak terjadi.

Itulah cara atur keuangan pribadi kamu di akhir tahun sehingga kamu tidak terlalu boros dan menghamburkan uang pada hal yang tidak terlalu penting. Mengelola keuangan memang tidak mudah, butuh kedisiplinan untuk bisa mengatur keuangan kamu hingga kamu bisa memiliki pendanaan yang cukup.

Kamu bisa membagi uang kamu ke tabungan yang berbeda sehingga tabungan kamu tidak hanya ada di satu tempat saja, misalnya ke saham, logam mulia, reksa dana dan lain-lain. Membagi tabungan ke berbagai bentuk ini bisa membantu kamu mendapatkan keuntungan dari berbagai sumber tabungan yang berbeda. Yuk, terapkan cara atur keuangan pribadi kamu di akhir tahun supaya tidak selalu boncos dan boros. Tips yang mana nih yang bakal kamu terapkan duluan untuk keuangan kamu?

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading