Brand Activation adalah Tren Pemasaran Terkini? Mari Cari Tahu! - iSeller Blog

Brand Activation adalah Tren Pemasaran Terkini? Mari Cari Tahu!

Brand activation adalah

Saat ini, strategi pemasaran semakin mengalami perubahan dan perkembangan yang siginifikan. Dampak dari globalisasi dan modernisasi menyebabkan pelaku usaha harus melakukan penyesuaian supaya dapat berkompetisi. Salah satu langkah marketing modern yang paling dinamis adalah “Brand Activation” atau aktivasi merek. Bagi banyak merek, brand activation adalah aktivitas marketing yang punya posisi penting dan spesial.

Mengapa begitu? Karena ini adalah kesempatan untuk memperkuat identitas, merangkul audiens, serta menciptakan pengalaman tak terduga bagi konsumen. Coba bayangkan ketika Anda terlibat dalam suatu perayaan yang menghidupkan merek kesayangan Anda dengan berbagai aktivitas seru dan hadiah menarik. Itulah daya tarik dari menciptakan momen berharga yang membangun hubungan emosional antara merek dan konsumen.

Artikel kali ini akan mengupas lebih dalam apa itu brand activation, menyoroti pentingnya strategi ini dalam membangun kesadaran merek, meningkatkan interaksi konsumen, dan menghasilkan dampak yang signifikan dalam pasar yang sangat kompetitif. Mari simak pemaparannya berikut ini!

Baca Juga: Rahasia Bangun Brand Awareness untuk Kesuksesan Bisnis

Brand Activation adalah…

Brand Activation

Secara sederhana, brand activation adalah strategi pemasaran yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan loyalitas konsumen terhadap suatu merek melalui serangkaian kegiatan atau inisiatif. Aktivitas ini dibuat terencana karena bertujuan untuk mencapai hal yang utama dalam bisnis, yaitu brand awareness atau kesadaran merek dari konsumen. Tujuan utama dari brand activation adalah menciptakan pengalaman yang positif, menghubungkan merek secara langsung dengan konsumen, dan mendorong interaksi yang berarti.

Brand activation memungkinkan sebuah merek untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan konsumen, memperkuat identitas merek, dan membedakan diri dari pesaing. Ini juga memberikan kesempatan bagi merek untuk mengkomunikasikan nilai-nilai merek mereka secara langsung kepada konsumen, menciptakan pengalaman yang memikat, dan meningkatkan kesetiaan konsumen.

Lalu, bagaimana cara brand activation specialist menghidupkan merek suatu produk? Berbeda dengan pendekatan pemasaran tradisional yang mungkin lebih pasif, seperti iklan televisi atau iklan cetak, brand activation berfokus pada keterlibatan aktif konsumen. Bentuk pendekatannya meliputi berbagai kegiatan, seperti acara eksklusif, demonstrasi produk, promosi penjualan, kontes online, pengalaman interaktif, dan lain sebagainya.

Mengapa Brand Activation Penting Bagi Sebuah Bisnis?

Mengutip laman SendPulse, di era pemasaran digital ini, banyak brand yang kesulitan untuk unjuk gigi di antara ratusan atau ribuan kompetitor. Sehingga, para pemasar mencari metode yang interaktif dan efektif agar konsumen tertarik dan mengenal merek mereka. Dari sekian banyak metode marketing, brand activation menjadi salah satu senjata ampuh yang didambakan banyak perusahaan.

Terlebih lagi bagi bisnis rintisan baru atau UMKM. Mereka sangat paham siapa saja target audiensnya, tapi calon konsumen belum tahu banyak tentang mereka. Aktivasi merek adalah sarana untuk mempresentasikan merek dengan baik. Berikut ini adalah manfaat dari keberadaan brand activation:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Brand activation adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran merek dengan cara yang dinamis dan berkesan. Dengan menciptakan pengalaman yang menarik dan berbeda, merek dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan ingatan merek.

2. Membangun Keterlibatan Konsumen

Strategi brand activation memungkinkan merek untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, membangun keterlibatan emosional, dan mendalam. Hal ini membantu memperkuat hubungan merek dengan konsumen dan menciptakan pengalaman yang berarti.

3. Mendorong Aksi Konsumen

Dengan menghadirkan merek secara langsung kepada konsumen, brand activation dapat mendorong tindakan positif, seperti pembelian produk, langganan layanan, atau partisipasi dalam program loyalitas.

4. Pembeda dari Merek Milik Pesaing

Dalam pasar yang kompetitif, brand activation dapat menjadi alat penting untuk membedakan merek dari pesaing. Dengan menciptakan pengalaman yang unik dan tak terlupakan, sebuah merek dapat terlihat menonjol dan bisa memenangkan hati konsumen.

5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Brand activation adalah sebuah pengikat relasi. Melalui brand activation, merek dapat membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan meningkatkan loyalitas mereka. Dengan memberikan pengalaman yang memuaskan dan bermanfaat, merek dapat memperoleh pengikut setia yang akan tetap setia dalam jangka panjang.

6. Menghasilkan Data Pelanggan

Aktivitas brand activation sering kali melibatkan interaksi langsung dengan konsumen, yang dapat menghasilkan data berharga tentang preferensi, perilaku, dan kebutuhan konsumen. Data ini dapat digunakan untuk menginformasikan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

6 Strategi Brand Activation

Pemilihan strategi untuk aktivasi brand tidak bisa sembarangan. Mari tinggalkan jejak yang tak terlupakan bagi konsumen dengan langkah tepat dan sesuai untuk merek Anda melalui poin-poin di bawah ini:

1. Event Experiential

Adakan acara langsung yang memberikan pengalaman unik kepada konsumen, seperti pameran produk, konser, atau workshop interaktif. Strategi ini memungkinkan konsumen untuk merasakan merek secara langsung dan menciptakan hubungan emosional yang mendalam.

2. Sampling dan Demonstrasi

Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mencoba produk secara langsung melalui sampling atau demonstrasi di lokasi ritel atau acara khusus. Dengan begitu, konsumen tidak merasa ragu dan percaya pada kualitas produk yang ditawarkan.

3. Pengalaman Interaktif Digital

Ciptakan momen interaktif melalui platform digital, seperti situs web, aplikasi mobile, atau filter media sosial. Ini memungkinkan merek untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung di dunia maya dan menciptakan keterlibatan yang menyenangkan. Cara ini juga menjadi respons atas pengguna sosial media yang begitu masif.

4. Kontes dan Giveaway

Sering melihat lomba atau program giveaway dari banyak perusahaan? Itu merupakan contoh strategi brand activation yang ampuh, lho. Mengadakan kontes kreatif atau program giveaway di media sosial atau acara langsung untuk mendorong partisipasi konsumen dan memperluas jangkauan merek. Strategi ini memicu keterlibatan konsumen dan membantu merek untuk memperluas basis pengikut mereka.

5. Co-Branding dan Jalin Kemitraan

Berkolaborasi dengan merek lain atau pihak terkait untuk menciptakan pengalaman yang unik dan berharga bagi konsumen. Strategi ini memungkinkan merek untuk memperluas jangkauan mereka, menggabungkan sumber daya, dan menarik audiens baru.

6. Program Loyalitas dan Penghargaan

Membangun program loyalitas yang menarik dan menguntungkan untuk memperkuat hubungan dengan konsumen yang ada dan mendorong pembelian berulang. Strategi ini meningkatkan nilai merek dan memperkuat kesetiaan konsumen.

Baca Juga: Loyalty Program, Magnet Kesetiaan Pertahankan Pelanggan

Kesimpulan:

Brand activation adalah strategi potensial yang membuka pintu menuju kreativitas dan inovasi menuju pengalaman berkesan antara merek dan pelanggan. Dari keterlibatan dalam event dan kampanye daring ataupun luring, brand activation memiliki kekuatan untuk mengubah cara pandang banyak orang akan sebuah merek.

Melalui kolaborasi dengan strategi brand activation, sebuah produk dapat terlihat dan diingat seterusnya oleh konsumen melalui layanan yang paripurna. Anda memiliki bisnis dan ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan? Koneksikan saja dengan iSeller!

iSeller dapat membantu kamu untuk mengatur stok barang, rekap keuangan secara otomatis, penyediaan analisa bisnis untuk pengambilan keputusan mendatang, sampai tracking data pelanggan! Lebih mudah, bukan? Anda bisa fokus mengatur strategi pemasaran dan layanan tanpa pusing memikirkan elemen operasional.

Toko online? Bisa! Retail atau outlet? Tersedia juga, lho! Tunggu apalagi? Transformasikan bisnis Anda bersama iSeller dengan COBA GRATIS sekarang!

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading